Jurusan Teknik Informatika | Informasi dan Prospek Kerja

Pesatnya perkembangan teknologi di era milenial ini membuat kebutuhan terhadap sumber daya manusia dalam bidang teknologi menjadi semakin tinggi. Salah satu fakultas yang memiliki prospek kerja tinggi zaman sekarang adalah jurusan teknik informatika. Yuk sama-sama kita bahas berbagai informasi fakultas yang satu ini.

Apa itu Jurusan Teknik Informatika?

jurusan teknik informatika

Teknik informatika adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari cara penggunaan komputer dengan optimal bertujuan untuk menerapkan berbagai prinsip ilmu komputer. Didalamnya termasuk menganalisa, mengembangkan, menguji, dan mengevaluasi sistem operasi, perangkat lunak maupun kerja dari komputer.

Apa yang dipelajari teknik informatika?

Yang akan dipelajari pada jurusan teknik informatika adalah mengenai penggunaan teknologi komputer secara optimal untuk menyelesaikan masalah perubahan dan berbagai pengolahan data menggunakan proses logika. Sehingga bagi kamu yang berminat masuk jurusan ini akan dibekali keterampilan mengenai perangkat lunak komputer.

Banyak berangapan bahwa masuk jurusan teknik informatika itu susah. Sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan karena semua tergantung dari niat dan kemauan kuat untuk belajar dengan keras. Selain itu kita juga harus memahami batas kemampuan diri termasuk didalamnya minat dan bakat.

Bagi kamu yang berminat masuk jurusan ini, kamu akan diajarkan bagaimana menghasilkan dan menuangkan ide kreatif, memecahkan berbagai fungsi, dan menciptakan sebuah instruksi detail pada bahasa pemrograman.

Membuat instruksi tersebut tujuannya adalah agar komputer dapat paham apa yang harus dilakukan sesuai instruksi yang kamu berikan.

Mahasiswa ilmu komputer diharuskan untuk menguasai hal yang berkaitan dengan sistem operasi dan aplikasinya dengan tujuan memastikan sistem operasi dapat berjalan dengan baik.

Syarat-Syarat Masuk Jurusan Teknik Informatika

Ada beberapa syarat masuk jurusan teknik informatika, yaitu:

  1. Lulusan SMA, SMK, MAK, MA, Paket C dan lulusan sederajat lainnya
  2. Tidak Buta Warna
  3. Mampu berpikir logis dan rasional
  4. Sistematis dalam berpikir
  5. Problem solving yang baik
  6. Tekun, kreatif, detail, dan teliti
  7. Suka melakukan riset atau penelitian

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah Terbaik Lulusan IPA dan Prospek Kerjanya

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Berikut beberapa mata kuliah teknik informatika yang perlu kamu ketahui:

  1. Logika informatika
  2. Statiska dan Probabilitas
  3. Rekayasa perangkat lunak
  4. Pemrogram internet
  5. Algoritma dan struktur data
  6. Dasar-Dasar Pemrograman
  7. Sistem jaringan
  8. Teori komputasi
  9. Basis data
  10. Sistem operasi
  11. Artifical Intelligence (AI)
  12. Kalkulus
  13. Metode pengembangan software
  14. Data mining
  15. Kriptografi
  16. Pemrograman berorientasi objek

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Lulusan teknik informatika mempunyai prospek kerja yang sangat luas dan bervariatif salah satunya adalah sebagai pengembang perangkat lunak (developer), konsultan IT, analisis, sistem keamanan jaringan, dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan sistem komputasi.

Sebuah riset oleh BLS (Bureau of Labor & Statistic) menyebutkan bahwa informatika merupakan salah satu profesi yang akan terus tumbuh sangat pesat sekitar tahun 2014-2024 dengan rasio pertumbuhan sekitar 12% diatas bidang profesi lain.

Karir dan Profesi Lulusan Teknik Informatika

Karir dan Profesi Lulusan Teknik Informatika

Lulusan teknik informatika memiliki peluang profesi dan karir yang cukup banyak. Sehingga ada banyak jenis profesi yang bisa kamu pilih setelah lulus nantinya, yaitu:

1. Progammer

Bukan hal yang asing jika lulusan teknik informatika memilih bekerja sebagai progammer. Hal ini karena jenis profesi yang satu ini cukup banyak diminati oleh lulusan fakultas informatika.

Mungkin dari kita sepakat bahwa salah satu alasan banyak yang berminat jurusan ini adalah karena gaji yang dijanjikan cukup besar. Memang benar… setelah lulus kamu bisa menjadi seorang progammer pemula dengan gaji rata-rata 8 juta dalam sebulannya.

2. Software Engineer

Jenis profesi yang satu ini tidak jauh berbeda dengan progammer. Tugas utama dari software engineer adalah analisa, rekayasa, menyusun, impelementasi, dan validasi rancangan sistem perangkat lunak. Fungsi dari dibuatnya sistem perangkat lunak adalah menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh manusia.

Perbedaan software engineer dengan progammer adalah harus menguasai SDLC (Software Development Life Cycle). Karena ini merupakan modal bagi seorang insiyur perangkat lunak dalam mengembangkan software (perangkat lunak).

Sistem komputer yang dirancang oleh seorang software engineer harus sesuai dengan keinginan dari client atau perusahaan tempat bekerjanya.

3. Software Developer

Sesuai dengan namanya software developer adalah seseorang tugasnya adalah membangun menciptakan suatu produk tertentu sesuati dengan desain dan impelementasi berdasarkan rekayasa perangkat lunak.

Seorang software developer harus bisa memastikan bahwa kualitas produk yang mereka buat sesuai dengan ketentuan atau keinginan dari perusahaan atau client.

Produk disini diartikan sebagai perangkat lunak ya… baik untuk komputer maupun mobile dan sebagainya. Software yang sudah diciptakan kemudian akan digunakan menjalankan sebuah sistem.

Dalam membuat suatu produk seorang software engineer tidak sendiri, mereka bekerja secara tim. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ya akan mengerjakan semua sendirian.

Bicara soal gaji, seorang software engineer memiliki kisaran gaji sekitar 5 juta sampai 8 juta untuk seorang pemula.

4. Konsultan IT (IT Consultant)

Konsultan IT adalah seorang yang bertugas untuk menciptakan berbagai ide bagi client tentang teknologi informasi. Ini sesuai dengan keinginan dan ketentuan dari target bisnis mereka.

Biasanya profesi ini bekerja sebagai jembatan bagi anggota dan tim teknis dalam mengetahui target bisnis dari perusahaan atau client.

Jika kamu yan berminat menjadi seorang konsultan IT kamu harus mempunyai kemampuan khusus dalam bidang teknologi informasi. Selain itu harus paham harapan dan keinginan dari si client dalam menterjemahkan bentuk teknologi informasi.

Gaji seorang IT consultant ini cukup tinggi loh yaitu ada di kisaran 6 juta sampai 11 juta.

5. Admin Database

Admin database adalah seseorang yang bertugas untuk melakukan pengelolaan, pengujian, dan melaksanakan berbagai sistem databse dari komputer.

Tugas lain admin database adalah melakukan koordinasi perubahan database yang ada di komputer. Akan tetapi tidak hanya koordinasi, seorang admin database juga menjaga dan merencakan sistem komputer.

Gaji rata-rata seorang admin database adalah ada di kisaran 3.5 sampai 4 juta dalam waktu sebulan.

Apakah ada profesi dan karir bagi lulusan teknik informatika yang lainnya?, ada…. diantaranya arsitek sistem informasi, growth hacker, dosen, analis sistem informasi, dan sebagainya.

Bagaimana ? sudah tertarik untuk masuk ke jurusan ini?. Demikian berbagai informasi mengenai jurusan lmu komputer yang satu ini. Semoga bisa bermanfaat.

Bagikan Artikel melalui :