Jurusan Statistika Antara Peluang Kerja Dan Gaji yang Fantastis

Diposting pada

Anda senang berhitung, tapi tidak mau kuliah di jurusan matematika? Tenang, Anda bisa ambil jurusan lain yang masih berhubungan dengan matematika, contohnya jurusan statistika. Di jurusan ini Anda tidak hanya belajar tentang hitung-menghitung tetapi lebih luas.

Apa itu Jurusan Statistika

Statistika adalah sebuah ilmu turunan dari matematika yang khusus mempelajari data, angka, informasi, dan lain-lain yang kemudian diolah menjadi bahan yang mudah dipahami oleh masyarakat luas pada umumnya. Bisa diartikan bahwa statistika adalah ilmu yang mempelajari segala jenis proses pengolahan data.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah Terbaik Lulusan IPA serta Prospek Kerjanya

Jadi, jika Anda mengambil mata kuliah dengan jurusan statistika, Anda akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan data, informasi dan angka. Anda juga akan fokus mencari pembenaran lewat data-data yang disajikan. Lebih lanjut tentang detail jurusan ini akan dibahas berikut ini.

Statistika Menurut Para Ahli

gambar statistik

Beberapa ahli berikut memberi pengertian tentang statistika dengan pemahaman yang berbeda-beda, walau begitu apa yang mereka menjelaskan, bisa ditangkap memiliki subtansi yang sama. Bagaimana dan apa itu statistika menurut pada ahli, mari kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Sujdana (1989)

Statistik adalah pengetahuan yang berhubungan dengan tehnik-tehnik maupun cara-cara dalam pengumpulan data, pengolahan data menjadi informasi, penganalisaan data, penarikan kesimpulan dari data yang telah dianalisa, penyajian data dan publikasi dari data-data tersebut ke dalam bentuk angka. Hal inilah yang akhirnya menjadi dasar-dasar pelajaran dari jurusan statistika.

2. Profesor. Drs. Sutrisno Hadi (2001)

Beliau mengungkapkan bahwa statistika sebagai salah satu cara yang dilakukan untuk mengolah data dan menarik sebuah kesimpulan serta keputusan yang logis dari sebuah pengumpulan data.

3. Abdul Rozak (2012)

Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data atau penganalisisan yang dilakukan.

Pengertian Abdul Rozak ini lebih sederhana dari dua ahli yang lain di atas, walau begitu maksud dan tujuannya sama.

Jurusan statistika juga fokus dalam mempelajari segala hal yang berhubungan dengan pengumpulan data dan penganalisisan terhadap data-data tersebut.

Peranan dan Peluang Jurusan Statistika

peranan dan peluang jurusan statistika

Mungkin Anda bertanya-tanya seberapa penting peranan ilmu ini diperlukan dalam kehidupan ini, dan mengapa harus ada jurusan khusus yang mempelajari ilmu ini? Apabila telah dipelajari akankah banyak peluang kerja atau usaha yang bisa didapat? Menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, berikut penjelasannya.

1. Peranan Statistika di Pemerintahan

Kalau Anda pernah melihat salah satu iklan sensus penduduk tahun 2020 ini, hasil sensus yang terdapat di iklan tersebut berasal dari BPS.

Badan Pusat Statistik milik pemerintah ini memang menjadi pusat dari segala data yang dibutuhkan pemerintah untuk membangun suatu daerah.

Jurusan statistika akan sangat dibutuhkan di sini untuk mendata daerah atau banyak wilayah lain di Indonesia.

Dengan data statistik yang dikeluarkan oleh BPS, pemerintah dapat mengetahui daerah atau wilayah mana di Indonesia yang masih membutuhkan pembangunan yang optimal.

Tentunya setelah mengetahui hal itu, pemerintah akan mengambil keputusan dan kebijakan yang tepat dalam pembangunan Indonesia secara menyeluruh.

2. Pengolahan Big Data

Di zaman yang serba digital ini, metode-metode statistika justru sangat dibutuhkan dalam mengukur dan mengolah big data yang ada di internet.

Seperti kebutuhan data akan stalking instagram, hunting promo sampai pengukur data viewer atau pengunjung di sebuah akun sosial media dan website. Inilah yang dipelajari pada jurusan statistika di salah satu perguruan tinggi negeri di Bogor yaitu IPB.

3. Peranan Statistika Pada Hampir Seluruh Sektor Industri

Selain di pemerintahan, statistika juga berguna di hampir semua sektor industri, seperti dunia perbankan, keuangan, teknologi, manufaktur, bahkan di fast moving consumer goods.

Tanpa adanya seorang ahli statistik di sebuah perusahaan, maka perusahaan tersebut tidak akan bisa menjalankan roda usahanya dengan baik dan tidak dapat berkembang sebagaimana mestinya.

Karena sebuah perusahaan memerlukan data yang akurat untuk mengukur produksi dan menentukan target serta mengembangkan perusahaannya lebih besar lagi.

Hanya dengan data yang diperoleh dari seorang statistikawan, maka data tersebut bisa dipercaya dan akan dinilai valid. Jadi, jika Anda ingin memiliki nilai pekerjaan yang bergengsi tinggi dalam sebuah perusahaan, maka jurusan statistika adalah yang paling tepat.

Profesi Lulusan Statistika

Profesi Lulusan Statistika

Di banyak perusahaan, lulusan statistika banyak mendapat pekerjaan sebagai seorang analis. Walau tidak semua profesi dari jurusan ini bekerja sebagai analis, namun jika Anda berminat mengambil jurusan ini, beberapa profesi ini mungkin bisa jadi pilihan bekerja karena punya nilai gaji yang fantatis.

1. Analis Bisnis

Seorang analis bisnis adalah seseorang yang bertugas untuk membuat analisa bisnis, melakukan validasi persyaratan bisnis untuk proses bisnis ke depan dan kebijakan perusahaan yang diambil. menganalisa, memvalidasi persyaratan untuk perubahan proses bisnis, atau kebijakan suatu perusahaan/organisasi.

Jika, Anda mengambil jurusan statistik dan hendak menjadi analis bisnis, maka Anda akan mendapat gaji sekitar 4 sampai 12 juta per bulan.

2. Analis Kredit

Jika Anda lulusan sarjana statistika dan melamar pekerjaan di dunia perbankan, ada kemungkinan Anda akan ditempatkan sebagai analis kredit.

Di Indonesia pekerjaan ini juga cukup bergengsi karena seorang analis kredit pemula saja, bisa mendapat gaji sekitar 4,9 jutaan. Ditambah dengan fasilitas lainnya seperti mobil, jatah liburan dan bonus-bonus lainnya.

3. Analis Laboratorium

Ada lagi analis yang gajinya dikenal sangat fantastis adalah seorang analis laboratorium atau laboratory analysts. Gaji di profesi ini bisa mencapai 54 juta per tahun atau sekitar 9 jutaan per bulan.

Jadi, walaupun hanya berhubungan dengan data jurusan statistika merupakan jurusan yang sangat bergengsi dan punya nilai jual tinggi.

Demikian lulusan dari jurusan statistika dengan peluang kerja dan gaji yang bisa Anda dapatkan. Jadi, apakah Anda masih berpikir lagi untuk masuk ke jurusan ini. Semua pilihan tergantung pada Anda, karena masa depan yang cerah hanya ada di tangan Anda dan kerja keras yang Anda lakukan sejak sekarang.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.