Koperasi – Pengertian, Tujuan, Jenis dan Prinsip Dasarnya

Diposting pada

Terdapat berbagai jenis badan usaha di Indonesia yang bergerak di bidang ekonomi salah satunya koperasi. Setiap dari badan usaha memiliki prinsip dan tujuannya masing-masing. Yang jelas, setiap badan usaha dibentuk untuk upaya mensejahterakan kehidupan ekonomi secara khusus bagi para anggotanya.

Badan usaha pada umumnya dikelola bersama. Artinya, badan usaha pastilah sebuah organisasi yang terdiri dari banyak anggota. Yang mana masing-masing dari anggota saling bekerja sama untuk menggerakkan badan usahanya.

Salah satu badan usaha yang ada di Indonesia adalah Koperasi. Badan usaha ini dimiliki dan dikelola oleh anggotanya sendiri. Dengan prinsip kekeluargaan, badan usaha ini didirikan guna memperbaiki dan juga meningkatkan taraf ekonomi yang berlandaskan asas tolong menolong.

Pengertian Koperasi

Koperasi adalah badan usaha berbentuk organisasi yang bergerak dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya dijalankan oleh sekumpulan orang untuk kepentingan bersama.

Baca Juga: Apa itu Ekonomi?, berikut penjelasannya.

Landasan berdirinya koperasi adalah pancasila dan undang-undang dasar 1945. Sehingga badan usaha ini harus tunduk dan patuh terhadap ketentuan UUD dan pancasila.

lambang koperasi indonesia
Lambang Koperasi Indonesia

Tujuan Koperasi di Indonesia

Badan usaha yang ada di berbagai daerah di Indonesia ini dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dari para anggotanya. Selain itu, juga ada tujuan lain dari adanya badan usaha ini, yakni sebagai berikut.

  • Membantu memperbaiki taraf kebutuhan ekonomi baik untuk kesejahteraan anggota secera khusus, dan juga kesejahteraan masyarakat secara umum.
  • Membantu pemerintah mewujudkan roda ekonomi yang adil dan makmur bagi masyarakat.
  • Meningkatkan tetanan ekonomi yang lebih baik dan sejahtera di Indonesia.

Jenis Koperasi di Indonesia

Badan usaha yang juga memiliki badan hukum ini, diatur dalam Pasal 4 UU Nomor 25 Tahun 1992. Dalam UU tersebut disebutkan bahwa badan usaha ini dapat berbentuk primer dan sekunder.

Koperasi primer merupakan badan usaha yang didirkan oleh dan beranggotakan orang yang sama. Sedangkan badan usaha yang bersifat sekunder adalah badan usasha yang didirikan oleh dan beranggotakan koperasi. Jenis koperasi ini didasarkan pada kegiatan dan kepentingan dari para anggotanya yang masih bergerak di lingkup ekonomi.

Prinsip Dasar dari Koperasi

Dalam Pasal 5, badan usaha ini melaksanakan prinsipnya dengan cara sebagai berikut:

  • Keanggotaan dari badan usaha ini bersifat sukarela dan terbuka.
  • Pengelolaan berdasarkan prinsip demokrasi.
  • Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dilakukan secara adil dan sebanding dengan besarnya jasa usaha dari masing-masing anggotanya.
  • Modal yang diberikan atas prinsip pemberian balas jasa yang terbatas.
  • Berpsinsip dasar kemandirian.

Untuk menjadi anggota, siapapun bisa bergabung dengan badan usaha ini. Maka pengelolaannya berpegang teguh pada prinsip demokrasi. Penetapan keputusan dalam badan usaha ini juga dilakukan dengan cara bermusyawarah. Bisa juga dengan cara voting suara terbanyak yang berasal dari para anggotanya.

Selain menjalankan prinsip dasar yang diatur dalam pasal tertentu, badan usaha ini juga wajib menerapkan prinsip: pendidikan perkoperasian dan kerja sama antar Koperasi.

Kentungan Jadi Anggota Koperasi

Bagi kamu yang ingin menjadi bagian dari badan usaha ini, maka terdapat banyak keuntungan yang kamu dapatkan di bidang perekonomian. Selain mendapatkan penghasilan, kamu juga diuntungkan dalam hal lainnya.

Setiap anggota badan usaha ini berhak mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU). SHU yang diterima oleh masing-masing anggota juga berbeda. Hal ini karena berdasarkan [ada moda; yang ditanam beserta keuntungan yang diraih dari badan usaha tersebut.

Menjadi anggota bdan usaha ini, kamu berarti menghemat pengeluaran finansial. Sebab terdaftar sebagai anggota, maka kamu berhak untuk mendapatkan barang dengan harga yang lenih rendah.

Selain itu, sebagai anggota Koperasi, kamu bisa memperluas relasi usaha. Sehingga, kamu bisa meningkatkan kualitas secara khusus di bidenag ekonomi dengan lebih baik lagi.

Bagaimana Cara Menjadi Anggota Koperasi?

Badan usaha ini sudah terbukti sebagai baan penggerak kehidupan ekonomi yang mempunyai peran penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bahkan badan ussaha ini sudah terbukti menjadi penyelamat Indonesia saat terjadi krisis moneter di tahun 1998.

Hal ini karena dengan adanya badan usaha yang berpijak pada prinsip demokrasi ini berpengaruh pada taraf hidup masyarakat. Sebab, kalau taraf hidup masyarakat meningkat karena peran badan usaha inii, maka taraf ekonomi pada negara ini juga akan turut terdongkrak.

Demikian informasi mengenai koperasi yang dijelaskan dari berbagai sisi. Apakah kamu tertarik menjadi bagian dari badan usaha ini? Jika iya, maka segeralah untuk bergabung menjadi anggotanya.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.