Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban Pembaharuan Hukum Pidana

Diposting pada

Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban pembaharuan hukum pidana pada fakultas ilmu hukum.

Kumpulan pertanyaan dan jawaban mengenai pembaharuan hukum pidana ini kami rangkum guna memudahkan mahasiswa dalam memahaminya.

Pertanyaan dan Jawaban Pembaharuan Hukum Pidana

1. Apa alasan-alasan yang mendasari perlunya pembaharuan hukum pidana nasional ?

1. Pembaharuan hukum pidana nasional dinilai penting untuk dilakukan karena KUHP (Wvs) yang saat ini masih berlaku di negara Indonesia merupakan hukum peninggalan pada zaman kolonial Belanda.

Dimana termasuk kedalam sistem hukum kontinental (Civil Law System atau Romano Germanic Family). Sehingga didalamnya dipengaruhi berbagai ajaran yang menonjolkan berbagai paham seperti liberalisme dan individualisme.

2. Terbentuknya lebih dari satu sistem hukum pidana yang berlaku pada sistem pidana nasional. Hal ini terjadi karena perkembangan hukum pidana yang ada diluar KUHP (baik berupa pidana khusus atau administrasi) telah menggeser posisi sistem hukum pidana pada KUHP.

2. Alasan perlunya pembaharuan di bidang hukum pidana yaitu ?

Ada beberapa alasan kenapa pembaharuan di bidang hukum pidana itu perlu untuk dilakukan yaitu:

  1. Mengetahui tujuan yang sifatnya politik, dimana suatu rancangan undang-undang Negara Indonesia yang secara nasional mencakup berbagai aspek masyarakat dalam kaitannya dengan keanekaragaman bangsa sesuai dengan pancasila.
  2. Mengenali aspek yang berkaitan dengan pembaharuan hukum pidana di bidang sosiologis yang meninjau berbagai perubahan yang terjadi berdasarkan nilai-nilai dari kebudayaan yang terkandung didalamnya. Dimana didalam kebudayaan tersebut juga mengandung pandangan kolektif dari masyarakat mengenai nilai-nilai yang berlaku.
  3. Pembaharuan hukum pidana ini dinilai jauh lebih praktis, sehingga dapat dengan mudah untuk disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat.

3. Apa yang dipersiapkan dalam perubahan ilmu hukum pidana ?

  1. Merubah ide dasar dan pokok pemikiran dari ilmu hukum pidana yang lama. Sehingga bukan hanya sekedar merubah teks, redaksi dan berbagai pasal  yang berasal dari KUHP peninggalan Belanda (WetBook van Strafrecht).
  2. Dalam proses penyusunannnya harus sesuai dengan asas keseimbangan. Hal ini penting karena konsep KUHP tidak akan bertemu jika ditinjau dari kepala yang bersifat individualisme dan liberalisme.
  3. Mengganti KUHP, RUU KUHP dan undang-undang pelaksanaan pidana.
  4. Mempersiapkan KUHP nasional yang akan menggantikan posisi Wvs, sehingga akan menggeser hukum pidana pembalasan menjadi hukum pidana manusiawi.

4. Apa yang diharapkan pembaharuan budaya hukum masyarakat (legal culture reform) dan pembaharuan struktur atau perangkat hukumnya (legal structure reform) ?

  1. Bekerja atau berfungsinya berbagai badan, lembaga, atau aparat penegak hukum dalam menjalankan kewenangan atau fungsinya masing-masing dalam penegakan hukum.
  2. Sistem penyelenggaraan administrasi atau fungsional operasional dari berbagai struktur atau profesi penegak hukum dapat berjalan dengan baik.
  3. Mewujudkan berbagai nilai budaya hukum yang didalamnya mencakup asas-asas hukum, filsafat hukum, teori hukum, ilmu hukum, dan kesadaran perilaku hukum.

5. Bagaimana cara mengganti total kodifikasi hukum pidana pada pembaharuan universal, total atau menyeluruh ?

  1. Memperbaiki perundang-undangan yang selama ini dinilai mempunyai titik kelemahan atau tidak memenuhi rasa keadilan oleh masyarakat
  2. Membuat undang-undang baru untuk menggantikan undang-undang lama yang memiliki kelemahan
  3. Penelitian mendalam oleh ilmuwan atau akademisi terhadap undang-undang yang bermasalah
  4. Penemuan hukum yang dilakukan oleh para hakim sebagai penegak hukum.

Baca Juga: Kumpulan Pertanyaan dan Jawaban Penelitian Hukum dan Statistik

6. Jelaskan makna atau pengertian dan ruang lingkup “pembaharuan hukum pidana” ?

Secara bahasa atau etimologi pembaharuan bermakna hal lama yang sedang dalam proses diperbaharui.

Pengertian pembaharuan hukum pidana adalah suatu upaya yang dilakukan dengan meninjau dan membentuk kembali hukum pidana sesuai dengan perkembangan nilai sosio-politik dan sosio-kultural dari masyarakat.

Ruang lingkup pembaharuan hukum pidana meliputi pembaharuan struktural hukum pidana, pembaharuan substansi hukum pidana, dan pembaharuan budaya hukum pidana.

7. Jelaskan identifikasi berbagai masalah yang muncul dilihat dari sudut pembaharuan hukum pidana ?

Munculnya berbagai kejanggalan yang terjadi pada beberapa undang-undang yang diperbaharui sehingga menimbulkan permasalahan di tengah-tengah masyarakat. Salah satu masalah yang timbul adalah masalah administratif perpajakan yang ada di kalangan industri masyarakat.

8. Bagaimana pembaharuan sistem hukum pidana yang dilakukan untuk mengatasi masalah pembaharuan hukum pidana?

Untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul akibat sistem hukum pidana yang diperbaharui adalah dengan mengganti atau merevisi berbagai undang-undang yang terkait tersebut.

Selain itu, dapat dilakukan juga dengan melakukan diskusi secara terbuka dengan golongan masyarakat yang tidak setuju dengan kejanggalan dari perbaharuan hukum tersebut.

9. Jelaskan yang dimaksud dengan ide dasar keseimbangan dalam pembaharuan hukum pidana ?

Ide dasar keseimbangan dalam pembaharuan hukum pidana merupakan suatu asas atau pokok pemikiran yang mendasari adanya keseimbangan yang berkaitan erat dengan pembaharuan hukum pidana.

10. Sebutkan pendapat Barda Nawawi Arief dalam pembaharuan hukum pidana yaitu ?

Menurut Barda Nawawi Arif pada hakikatnya pembaharuan hukum pidana merupakan suatu bagian dari upaya rasional dalam mengefektifkan suatu penegakan hukum dengan cara memperbaiki 3 aspek utama yaitu: legal substance, upaya menanggulangi kejahatan dengan cara yang rasional, dan mengatasi masalah sosial yang bisa diselesaikan dengan hukum secara rasional.

Demikian penjelasan mengenai kumpulan Pertanyaan dan Jawaban Pembaharuan Hukum Pidana.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.