Jurusan MIPA (Matematika IPA) | Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

Diposting pada

Jurusan MIPA (Matematika IPA)- Banyak orang yang menduga matematika merupakan bidang yang sulit sekaligus menyusahkan. Padahal matematika sesungguhnya bukan hanya mengenai menghapal rumus-rumus juga berhitung angka-angka belaka. Hal ini dikarenakan matematika dan ilmu alam sebenarnya sudah menjadi sarana bantu krusial pada banyak bidang.

Tidak heran, ini menjadi alasan mengapa MIPA disebut-sebut sebagai Mother Of Science. Jurusan MIPA sendiri menaungi jurusan ilmu-ilmu eksak atau ilmu pasti. Nah, untuk kamu yang tertarik dengan MIPA (Matematika IPA) ini, mari simak pembahasan tentang beberapa hal yang harus kamu ketahui berikut ini. 

Apa Itu Jurusan MIPA?

Jurusan MIPA adalah satu satu jurusan kuliah yang menaungi berbagai ilmu pasti seperti matematika dan ipa. Sehingga tidak heran jika jurusan yang satu ini disukai oleh siswa atau siswi sekolah jurusan ipa.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Anak IPA

MIPA merupakan singkatan dari matematika dan ipa, dimana didalam konsep pembelajarannya terdapat materi gabungan antara matematika, biologi, fisika, dan kimia. Program studi ini selalu berkembang dari masa ke masa, sehingga pada saat ini bioteknologi dan astronomi sudah menjadi bagian didalamnya.

Cakupan Studi Jurusan MIPA

Cakupan Studi Jurusan MIPA

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bidang MIPA memiliki cakupan yang sangat luas. Karenanya jika dahulu kita hanya mengetahui bidang studi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Sekarang ini MIPA sendiri telah dipecah menjadi banyak program studi khusus. Meskipun memang masih berada dalam satu kaidah ilmu eksak. Misalnya, jurusan MIPA (Matematika IPA) saat ini memiliki cabang baru yang disebut studi Aktuaria.

Program studi ini berkaitan dengan perhitungan resiko dan peluang masa depan. Di samping itu, juga ada program studi Geofisika, Meteorologi dan Astronomi yang yang juga mengkaji kaidah-kaidah fisika pada ranah yang berbeda. Misalnya seperti bumi atau luar angkasa. 

Demikian halnya dengan ilmu intelejen yang saat ini juga mulai naik daun dan banyak digemari karena bersifat memadu padankan ilmu eksak dengan berbagai fenomena dalam lingkungan sosial.

Berdasarkan spesialisasinya jurusan MIPA (Matematika IPA) sendiri terbagi menjadi 2 bagian. Dua bagian itu adalah bidang non-pendidikan dan bidang pendidikan.

Pada bagian non-pendidikan, lulusannya diharapkan agar mampu menjadi sarjana sains yang memiliki kompetensi dan handal dalam berbagai kegiatan  riset terpadu atau penelitian. Sementara untuk bidang kependidikan, tentunya lulusannya diharapkan mampu menjadi pendidik yang professional.

Perkembangan dan Sejarah MIPA

sejarah mipa

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ilmu matematika memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan bidang lainnya. 

Sejarah tertua matematika tertulis sendiri berupa karya dari bangsa Sumeria. Sebuah bangsa yang diketahui membangun peradaban kuno di wilayah Mesopotamia. Bangsa ini membentuk sistem rumit meteorologi sejak tahun 3444 SM.

Dalam perkembangan jurusan MIPA (Matematika IPA), tabel perkalian juga bisa ditemukan pada lempengan tanah liat bersama latihan geometri juga soal pembagian. Kebanyakan dari lempengan tanah liat yang ditemukan ini berasal dari tahun 1800-1600 SM.

Adapun beberapa konsep yang tertulis pada lempengan tanah liat ini adalah perhitungan bilangan regular, bilangan prima kembar, dan topik pecahan. Selain itu juga ada lempengan yang berisi konsep aljabar, dan persamaan kuadrat juga kubik.

Perjalanan panjang dari sejarah matematika sendiri kemudian bergulir dan berkembang di Mesir, Yunani, Cina, hingga India. Bahkan beberapa teori matematika yang popular di zaman itu tetap digunakan hingga saat ini.

Contohnya seperti geometri, decimal, trigonometri, bilangan phi dan teorema phytagoras. Sementara di era modern ini telah ditemukan deret Fibonacci yang juga digunakan untuk pengukuran alam yang paling akurat.

Sementara itu untuk ilmu pengetahuan alam, astronomi yang juga menjadi cikal-bakal astrologi menjadi salah satu cabang ilmu yang popular pada masa Babilonia. Bangsa ini juga diketahui telah menggunakan timbangan, kereta, hingga alat tenun yang menjadi awal-mula dari ilmu fisika. Seiring perkembangan zaman, kini ilmu-ilmu yang di pelajari dalam jurusan MIPA (Matematika IPA) sudah jauh lebih spesifik dan dipengaruhi perkembangan teknologi.

Inilah mengapa kini terjadi pergeseran istilah MIPA menjadi saintek atau sains dan teknologi. Ini juga menjadi awal munculnya system pendidikan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, Math) yang juga menjadi salah satu kurikulum berbasis MIPA yang kini banyak diadopsi negara-negera maju dan beberapa negara berkembang seperti Indonesia.

Prospek Kerja Jurusan MIPA

jurusan mipa

Sejatinya jurusan MIPA (Matematika IPA) sangat aplikatif. Sehingga lulusan MIPA dapat bekerja di berbagai bidang. Sehingga kamu tidak perlu khawatir karena peluang karir untuk jurusannnya sangat banyak. Misalnya seperti disektor teknologi informasi, keuangan, dan sebagainya. Lulusaan MIPA juga dapat bekerja di berbagai instansi, lembaga juga departemen pemerintahan.

Misalnya seperti Kemenristek, Departemen Pendidikan Nasional, Depkes, Depkeu. Atau kamu juga bisa bekerja di BPPT,BPS, BMKG, PUSPITEK, LIPI, LAPAN, BATAN, dan lain sebagainya.

Selain itu lulusan jurusan MIPA (Matematika IPA) juga dapat bekerja di berbagai organisasi internasional dan NGO. Contohnya lembaga di bawah PBB, seperti  WHO, UNICEF, NIEA, dan banyak organisasi nirlaba lainnya yang bergerak di bagian aksi sosial, pendidikan, maupun penelitian.

Disamping itukamu juga bisa memilih berkarir dibidang industri nasional atau multi nasionalk. Misalnya seperti industri pengelola sumber daya alam, industri kesehatan dan farmasi, industri teknologi dan komunikasi, industri consumer goods, hingga sektor keuangan dan ekonomi. Kamu juga bisa menjadi peniliti spesialis  independen juga tenaga akademis seperti dosen, guru atau tutor.

Ada banyak pilihan profesi unik yang bisa dijajal lulus dari jurusan MIPA (Matematika IPA) di era digital sekarang ini. Bahkan kamu harus jago matematika jika ingin menjadi game developer. Atau kamu juga harus menguasai fisika jika ingin bekerja di NASA dan menjadi seorang astronom. Biasanya profesi jurusan ini memerlukan latar pendidikan serta kompetensi spesifik yang sesuai dengan konsentrasinya.

Misalnya ahli biologi, ahli kimia, ahli fisika, data scientist, programmer, juga statistisi. Nah demikian tadi ulasan lengkap mengenai jurusan MIPA ( matematika IPA) yang harus kamu ketahui.

Bagaimana? Apakah setelah mengetahui ulasannya tadi kamu jadi tertarik masuk jurusan ini? Kamu bisa memilih beberapa universitas nasional yang telah membuka jurusan ini. kamu juga bisa mencari informasi terkait di website resmi kampus tersebut. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.