10 Jurusan Kuliah Terbaik Lulusan IPA dan Prospek Kerjanya

Menentukan jurusan kuliah yang akan diambil setelah lulus SMA memang bukan hal yang mudah. Terutama bagi kamu yang saat ini sedang memasuki masa pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN. Pada kesempatan ini kita akan bahas beberapa rekomendasi pilihan jurusan kuliah IPA beserta berbagai prospek karirnya.

Akan tetapi sebelum mempertimbangkan mau milih jurusan apa, terlebih dahulu kamu harus menentukan minat dan bakat kamu. Hal ini penting karena dapat mempengaruhi proses belajar kamu nanti saat masuk kuliah.

Berikut beberapa daftar jurusan kuliah ipa dan prospek kerjanya:

1. Pendidikan Kedokteran

Pendidikan Kedokteran

Siapa yang tak kenal dengan dokter?, pasti semua orang mulai dari yang masih kecil sampai tua pun tahu siapa itu dokter. Yaa.. jurusan yang satu ini memang banyak dijadikan sebagai primadona bukan hanya oleh siswa tapi oleh orang tua bahkan mertua hehehe…

Baca Juga: Informasi Jurusan Pendidikan Kedokteran dan Prospek Kerjanya

Saat memilih jurusan kedokteran kamu akan mempelajari mengenai berbagai jenis penyakit dan cara penyembuhannya. Dalam ilmu kedokteran ada dua hal penting yang menjadi dasar yaitu cara menjaga kesehatan dan cara mengobati penyakit atau cidera.

Pendidikan dokter biasanya menjadi salah satu diantara berbagai jurusan kuliah yang menjadi pilihan anak ipa yang berasal dari keluarga orkay (orang kaya). Pasalnya, jurusan ini memang  sangat terkenal dengan biaya pendidikan yang sangat tinggi.

Bagi kamu yang ingin mengambil pendidikan kedokteran  harus menguasai rumpun ilmu sains dengan baik. Selain itu kamu akan belajar diagnosis penyakit, cara pencegahan penyakit, cara perawatan pasien, dan cara penyembuhan penyakit.

Tak hanya biologi, fisika, dan kimia saja kamu juga harus didukung dengan berbagai kemampuan ilmu lain seperti matematika.

Prospek Kerja Pendidikan Kedokteran

Ada beberapa prospek kerja bagi mahasiswa/mahasiswi lulusan pendidikan kedokteran yaitu:

  1. Dokter
  2. Paramedis (Teknisi Medis Gawat Darurat)
  3. Ahli Gizi (Nutritionist)
  4. Ahli Diet (Dietitian)
  5. Teknisi Radiologi Medis
  6. Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan

2. Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi

Di era globalisasi ini semua hal dilakukan secara digital, bahkan setiap harinya startup berbasis digital selalu bermunculan. Hal ini disebabkan karena pesatnya laju perkembangan pada dunia digital.

Baca Juga: Jurusan Teknik Informatika | Informasi dan Prospek Kerja

Sehingga bagi kamu yang ingin masuk menjadi bagian dari industri ini kamu bisa memilih jurusan teknik informatika atau sistem informasi.

Teknik informatika mempelajari seputar perangkat lunak, ilmu komputer, jaringan komputer beserta implementasinya. Bidang ini banyak masuk kedalam industri bisnis dan usaha.

Teknik informatika mewajibkan setiap mahasiwanya untuk praktik sesuai apa yang diajarkan,sehingga mereka tak hanya sekedar belajar teori saja.

Bagi kamu yang berminat mengambil jurusan teknik informatika hendaknya untuk memahami logika dan matematika. Karena mahasiswa teknik informatika waktunya akan banyak dihabiskan untuk pemrogaraman. Dimana pemroragaman sendiri merupakan salah satu perwujudan dari algoritma (logika dan matematika).

Sehingga jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran matematika.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Berikut eberapa pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan teknik informatika yaitu:

  1. Web Developer
  2. Game Creator
  3. Konsultan IT
  4. Progammer
  5. Insiyur Aplikasi (Application Engineer)
  6. Insinyur Perangkat Lunak (Software Engineering)
  7. Data Scientist

3. Teknik Mesin

jurusan teknik mesin

Jurusan teknik mesin tidak selalu tentang mesin mobil, motor, dan berbagai kegiatan bengkel lainnya. Melainkan kamu akan lebih banyak mempelajari seluk beluk permesinan bahkan kamu juga akan mendapatkan skill merancang mesin.

Baca Juga: Teknik Mesin | Informasi dan Prospek Kerjanya

Kamu disarankan untuk menguasai lebih dalam mengenai ilmu matematika dan fisika secara optimal. pada teknik mesin, Hal tersebut untuk membantu kamu untuk belajar nantinya.

Secara umum kamu akan belajar dasar fisika dan matematika untuk diterapkan dalam mempelajari mesin seperti aliran air mesin, pergerakannya dan sebagainya.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin mempunyai beberapa prospek kerja yaitu:

  1. Mobil mekanik
  2. Pesawat mekanik
  3. Mekanik Motor
  4. Teknisi dan Perancang Mesin
  5. Perencanaan Produk Otomotif
  6. Operator dan Teknisi Pabrik
  7. Teknisi Robot (Robot Engineer)

4. Teknik Pertambangan

jurusan teknik pertambangan

Teknik pertambangan merupakan salah satu bagian dari cabang ilmu teknik. Fokus pembelajaran prodi teknik ini adalah seputar ekspolrasi dan eksploitasi sumber daya mineral atau bahan hasil galian seperti perak, alumunium, batubara, emas dan lain-lain.

Saat menjadi mahasiswa  pada bidang ini kamu akan banyak belajar mengenai proses dan penyelidikan pertambangan , ekspolrasi penambangan, pengangkutan, pengolahan bahan tambang, dan proses pemasarannya. Jurusan ini direkomendasikan  untuk kamu yang  suka dengan pelajaran fisika dan kimia.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan

Teknik pertambangan mempunyai prospek kerja yang menarik yaitu:

  1. Teknisi Tambang, material dan mineral
  2. Dosen
  3. Bartender
  4. Reporter (jurnalis)
  5. Teknisi Konservasi
  6. Ahli pengeboran bumi (Non Minyak dan Gas)
  7. Ahli teknik energi

5. Farmasi

jurusan farmasi

Farmasi merupakan salah satu jurusan yang biasa dijadikan pilihan  anak-anak IPA yang ingin berkecimpung dalam dunia medis selain dokter atau perawat.

Jurusan ini merupakan gabungan dari dua ilmu yaitu ilmu kesehatan dan ilmu kimia, sehingga berperan penting dalam dunia medis.

Saat menjadi mahasiswa –mahasiswi jurusan farmasi kamu akan  banyak berkutat dengan mata pelajaran kimia khusunya materi senyawa kimia. Hal ini karena farmasi berkaitan erat dengan obat-obatan beserta peranannya bagi kesehatan manusia.

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

  1. Apoteker
  2. Ahli bioteknologi
  3. Ahli kecantikan (Aesthetician)
  4. Sales (bagian penjulan)
  5. Dosen
  6. Bagian penelitian produk bioteknologi
  7. Konsultan
  8. Pengembang obat-obatan
  9. Manajemen Mutu

6. Teknologi Pangan

jurusan teknologi pangan

Teknologi pangan merupakan jurusan yang mempelajari seputar proses produksi  makanan serta keamanannya baik dari segi konsumsi hingga pemenuhan gizi konsumennya.

Sehingga bagi kamu yang berminat memilih prodi ini, kamu akan banyak belajar komponen kimiawi dan biologis yang  terkandung dalam makanan. Selain itu kamu juga akan belajar bagaimana makanan tersebut memberikan efek bagi tubuh manusia.

Tidak hanya mempelajari internal dari makanan. Prodi ini  juga mempelajari bagaimana pengaruh sosial dari makanan yang dikonsumsi tersebut, mulai dari aspek psikologi, ekonomi, dan kebudayaan atau adat istiadat.

Di prodi ini kamu juga akan banyak belajar mengenai teknologi yang digunakan untuk pemrosesan, pengemasan, pengawetan, dan  penyimpanan produk makanan.

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pangan

Ada beberapa prospek karir  bagi mahasiswa lulusan teknologi pangan yaitu:

  1. Pengembangan produk (product development)
  2. Pengendalian  Mutu (Qulity Assurance)
  3. Pengontrol kualitas produk (Quality Control)
  4. Teknisi ilmu pangan
  5. Ahli diet dan nutrisi
  6. Ahli teknologi rasa
  7. Teknisi ilmu pangan
  8. Manajer control kualitas sistem
  9. Peneliti teknologi pangan

7. Statiska

jurusan statiska

Statiska merupakan salah satu jurusan  yang merupakan bagian perpanjangan dari ilmu matematika. Akan tetapi jurusan ipa yang satu ini fokusnya adalah data dan pengolahannya. Sehingga pada jurusan ini kamu akan banyak belajar mengenai mengumpulkan, analisis, dan menyajikan berbagai informasi data sehingga dapat dipahami oleh banyak orang.

Fungsi dari jurusan statiska adalah sebagai pijakan bagi setiap orang untuk mengambil keputusan tertentu berdasarkan data yang  telah dianalisis. Hal ini membuat kamu yang berminat pada prodi ini harus mempunyai kemampuan analisis data yang akurat.

Prospek Kerja Jurusan Statiska

Jurusan statiska mempunyai beberapa prospek karir yang cukup menjanjikan yaitu:

  1. Dosen
  2. Data Scientist
  3. Market Researcher
  4. PNS (Pegawai Negeri Sipil)
  5. Analisis Kontrol Kualitas
  6. Peneliti  survey
  7. Analisis Anggaran
  8. Spesialis matematika
  9. Aktuaris
  10. Ahli matematika
  11. Analisis riset operasional
  12. Analisis Riset Pasar
  13. Spesialis Pemasaran

8. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

jurusan K3

Keselamatan dan kesehatan kerja atau biasa disingkat K3 merupakan prodi yang berfokus pada pembelajaran mengenai pengelolaan bahaya dan potensi resiko yang akan terjadi pada lingkungan kerja (proyek).

Jika berminat dengan prodi ini kamu akan mempelajari cara menangani bahaya dan pencegahannya didalam lingkungan kerja (proyek). Sehingga kamu akan belajar juga cara melakukan pengukuran mengenai berbagai faktor bahaya dan melakukan audit mengenai berbagai fasilitas yang ada di lingkungan kerja.

Mulanya  jurusan ini adalah bagia n dari prodi kesehatan masyarakat akan tetapi seiring berjalannya waktu muncul berbagai tuntutan yang cukup tinggi  oleh perusahaan terkait pengelolaan aspek K3. Hal tersebut yang dapat menjadi salah satu faktor dibukanya prodi K3.

Prospek Kerja Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Bagi kamu yang berminat prodi ini ada beberapa prospek karir jurusan K3 yaitu:

  1. Manajer kontrol kualitas sistem
  2. Pengawas dan penyelidik kebakaran
  3. Teknik kesehatan dan keselamatan industri
  4. Analisis kontrol kualitas
  5. Manajer fasilitas
  6. Pengawas konstruksi dan bangunan
  7. Spesialis kesehatan dan keselamatan lingkungan

9. Teknik Elektro

jurusan teknik elektro

Sesuai dengan namanya teknik elektro merupakan prodi yang umumnya mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan listrik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga bagi kamu yang berminat memilih jurusan yang satu ini akan dikebali oleh ilmu pengetahuan tentang perancangan, konsep, pengembangan maupun produksi. Produksi disini yaitu alat listrik dan elektronik ya.

Selain itu pada prodi ini kamu juga akan belajar metode pembangkit dengan sumber tenaga baru, metode kontrol hemat energi, serta penyimpanan energi.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Elektro

Ada beberapa prospek kerja yang bisa kamu ambil dari jurusan kuliah ipa satu ini yaitu:

  1. Operator dan teknisi pabrik
  2. Teknisi robot (Robot Engineer)
  3. Dosen
  4. Teknisi mesin
  5. Perancang mesin
  6. Product manager
  7. Perancangan produk otomotif

10. Matematika dan IPA (MIPA)

Sesuai dengan namanya, pada jurusan ini kamu akan banyak belajar mengenai logika matematika dan berbagai hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam.

Jurusan mipa cocok bagi kamu yang suka berhitung dan memutar logika. Hal ini karena saat kamu sudah menjadi mahasiswa/mahasiswi MIPA kamu akan banyak melakukan riset dan peneltiian. Tahukah kamu bahwa jurusan MIPA terbagi menjadi dua berdasarkan spesialisasinya yaitu pendidikan dan non pendidikan.

Baca Juga: Apa itu Pendidikan? Yuk kenali pengertiannya

Jika kamu mengambil bagian dari mipa pendidikan kamu diharapkan mampu meneruskan ilmu yang kamu dapatkan ke generasi dibawah kamu yang selanjutnya. Sedangkan bagi non pendidikan akan banyak berhubungan dengan riset dan penelitian.

Prospek Kerja Jurusan MIPA

  1. Peneliti
  2. Dosen
  3. Perbankan
  4. Wirausaha
  5. Konsultan
  6. Guru

Demikian penjelasan mengenai kumpulan rekomendasi jurusan kuliah ipa dan prospek kerjanya semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel melalui :