Keutamaan Belajar Bahasa Arab bagi Seorang Muslim

Diposting pada

Seluruh umat muslim tentunya tidak asing lagi saat mendengar kata “Bahasa Arab”. Sebuah kata yang sudah familiar di telinga para kaum muslimin.

Namun, pada kenyataannya justru sebagian umat islam kurang perhatian atau bahkan tidak perhatian dengan Bahasa Arab.

Padahal jikalau para kaum muslimin sadar akan pentingnya belajar Bahasa Arab, maka ia akan bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya. Sebagaimana sebagian kaum muslimin yang bersemangat saat mempelajari Bahasa Inggris, karena bermanfaat bagi dunianya.

Berikut beberapa penjelasan mengenai Bahasa Arab dan berbagai hal lainnya.

Pengertian Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah Bahasa paling mulia dimuka bumi ini karena merupakan bahasa dari Al-Qur’an dan Hadist Nabi Shallahu’alaihi Wassalam.

Bahasa Arab merupakan bahasa yang Allah subhanahu wata’ala jadikan sebagai bahasa dari firmannya yaitu Al-Qur’an. Bahasa Arab juga merupakan bahasa yang digunakan didalam Hadist Nabi Shallahu’alahi Wassalam dan juga banyak digunakan oleh para ulama Islam.

Baca juga: Pengertian Bismillah dan Penjelasannya

Bahasa Arab dapat menjadi salah satu wasilah bagi para kaum muslimin dalam mempelajari maupun mengamalkan Al-Qur’an dan Hadist sesuai dengan apa yang sampaikan oleh Rosulullah Shallahu’alahi Wassalam.

Selain mempelajari dan mengamalkan apa yang diajarkan didalam hadist, Bahasa Arab juga dapat berfungsi untuk mempelajari pemahaman para sahabat Rosulullah Shallahu’alaihi Wassalam mengenai hadist Nabi Shallahu’alaihi Wassalam.

Hal tersebut menjadi penting karena Allah subhanahu wata’ala menurunkan mengutus setiap rosulnya sesuai bahasa kaumnya. Sebagaimana Allah mengutus Rosulullah shallahu’alaihi wassalam dengan menggunakan Bahasa Arab sebagai alat komunikasinya dengan para sahabat maupun kaumnya.

Allah Subhanahu Aata’ala berfirman:

وَمَا أَرْسَلْنَا مِنْ رَسُولٍ إِلَّا بِلِسَانِ قَوْمِهِ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ ۖ فَيُضِلُّ اللَّهُ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

“Dan kami tidak mengutus seorang rasul pun, melainkan dengan bahasa kaumnya, agar ia dapat memberi penjelasan dengan terang (jelas) kepada mereka.
Maka Allah menyesatkan siapa yang ia kehendaki, dan memberi petunjuk kepada siapa yang ia kehendaki. Dan Dialah Tuhan Yang Maha Kuasa lagi Maha Bijaksana” (Q.S. Ibrahim: 4)

Baca juga: Muslim.or.id

Keutamaan Mempelajari Bahasa Arab

Keutamaan Mempelajari Bahasa Arab

1. Bahasa Arab Merupakan Bahasa Al-Qur’an dan Hadist

Seperti yang telah kita bahas diatas, bahwa Allah Subhanahu wata’ala menurunkan Al-Qur’an dan Hadits kepada Rosulullah shallahu’alaihi wassalam sesuai dengan bahasa kaumnya.

Dimana pada saat itu Rosulullah terlahir dan dibesarkan di Arab sehingga bahasa yang digunakan saat itu adalah Bahasa Arab. Sehingga allah menurunkan Al-Qur’an kepada Rosullah dengan menggunakan Bahasa Arab.

Baca juga: Pengertian Beriman Kepada Malaikat

Selain Al-Qur’an yang berbahasa Arab, hadist nabi shallahu’alaihi wassalam pun juga berbahasa Arab. Hadist nabi yang berupa perbuatan nabi, perkataan nabi, maupun ketetapan nabi shallahu’alaihi wassalam di tulis oleh para sahabat dengan menggunakan Bahasa Arab.

Didalam Al-Qur’an keistimewaan dari Bahasa Arab disebut kan sebanyak 10 kali, diantaranya:

وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآنًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِي عِوَجٍ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28)

Baca juga: Rumaysho.com

2. Kemudahan dalam Mempelajari, Memahami, dan Menghafalkan Al-Qur’an

Dengan mempelajari Bahasa Arab kita dapat dengan mudah untuk lebih memahami, mempelajari dan mendalami isi dari Al-Qur’an.

Selain itu dengan Bahasa Arab juga kita akan jauh lebih mudah untuk menghafal setiap ayat dari Al-Qur’an, karena pada dasarnya menghafal akan lebih mudah ketika faham apa yang dihafal.

Selain dari mempelajari maupun menghafalkan Al-Qur’an, kita juga akan jauh lebih mudah dalam mengamalkan isinya.

Hal tersebut karena saat kita faham Bahasa Arab maka setiap dari Al-Qur’an yang kita pelajari akan lebih mudah kita amalkan karena kita mengerti kandungan apa saja yang terdapat didalam setiap ayatnya.

3. Kemudahan dalam Mempelajari Islam

Pedoman utama dalam memahami agama Islam adalah Al-Qur’an dan Hadist, maka hal tersebut sangat penting bagi seorang muslim.

Dimana untuk dapat mempelajari Islam secara lebih jauh, dibutuhkan kemampuan dalam memahami Bahasa Arab. Sebab pedoman utama yang digunakan dalam mendalami agama islam seluruhnya mengunakan Bahasa Arab.

Baca juga: Pengertian Nahwu dan Sharaf dalam Bahasa Arab

Misalnya al-Qur’an, Hadist-Hadist Nabi Shallahu’alaihi Wasalam, perkataan para sahabat, ulama, tabi’ut tabi’in, dan lain sebagainya.

Sehingga Bahasa Arab sangat penting dalam agama Islam, sampai-sampai sahabat Umar bin Khatab mengatakan bahwa Bahasa Arab merupakan bagian dari agama Islam.

تعلموا العربية فإنها من دينكم

Pelajarilah Bahasa Arab karena ia termasuk bagian dari agama kalian (Islam) – Umar Bin Khattab

4. Bahasa Arab Merupakan Bahasa Terbaik yang dapat Menentramkan Hati

Bahasa Arab juga merupakan bahasa terbaik karena pada dasarnya Bahasa Arab mempunyai kaidah yang sangat unik dan beragam. Selain itu Bahasa Arab juga telah terbukti mampu menentramkan hati karena keindahan dari gaya bahasa yang tidak ada duanya.

Keindahan dari Bahasa Arab telah tertuang didalam Al-Qur’an dimana seluruh ayatnya mempunyai gaya bahasa yang sangat unik dan indah.

Baca juga: Keutamaan Bulan Ramadhan

Dimana tidak ada di kitab manapun bahasa seindah bahasa yang ada di Al-Qur’an, sehingga tidak ada yang mampu untuk menandingi atau membuat ayat serupa dengan Al-Qur’an.

Hal tersebut karena setiap ayat Al-Qur’an mempunyai gaya bahasa yang sangat menakjubkan dan tidak pernah bisa dibuat siapapun kecuali Allah Subhanahu Wata’ala.

Allah subhanahu wata’ala berfirman didalam Al-Qur’an:

ﻗُﻞْ ﻟَﺌِﻦِ ﺍﺟْﺘَﻤَﻌَﺖِ ﺍﻟْﺈِﻧْﺲُ ﻭَﺍﻟْﺠِﻦُّ ﻋَﻠَﻰٰ ﺃَﻥْ ﻳَﺄْﺗُﻮﺍ ﺑِﻤِﺜْﻞِ ﻫَٰﺬَﺍ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻟَﺎ ﻳَﺄْﺗُﻮﻥَ ﺑِﻤِﺜْﻠِﻪِ ﻭَﻟَﻮْ ﻛَﺎﻥَ ﺑَﻌْﻀُﻬُﻢْ ﻟِﺒَﻌْﺾٍ ﻇَﻬِﻴﺮًﺍ

Katakanlah, “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa al-Qur’ân ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain. (Al-Israa:88)

Selain merupakan bahasa yang terbaik, Al-Qur’an juga bahasa yang paling mulia, sebagaimana pernyataan dari Ibnu Katsir:

فلهذا أنزلَ أشرف الكتب بأشرف اللغات، على أشرف الرسل، بسفارة أشرف الملائكة، وكان ذلك في أشرف بقاع الأرض، وابتدئ إنزاله في أشرف شهور السنة وهو رمضان، فكمل من كل الوجوه

“Karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan pada Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula di bulan yang mulia yaitu bulan Ramadhan. Dari berbagai sisi itu, kita bisa menilai bagaimanakah mulianya kitab suci Al-Qur’an.”

Manfaat Mempelajari Bahasa Arab

  1. Mudah memahami, mempelajari, menghafalkan dan mengamalkan Al-Qur’an
  2. Mudah memahami, mempelajari, menghafalkan dan mengamalkan Hadist Nabi Shallahu’alahi Wassalam.
  3. Kemudahan dalam mempelajari ilmu dari para ulama
  4. Memudahkan untuk memahami dan meresapi bacaan dzikir
  5. Mempermudah berbagai hal yang berkaitan dengan ibadah dalan agama Islam mulai dari yang terkecil (dzikir) misalnya, sampai yang terbesar seperti umroh maupun haji.
Avatar
Founder and CEO pusatilmupengetahuan.com, saintek.id, layananweb.site, & buatkelas.online. Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...

1 komentar.

Comments are closed.