Jurusan K3 – Info Kuliah dan Prospek Kerja

Diposting pada

Jurusan K3, Ketahui Prospek Dalam Dunia Kerja – Mau kuliah tapi masih bingung menentukan jurusan. Ada jurusan baru yang bisa dipilih sebagi pertimbangan atau memang berminat. Memang jurusan ini baru ada dibeberapa universitas di Indonesia. Bingung lagi,bagaimana peluangnya dalam dunia kerja?

Program studi k3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) mempelajari pengelolaan bahaya dan resiko yang berpotensi terjadi pada lingkungan kerja maupun proyek.

Jurusan ini mempelajari bagaimana cara menangani bahaya di lingkungan kerja serta pencegahannya. Tujuannya untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja dan lainnya yang terjadi. Jika mampu berpikir kritis juga cepat tanggap pada segala situasi darurat, cocok masuk ke program studi K3.

Universitas dan Fakultas Jurusan K3

Universitas dan Fakultas Jurusan K3

Permintaan kebutuhan pada perusahaan akan keselamatan kerja sehingga berpengaruh pada  dibukanya jurusan K3 pada universitas maupun secara independen.

Peraturan dan kesadaran akan pentingnya keselamatan di lingkungan kerja memang harus ditingkatkan. Hal itu sebagai upaya meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

Berikut kampus atau universitas yang sudah membuka atau terdapat program studi keselamatan dan kesehatan kerja :

  1. Universitas Indonesia
  2. Universita Airlangga
  3. Universitas Diponegoro
  4. Universitas Jenderal Soedirman
  5. Universitas Sebelas Maret
  6. Universitas Negeri Semarang
  7. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  8. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  9. Universitas Esa Unggul
  10. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Fakultas yang terkait jurusan K3 adalah Teknik Sipil, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, Kesehatan Lingkungan, dan Teknik Ekonomi Kontruksi (Quantity Survey).

Perusahaan-perusahaan berbagai industri membutuhkan lulusan K3 Utamanya pada perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, minyak, gas, dan pertambangan. Lalu, rumah sakit serta konstruksi.

Mata Kuliah Jurusan K3

Mata Kuliah Jurusan K3

Mata kuliah jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang akan dipelajari oleh mahasiswa, kira-kira apa saja? Mata kuliah ini nanti dapat dipraktikkan ketika berada di dunia kerja.

Mahasiswa benar-benar harus memerhatikan setiap detail yang dipelajari sehingga pada saat terjun di lingkungan kerja tidak merasa canggung. Berikut mata kuliah yang dipelajari pada jurusan keselamatan dan kesehatan kerja :

  1. Pengelolaan Bencana
  2. Komunikasi Kesehatan
  3. Dasar K3
  4. Regulasi dan Kebijakan K3
  5. Epidemiologi
  6. Ergonomi
  7. Kesehatan Kerja
  8. Pemeliharaan dan Peningkatan Kesehatan Kerja
  9. Toksikologi Industri
  10. Keselamatan Publik
  11. Kebakaran dan Bahaya Utama
  12. Higiene Industri
  13. Manajemen Bahaya Fisik
  14. Penilaian Faktor Manusia
  15. Kesalahan Manusia dan Pencegahannya
  16. Manajemen Kualitas Udara dalam Ruangan
  17. Ilmu Biomedik Dasar
  18. Biostatistik Dasar
  19. Kesehatan Global
  20. Dasar Kimia dan Fisika K3
  21. Manajemen K3
  22. Kajian Pra Rancang
  23. Penyakit Akibat kerja dan Surveilans
  24. Pelayanan Kesehatan Kerja
  25. Manajemen Resiko Keselamatan
  26. Konsep Kecelakaan dan Investigasi
  27. Program dan Implementasi Keselamatan
  28. Manajemen Bahaya Kimia dan Biomonitoring
  29. Manajemen Bising dan Getar
  30. Higiene Makanan dan Sanitasi Industri
  31. Bahaya dan Resiko Psikososial di Tempat Kerja

Berminat ambil jurusan ini?, itulah mata kuliah yang akan dipelajari. Mata kuliah sesuai kebutuhan dan dapat dipraktikkan apabila sudah memasuki dunia kerja. Untuk itu, alangkah baik jika pada waktu kuliah mempelajari dengan sungguh-sungguh sebab akan sangat bermanfaat dalam dunia kerja.

Prospek Kerja Jurusan K3

Prospek Kerja Jurusan K3

Program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja akan melatih mahasiswa untuk mengevaluasi tempat kerja. Hal itu terkait dengan pelanggaran, keselamatan, kualitas udara, serta potensi bahaya lainnya.

Dengan demikian, mahasiswa akan dibentuk untuk menjadi ahli mengamati risiko serta membuat rekomendasi kepada atasan dan karyawan. Upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat pada sebuah perusahaan.

Prospek jurusan K3 permintaan kebutuhan makin tinggi. Seiring dengan peraturan nasional dan Internasional yang mewajibkan perusahaan untuk menerapkan K3 di lingkungan kerja. Sehingga, penerapan regulasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi penting.

Perusahaan dengan lingkungan kerja aman dan sehat tentu akan meningkatkan produktivitas karyawan serta mendukung perkembangan bisnis perusahaan. Berikut prospek kerja jurusan K3 :

1. Sebagai Koordinator Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Seorang koordinator keselamatan dan kesehatan kerja akan bertanggung jawab pada regulasi K3 di perusahaan.

Tugas yang diemban oleh seorang koordinator adalah menganalisis semua jenis lingkungan kerja serta prosedur kerja yang ditetapkan.

Selain itu, memeriksa ketaatan perusahaan terhadap peraturan berkaitan dengan keselamatan, kesehatan, juga lingkungan kerja.

Lulusan jurusan K3 yang bekerja di perusahaan berkewajiban membuat rancangan program. Rancangan program berupa mengatasi atau mencegah penyakit maupun cedera pada pekerja. Kemudian, mencegah atau membatalkan kegiatan yang dapat membawa merusak terhadap lingkungan perusahaan.

2. Analis Kontrol Kualitas (Analis Quality Control)

Tugas dari seorang Analis Kontrol Kualitas pada sebuah perusahaan ialah melakukan pengujian dan menentukan kualitas.

Uji kualitas meliputi bahan baku, produk setengah jadi, dan produk jadi supaya hasil produk terjamin kualitasnya. Bisa juga menguji sampel stabilitas, lalu secara rutin menganalisis bahan baku, kesehatan lingkungan, maupun sampel stabilitas.

3. Teknik Kesehatan dan Keselamatan Industri

Karier sebagai teknik kesehatan dan keselamatan industri dapat dipilih serta ditekuni lulusan jurusan K3. Bertugas mengembangkan prosedur dan sistem yang dirancang untuk mencegah cedera serta menjaga properti dari kerusakan.

Memastikan bahan kimia, mesin, perangkat lunak, perabotan, dan produk konsumen tidak menimbulkan bahaya bagi manusia dan kontruksi.

4. Pengawas Kontruksi dan Bangunan

Memeriksa struktur kontruksi dan bangunan memakai kemampuan teknik untuk menentukan kualitas dari struktur kontruksi itu sendiri. Berkewajiban memastikan kesesuaian struktur kontruksi dengan spesifikasi, regulasi, serta kode bangunan berkaitan dengan regulasi kesehatan dan keselamatan kerja. Sifat pemeriksaan adalah keseluruhan meliputi sistem saluran air serta sistem elektrik.

5. Spesialis Kesehatan dan Keselamatan Lingkungan

Seorang lulusan jurusan K3 yang bekerja menjadi spesialis kesehatan dan keselamatan lingkungan punya tugas memantau dampak polusi terhadap lingkungan. Jobdesk meliputi indentifikasi permasalahan lingkungan serta membuat rekomendasi solusi terbaik. Lalu, mempunyai tujuan untuk meningkatkan keadaan/kondisi kehidupan lingkungan.

Perusahan sekarang ini semakin banyak yang membutuhkan ahli dalam keselamatan kerja. Jurusan K3 sebagai salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja sesuai keahlian.

Lulusan program studi K3 akan sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Apalagi dengan anjuran wajib pemerintah untuk memerhatikan kesehatan dan keselamatan kerja. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.