Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya

Diposting pada

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang selalu menjadi favorit bagi sebagian besar calon mahasiswa ketika mendaftar kuliah. Hampir setiap universitas memiliki jurusan Ilmu Komunikasi karena selain memiliki peminat yang banyak, kebutuhan akan lulusan Ilmu Komunikasi juga semakin besar dari tahun ke tahun. Jika kamu termasuk orang yang penasaran tentang jurusan ini, baca artikel ini ya!

Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi?

gambar komunikasi

Jika kamu menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi, kamu akan belajar tentang bagaimana cara dalam menjalin komunikasi mulai dari cara penyampaian pesan, media apa yang cocok untuk menyampaikan suatu pesan, hingga bagaimana mengetahui apakah pesan itu efektif. Selain belajar banyak teori, kamu juga akan mempelajari banyak skill seperti public speaking, fotografi, jurnalistik dan masih banyak lagi.

Banyak yang berkata bahwa mahasiswa komunikasi mayoritas adalah tipe ekstrovert yang gaul dan pandai bersosialisasi. Buat kamu yang merasa introvert dan takut untuk masuk Ilmu Komunikasi karena stereotip tersebut, jangan khawatir.

Apa itu Introvert Extrovert dan Ambivert?

Komunikasi adalah kebutuhan dasar manusia, baik introvert maupun ekstrovert. Komunikasi bukan hanya tentang berbicara dan bergaul dengan orang lain, namun juga via tulisan.

Apa saja yang dipelajari di Jurusan Ini?

Banyak sekali mata kuliah seru yang akan kamu dapatkan ketika menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Berikut ini adalah beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari kelak ketika menjadi mahasiswa.

  1. Pengantar Ilmu Komunikasi
  2. Komunikasi Organisasi
  3. Psikologi Komunikasi
  4. Komunikasi Massa
  5. Perkembangan Teknologi Komunikasi
  6. Komunikasi Politik
  7. Teori Komunikasi
  8. Dasar Fotografi
  9. Komunikasi Lintas Budaya
  10. Pengantar Jurnalistik
  11. Komunikasi Antar Pribadi

Selain itu ada peminatan yang nanti bisa kamu pilih ketika sudah berada di semester 3 atau 5 tergantung kampusmu. Biasanya ada peminatan Jurnalistik yang kelak akan fokus pada mata kuliah seperti Hukum dan Etika Media Massa, Manajemen Media Massa dan tugas praktek membuat liputan, membuat program radio, televisi, hingga membuat media sendiri.

Lalu ada juga peminatan Public Relation atau Humas yang akan fokus pada mata kuliah Perilaku Konsumen dan Gaya Hidup, Krisis dan Strategi Humas, dan tugas prakteknya adalah membuat event, menggarap iklan dari klien, hingga mengelola media sosial dari sebuah instansi.

Tak hanya itu, ada juga mata kuliah penunjang seperti Sinematografi yang tugasnya praktek bikin film, lalu mata kuliah Fotografi yang kelak akan ada pameran tempat hasil tugas mahasiswa, Desain Komunikasi Visual yang mana kita akan belajar menyampaikan pesan lewat visual yang berguna untuk membuat iklan dan promosi.Gimana? seru banget kan kalau kamu kuliah Ilmu Komunikasi.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi?

Ilmu Komunikasi masuk ke dalam rumpun SOSHUM, namun kamu yang berasal dari SAINTEK pun tak perlu ragu, karena akan dengan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan dan pelajarannya.

10 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak IPA

Dosen-dosen yang mengajar Ilmu Komunikasi pun dikenal sangat humble dan dekat dengan mahasiswa serta berjiwa muda.

Di jurusan lain mungkin kamu akan melihat dosen memakai baju dinas dan terlihat kaku saat mengajar, namun di jurusan ini kamu bakal melihat dosen chill mengajar menggunakan jeans, pakaian yang modis dan nggak kalah dengan mahasiswanya.

Mata kuliah seperti yang sudah tertulis di atas pun menyenangkan dan kamu bisa bertemu banyak orang serta menjalin relasi meski kamu belum lulus. Bahkan banyak tugas tugas kuliah yang bisa kamu jadikan sebagai portofolimu loh seperti fotografi, DKV, program media massa, proyek iklan, film dan lain sebagainya. Makin tertarik untuk menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi?

Prospek Pekerjaan Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi

Sebagaimana yang disebutkan di awal, kebutuhan untuk lulusan Komunikasi semakin besar dari tahun ke tahun. Karena prospek kerja untuk lulusan Komunikasi berada dalam lingkup dunia kreatif yang tentu saja dibutuhkan di setiap zaman.

Bahkan dikatakan lulusan Ilmu Komunikasi dapat bekerja sebagai apa pun, karena di setiap pekerjaan tentu membutuhkan seseorang dengan skill komunikasi yang baik. Namun untuk memberi gambaran, berikut beberapa prospek dari lulusan Ilmu Komunikasi.

  1. Jurnalis/wartawan
  2. Humas
  3. Penyiar radio
  4. Fotografer/videographer
  5. Presenter/MC
  6. Editor
  7. Periklanan
  8. Redaktur media
  9. Desainer grafis
  10. Event Organizer
  11. Copywriter

Dan masih sangat banyak lagi prospek yang bisa kamu eksplor karena lingkup bidang pekerjaan bagi lulusan Ilmu Komunikasi sangatlah luas. Terlebih dengan skill yang telah terasah sejak masih menjadi mahasiswa. Karena lulusan Ilmu Komunikasi tentulah orang yang kreatif, menguasai problem solving, dan mampu mengeksekusinya dengan baik.

Bagaimana? Apakah kamu sudah memiliki gambaran yang jelas tentang jurusan Ilmu Komunikasi? Semoga artikel ini membantu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.