6 Kekurangan E-Learning yang Perlu untuk Diketahui

Diposting pada

Selain Punya Kelebihan, Inilah 6 Kekurangan E-Learning yang Harus Anda Ketahui – Berkat teknologi internet, banyak siswa yang bisa mengakses pembelajaran secara online tanpa harus meninggalkan rumah. Para siswa ini berkesempatan untuk belajar serta berinteraksi dengan guru dan siswa lain yang berasal dari wilayah yang berbeda.

E-learning memiliki beberapa kelebihan antara lain waktu dan tempat yang fleksibel, hemat biaya, dan siswa dapat mengulang materi yang dipelajari kapan saja.

Meskipun e-Learning memiliki sejumlah kelebihan, akan tetapi masih ada beberapa kelemahan yang harus Anda ketahui. Simaklah penjelasan di antaranya berikut ini.

Kekurangan E-Learning

Meski e-learning telah menjadi metode pembelajaran yang umum dan terbukti dapat meraih jangkauan luas, namun metode ini juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan dari e-learning adalah sebagai berikut:

1. Kurang Berkembangnya Komunikasi Antara Pengajar dengan Siswa, dan Antar siswa

Kekurangan metode e-learning adalah lemahnya keterampilan komunikasi siswa karena minimnya tatap muka antara pengajar, siswa, dan teman sebaya. Pada akhirnya siswa menjadi individualis dan sulit bekerja di dalam sebuah tim.

Ke depannya, kurangnya kemampuan komunikasi ini akan melahirkan generasi yang hanya pandai berteori, namun gagal dalam berinteraksi.

2. Kesulitan Para Pengajar dan Siswa dalam Penguasaan Teknologi

Kekurangan yang paling umum dari apa itu e-learning adalah bahwa teknologi ini bisa menimbulkan kesulitan bagi pengajar ataupun siswa. Tidak semua siswa dan pengajar memahami teknologi yang digunakan dalam pembelajaran online. Hal ini tentunya dapat menghambat penyampaian materi oleh pengajar dan proses belajar siswa.

3. Banyak Lokasi yang Belum Memiliki Jaringan Internet yang Stabil

E-learning hanya bisa dilaksanakan pada wilayah yang memiliki koneksi internet cepat dan stabil. Realitanya, ternyata masih banyak lokasi dengan akses internet yang sangat terbatas. Siswa yang beruntung tinggal di lokasi dengan koneksi yang memadai akan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Bagaimana halnya dengan siswa yang tinggal di wilayah minim akses?

4. Sebagian Pengajar dan Siswa Tidak Memiliki Perangkat yang Memadai

Walaupun teknologi telah berkembang pesat, kenyataannya tidak semua orang memiliki perangkat yang mumpuni untuk mengadopsi teknologi tersebut. E-learning bisa terhambat hingga tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran ketika pengajar dan siswa tidak memiliki perangkat yang menunjang.

5. Harga Kuota Internet yang Tidak Ramah Kantong  

E-learning membutuhkan kuota internet yang cukup besar. Artinya, orangtua harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli kuota internet agar para siswa dapat tertap mengikuti proses belajar. Banyak orangtua yang merasa terbebani, apalagi kuota internet memiliki tarif yang cukup mahal.

6. Memungkinkan Terjadinya Praktik Komersial yang Merubah Tujuan Awal Pendidikan

Semua sekolah yang menyelenggarakan e-learning seharusnya telah memenuhi syarat akreditasi layaknya pembelajaran tatap muka. Sayangnya, metode e-learning seakan memberi kesempatan pada banyak platform pembelajaran online untuk meraih keuntungan.

Tidak semua lembaga pendidikan mampu dan kompeten membuat e-learning. Lembaga ini tidak bisa menyusun materi dan tugas-tugas yang memenuhi kebutuhan masa kini. Materi pembelajaran yang dibuat juga tidak memperhitungkan karakteristik setiap peserta didiknya sehingga sering tidak tepat sasaran.

Masih banyak platform e-learning yang belum terakreditasi dan materi yang disajikan belum melalui pemeriksaan oleh badan yang berwenang. Platform ini tidak memiliki jaminan kualitas yang terstandarisasi.

Pada akhirnya, lembaga pendidikan online hanya bermaksud meraih keuntungan sebanyak-banyaknya, namun melupakan tujuan dasar pendidikan yaitu mencerdaskan siswa. Melihat hal ini, maka alangkah baiknya jika kekurangan apa itu e-learning bisa menjadi bahan koreksi untuk kemajuan pembelajaran di masa mendatang.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.