Kecepatan dan Percepatan | Pengertian, Perbedaan dan Rumus

Mungkin teman-teman ketika mendengar istilah kecepatan dan percepatan sudah tidak asing lagi, karana istilah ini muncul pada pelajaran fisika.

Lalu apa itu kecepatan dan percepatan?, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian, rumus, perbedaan dan contoh soal dari kecepatan dan percepatan.

Pengertian Kecepatan dan Percepatan

Di dalam ilmu fisika kecepatan dan percepatan bukanlah istilah yang asing. Percepatan dalam bahasa inggris disebut juga dengan acceleration (akselerasi).

Berikut penjelasan mengenai pengertian dari kecepatan dan percepatan:

1. Kecepatan

Kecepatan adalah suatu besaran vektor yang menunjukkan seberapa cepat suatu benda dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Besaran vektor pada kecepatan disebut juga dengan kelajuan. Didalam ilmu fisika kelajuan dinyatakan dalam satuan meter persekon (m/s) atau ms−1.

Baca juga: Besaran, Satuan, dan Dimensi dalam Pengukuran Fisika

Yang menjadi acuan dari kecepatan adalah perubahan posisi benda dari titik A ke titik B dan seberapa cepat perpindahan tersebut dinyatakan dalam besaran vektor.

Besaran vektor adalah suatu besaran yang mempunyai nilai maupun arah. Maksudnya penentuan nilai pada besaran tersebut bedasarkan oleh arah.

Dalam besaran vektor nilai dan arah menjadi dua informasi yang tidak dapat dipisahkan dan saling melengkapi satu sama lain.

Contoh dari besaran vektor adalah perpindahan, gaya, kecepatan, medan listrik, momentum, dan lain sebagainya.

Dalam menghitung besaran vektor nilai pada vektor mengikuti arah suatu benda bergerak atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Rumus Perpindahan

Perpindahan adalah perubahan posisi pada suatu benda yang diukur dari titik awal menuju titik akhir dan dinyatakan dalam besaran.

Dalam perhitungan pada perpindahan rumus yang digunakan berbeda-beda bergantung pada lintasan suatu benda, yaitu lurus beraturan atau lurus berubah beraturan.

A. Rumus Perpindahan Gerak Lurus Beraturan (GLB)

s = v. t

Keterangan:
s = perpindahan
v = kecepatan
t = waktu

Gerak lurus beraturan adalah gerak lurus suatu objek atau benda dengan kecepatan yang tetap karena tidak ada percepatan.

Didalam ilmu fisika gerak lurus beraturan ini sering disebut juga dengan (GLB).

Pada gerak lurus beraturan waktu pada perpindahan berbanding lurus dengan jarak yang ditempuh. Artinya besaran yang diukur pada perpindahan suatu objek atau benda dinyatakan dalam satuan waktu.

B. Rumus Perpindahan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

s = v. t + ½ at²

Keterangan:
s = perpindahan
v = kecepatan
t = waktu
at = percepatan

Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak lurus pada suatu objek atau benda dengan kecepatan yang berubah secara beraturan.

Adanya kecepatan yang berubah disebabkan oleh adanya percepatan maupun perlambatan yang memiliki besaran tetap.

Didalam ilmu fisika gerak lurus berubah beraturan ini sering disebut juga dengan (GLBB).

Perpindahan dan jarak tempuh pada GLBB ini berbanding dengan pangkat dua (kuadrat) pada waktu yang ditempuh oleh suatu objek atau benda.

Rumus Waktu

Waktu adalah serangkaian proses dari suatu perbuatan, atau keadaan yang terjadi secara langsung.

Rumus waktu:

t = S / v
Keterangan:
t = waktu tempuh (jam)
S = jarak (km)
v = kecepatan (km/jam)

Rumus Kecepatan Rata-Rata

Rumus Kecepatan Rata-Rata

Keterangan:
v = kecepatan rata-rata (m/s)
Δs = perpindahan (m)
Δt = selang waktu (s)

2. Percepatan

Percepatan adalah perubahan kecepatan pada suatu benda yang terjadi pada satuan waktu tertentu. Didalam bahasa inggris percepatan disebut dengan akselerasi.

Adanya percepatan pada suatu objek atau benda dapat disebabkan oleh adanya gaya yang bekerja pada suatu objek atau benda tersebut. Sehingga dapat diketahui bahwa benda yang dikenai oleh gaya maka akan terjadi percepatan.

Baca juga: Pengertian Gaya dalam Ilmu Fisika

Rumus Percepatan

A =  ΔV/ ΔT
Keterangan:
A = Percepatan
ΔV = perubahan kecepatan
ΔT = perubahan waktu

Perbedaan Kecepatan dan Percepatan

Perbedaan Kecepatan dan Percepatan

Perbedaan dari kecepatan kecepatan terletak pada pengertian dan fungsi dari keduanya.

Dimana pengertian kecepatan adalah suatu besaran vektor yang ditenukan berdasarkan cepatnya sebuah benda menempuh suatu jarak. Sedangkan pengertian percepatan adalah perubahan kecepatan yang terjadi pada waktu tertentu.

Perbedaan dari sisi fungsi adalah dimana fungsi dari kecepatan adalah menentukan seberapa cepat suatu benda melaju pada jarak tertentu, dan diukur dengan berdasarkan besaran vektor.

Sedangkan percepatan berfungsi untuk merubah kecepatan pada suatu objek atau benda yang sedang bergerak.

Demikian penjelasan mengenai kecepatan dan percepatan, semoga dapat menambah wawasan pengetahuan kita semua.

Bagikan Artikel melalui :