Jurusan Teknik Mesin – Informasi Perkuliahan dan Prospek Kerja

Diposting pada

Teknik mesin merupakan salah satu dari berbagai jurusan pada ilmu sains atau ipa yang mempunyai prospek kerja yang cukup baik.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai jurusan teknik mekanika (mesin) dan berbagai hal yang berkaitan lainnya.

Apa itu Teknik Mesin?

jurusan teknik mesin

Jurusan teknik mesin adalah program studi yang mempelajari berbagai prinsip fisika dan implementasi desain, manufaktur, dan analisis mekanika. Sehingga teknik mesin tidak selalu berkaitan dengan berbagi kegiatan bengkel seperti mesin motor dan mobil.

Teknik mesin mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan konversi energi, perancangan, konstruksi, produksi dan material mesin. Oleh karena itu dasar fisika dan matematika merupakan ilmu penting yang harus kamu pahami dengan baik.

Dasar fisika dan matematika yang akan kamu pelajari seperti aliran air untuk mesin, desain dan material mesin, pergerakan mesin, dan berbagai elemen penting lainnya. Elemen-elemen penting tersebut mencakup berbagai metode yaitu produksi, pengendalian (melalui komputer), pengolahan, dan sebagianya.

Syarat-Syarat Masuk Jurusan Teknik Mesin

Ada beberapa syarat masuk jurusan teknik mesin yang harus kamu penuhi untuk bisa masuk ke jurusan yang satu ini, yaitu:

1. Jurusan Tertentu

Tidak semua siswa bisa masuk jurusan ini, hanya siswa dengan beberapa jurusan saja yang memiliki kesempatan untuk bisa menjadi mahasiswa pada jurusan satu ini. Jurusan SMA/MA yang dapat diterima masuk ke fakultas ini adalah jurusan IPA, SMK/MAK jurusan teknik elektro, teknologi, rekayasa, teknik mesin, dan sebagianya.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah Terbaik Lulusan IPA + Prospek Kerjanya

Jadi, pastikan jurusan yang kamu ambil ketika SMA sudah sesuai dengan syarat ini ya, jangan sampai kamu salah masuk jurusan.

2. Paham Fisika dan Matematika dengan baik

Dasar fisika dan pemahaman matematika yang baik dibutuhkan pada jurusan ini. Hal tersebut karena nantinya mata kuliahnya akan selalu mambahas mengenai teori fisika dan perhitungan.

Jadi, bagi kamu yang tertarik dengan jurusan ini kamu harus mempelajari dasar fisika dan perhitungan matematika dengan baik ya. Sehingga kamu bisa diterima masuk dan memudahkan dalam menjalani dunia perkuliahan.

3. Sehat dan Tidak Buta Warna

Mempunyai badan yang sehat dan tidak buta warna merupakan syarat penting untuk masuk fakultas teknik mesin. Hal ini karena nantinya kamu akan berhubungan langsung dengan mesin-mesin berat, sehingga penting bagi kamu untuk punya fisik yang sehat.

Selain sehat, kamu juga tidak boleh buta warna karena dalam dunia industri mesin akan selalu ada test buta warna. Hal tersebut penting karena beberapa mesin mempunyai jenis warna yang berbeda-beda, sehingga dalam merancangnya mata kita tidak boleh buta warna.

4. Kemampuan Meneliti dan Analisis yang baik

Syarat selanjutnya, kamu harus suka punya kemampuan meneliti dengan baik. Kemampuan meneliti yang baik diperlukan untuk memudahkan kamu saat memahami cara kerja mesin. Selain itu kamu juga harus mempunyai analisis yang baik untuk bisa memudahkan kamu dalam menemukan masalah dan cara penyelesaiannya.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Mesin

Adapun ada beberapa mata kuliah program studi teknik mesin yaitu sebagai berikut:

  1. Fisika Dasar
  2. Kimia Dasar
  3. Kalkulus
  4. Gambar Mesin
  5. Matematika Teknik
  6. Termodinamika
  7. Teknik Pengukuran
  8. Motor Bakar Torak
  9. Elemen Mesin
  10. Perpindahan Panas
  11. Perancangan Produk
  12. Mekatronika
  13. Praktikum
  14. Perpindahan dan Mesin Fluida
  15. Proses Produksi Produk

Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

Jurusan teknik mesin mempunyai prospek kerja yang cukup menjanjikan di masa depan. Berikut beberapa prospek kerja lulusan teknik mesin:

  1. Mekanik Otomotif (Mobil dan Motor)
  2. Perancang dan Teknisi Mesin
  3. Perencanaan Produk Otomotif
  4. Spesialis Otomotif
  5. Ahli Listrik
  6. Manajer QC (Quality Control) Sistem
  7. Analisis QC (Quality Control) Produk
  8. Operator Mesin di Pabrik
  9. Engineer (Teknisi Robot)
  10. Teknisi Produk Manufaktur

Demikian beberapa penjelasan mengenai jurusan mekanika yang satu ini.Semoga dapat memberikan informasi yang baik bagi teman-teman sekalian.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.