Jurusan Teknik Elektro Lengkap Dengan Peluang Kerjanya

Diposting pada

Jurusan Teknik Elektro termasuk salah satu jurusan favorit di semua Universitas. Biasanya bersaing dengan pendidikan Teknik Informatika dan kedokteran di kategori sains (IPA).

Dalam artikel ini akan dibahas lebih dalam tentang jurusan kelistrikan ini. Pembahasan di mulai dari pengertian, mata kuliah Teknik Elektro hingga peluang kerja bagi lulusan Teknik Elektro. Mengenai pengertian sudah sedikit kita bahas di awal, pembahasan lengkapnya bisa kita simak berikut ini.

Apa itu Jurusan Teknik Elektro?

teknik elektro

Jurusan Teknik Elektro adalah bidang ilmu yang mempelajari kelistrikan dan aplikasinya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Teknik Elektro bisa dikatakan sebagai induk dari bidang ilmu teknik yang lain. Mengapa demikian? Karena Teknik Elektro merupakan salah satu ilmu dasar teknik yang tertua.

Baca Juga: Jurusan Teknik Mesin | Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

Anda akan diajarkan ilmu pengetahuan tentang konsep, perancangan dan pengembangan, serta memproduksi alat listrik dan elektronik. Metode pembangkit dengan sumber energi baru, penyimpanan dan penghematan energi di bahas dalam Teknik Elektro.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Elektro

gambar ilustrasi mata kuliah

Pada semester awal biasanya Anda akan dibekali dengan mata kuliah wajib di bidang ilmu Teknik Elektro. Kemudian pada pertengahan hingga akhir semester Anda akan mempelajari sub jurusan atau bidang kosentrasai yang dipilih.

Jadi meskipun sama-sama mengambil mata kuliah Teknik Elektro dan lulus sebagai Sarjana Teknik tapi bidangnya bisa jadi berbeda.

Untuk sub jurusan dalam mata kuliah Teknik Elektro kita akan mengambil contoh bidang konsentrasi yang ada di Universitas Gajah Mada (UGM).

Karena untuk jurusan Teknik Elektro, UGM termasuk salah satu kampus terbaik. Berikut ini adalah 5 bidang konsentrasi Teknik Elektro yang bisa Anda pilih di kampus UGM.

1. Elektronika, Biomedika dan Teknik Pengolahan Istarat

Di Universitas Gajah Mada 3 bidang ini digabungkan dalam 1 konsentrasi. Teknik pengolahan isyarat dan elektronika ini sering disebut sebagai listrik arus lemah, karena hanya mempelajari listrik di dalam chip elektro yang hanya menggunakan tenaga baterai. Sedangkan ilmu yang mempelajari penerapan elektro di bidang kedokteran disebut Biomedika

2. Bidang Konsentrasi Teknik Komputer

Teknik Komputer adalah ilmu teknik yang merupakan perpaduan antara teknik elektro dengan komputer.

Bidang ini akan membahas konsep dasar listrik di dalam komputer. Hal-hal yang dipelajari seperti, teknik antarmuka, sistem digital, arsitektur computer, microprocessor sampai Internet of things.

Di sebagian kampus, Teknik Komputer tidak ada dalam sub jurusan Teknik Elektro karena sudah menjadi jurusan sendiri.

3. Bidang Konsentrasi Teknik Tenaga Listrik

Teknik Tenaga Listrik sering disebut juga sebagai listrik arus kuat yang merupakan bidang teknik elektro tertua.

Di sini dipelajari cara membangkitkan dan transmisi listrik dari satu tempat ke tempat yang lain. Termasuk di dalamnya tentang teknik tegangan tinggi, gardu listrik, teknik proteksi dan lain-lain. Bagi yang memilih bidang konsentrasi ini PLN merupakan perusahaan ideal.

4. Teknik Telekomunikasi

Teknik Komunikasi sebagai sub jurusan Teknik Elektro ini merupakan penerapan listrik untuk komunikasi jarak jauh.

Cara merancang media telekomunikasi dipelajari dalam bidang ini, termasuk di dalamnya perambatan gelombang, transmisi, teknik antena dan jaringan telekomunikasi. Seperti halnya Teknik Komputer di beberapa kampus lain Teknik Telekomunikasi sudah menjadi jurusan sendiri.

5. Teknik Instrumentasi Kendali

Teknik Instrumentasi Kendali memiliki fokus pada pengukuran dan cara mengolah hasil pengukuran (instrumentasi) tersebut. Di sini dipelajari bagaimana cara merancang sensor. Maksud dari instrumentasi bisa juga mengenai alat untuk mengukur atau mengendalikan sesuatu secara jarak jauh atau otomatis.

Itu tadi contoh bidang konsentrasi yang bisa Anda pilih dikampus Universitas Gajah Mada. Matematika dan fisika merupakan mata kuliah dasar yang berkaitan dengan teknik elektro. Jika Anda memilih Jurusan Teknik Elektro maka harus siap menguasai kedua mata pelajaran tersebut.

Peluang Kerja Sarjana Teknik Elektro

Peluang Kerja Sarjana Teknik Elektro

Di era modern seperti saat ini, perangkat elektronik yang dijalankan dengan listrik tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Oleh karena itu membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang teknik elektro.

Namun, banyaknya bidang konsentrasi yang ada, akan mempunyai target profesi masing-masing. Peluang kerja bagi lulusan Teknik Elektro cukup luas.

Lulusan Jurusan Teknik Elektro yang berkonsentrasi pada bidang kelistrikan sangat dibutuhkan oleh perusahaan listrik seperti PLN.

Biasanya mereka di tempatkan pada bagian instalasi, distribusi, teknik transmisi dan gardu induk. Untuk mengelola sumber daya listrik di seluruh Indonesia, PLN membutuhkan banyak tenaga professional. Selain itu, hampir seluruh industri membutuhkan tenaga ahli di bidang kelistrikan.

Sarjana Teknik Elektro juga memiliki kesempatan berkarir di bidang IT untuk perusahaan perminyakan, gas dan pertambangan.

Beberapa perusahaan ternama seperti PETAMINA, ANEKA TAMBANG, CHEVRON dan masih banyak lainnya, menawarkan gaji yang cukup tinggi. Peluang ini bisa diambil oleh lulusan Teknik Elektro tergantung keahlian individu tersebut.

Maraknya perkembangan industri otomotif di Indonesia, membuka peluang kerja yang luas bagi lulusan Jurusan Teknik Elektro. Hal ini karena dalam setiap produksi otomotif selalu bersangkutan dengan elektronika. Gaji yang diterima dari pekerjaan ini juga cukup menggiurkan tergantung pengalaman dan posisi Anda dalam pekerjaan ini.

Berbagai industri telekomunikasi seperti Telkom dan lain-lain juga merupakan peluang kerja bagi sarjana Teknik Elektro. Selain itu, bidang umum juga banyak membutuhkan lulusan ini, seperti bidang kesehatan, perbankan, pendidikan dan PNS.

Menjadi pengusaha juga merupakan pilihan karir bagi Anda sebagai lulusan Teknik Elektro. Banyak ide kreatif yang bisa diciptakan dari bidang elektro.

Jurusan Teknik Elektro merupakan jurusan yang sangat cocok bagi Anda yang suka teknologi, terutama yang berhubungan dengan listrik. Peluang kerja dan peluang usaha bagi lulusan Teknik Elektro juga sangat menjanjikan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang tertarik melanjutkan ke program studi Teknik Elektro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.