Latihan Soal Psikotes TNI – impian kebanyakan para pemuda dan pemudi Indonesia ialah menjadi selalu satu anggota TNI. Namun untuk menggapainya tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Menggantungkan mimpi setinggi mungkin memang hal yang tak salah, tetapi semuanya membutuhkan usaha dan kerja yang luar biasa juga. Baca Juga: Tes Verbal (Pengertian, Jenis dan Contoh Soal)

Bahkan serangkaian tes pun akan sobat lalui terlebih dahulu yakni salah satunya psikotes TNI. Nah jika kalian saat ini lagi berjuang menggapai cita-cita menjadi seorang TNI, maka menyimak secara runtut artikel ini adalah pilihan yang tepat. Yuk simak ulasan lengkap terkait latihan soal psikotes TNI!

Apa Itu Soal Psikotes TNI?

Biasanya ketika anda memtuskan untuk berjuang menjadi anggota TNI maka setidaknya ada 3 tipe tes yang harus di jalani. Ketiga tes tersebut diantaranya ada tes akademik, tes jasmani atau samapta dan tes psikologi atau yang lebih dikenal psikotes.

Pelaksanaan tes psikotes ini pun bertujuan untuk mengukur dari segi aspek individual calon TNI secara psikis yang bisa berupa tulisan, visual atau bisa juga secara verbal dalam hal mengukur fungsi kognitif dan emosional.
Selain dari juga untuk mengukur berbagai kemungkinan dari berbagai jenis kemampuan yang dimiliki secara mental dan hal lainnya yang mendukung.

Dalam tes psikotes TNI sendiri akan di bagi menjadi dua tahap, pertama tes tulis yang dilakukan di Panda masing-masing dan kedua ada tes wawancara di Pusat.

Semuanya sama pentingnya, jadi sobat semua harus benar-benar mempersiapkan segalanya secara matang dan maksimal agar hasil yang di dapat juga memuaskan.

Poin Isi Tes Psikotes TNI

Ada empat poin yang pasti akan di ujian dalam tes psikologi yakni:
• Faktor kecerdasan berupa kecerdasan umum, kemampuan verbal, kemampuan abstrak di kemampuan praktis.
• Faktor kepribadian meliputi pengendalian diri, penyesuaian diri, prososial, dan kepercayaan diri.
• Faktor minat juga terdapat pelayanan sosial, kebenaran, humanisme, demokratis, adil dan prosedural.
• faktor kerja meliputi ketelitian, daya tahan dan kecepatan.

Dari empat poin di atas terkait penilaian akan di tentukan pihak penyelenggara dengan rentang hasilnya dimulai angka 0 hingga 100. Untuk dapat lolos tes psikotes TNI sobat harus memperoleh nilai di atas 61 ke atas dan dinyatakan memenuhi syarat. Sebaliknya jika memperoleh nilai dibawah 60 akan dinyatakan tidak memenuhi syarat.

– Rentang nilai 0 – 40 (kategori kurang sekali)
– Rentang nilai 41 – 60 (kategori kurang)
– Rentang nilai 61 – 80 (kategori cukup)
– Rentang nilai 81 – 100 (kategori baik)

Jenis Soal Tes Psikotes TNI

1. Tes Psikologi untuk Kemampuan Verbal

Pertama yang di jumpai pada jenis tes psikologi kemampuan verbal ialah bisa berupa sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), analogi dan korelasi makna.

Tujuan dari tes ini ialah untuk mengetahui kemampuan dalam menghadapi suatu kondisi dan untuk penilaian seberapa jauh dapat menebak dan memahami sebab-akibat dari masalah.

Tipsnya anda harus banyak mengingat kosakata dan artinya. Soalnya pun terdiri dari 40 soal lengkap dari antonym, sinonim dan analog dari suatu kata.

2. Tes Psikotes Wartegg

Tes Psikotes Warteg sendiri di temukan oleh Ehrig Wartegg yang merupakan psikolog dari Jerman. Tujuan tes ini mengetahui karakter yang ada dalam diri calon TNI. Mulai dari kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi maupun kemauan.

Anda akan di berikan kertas yang berisi 8 kotak yang terdiri dari pola-pola berbeda, seperti dari garis lengkung hingga titik. Tugasnya ialah menggambar dari lanjutan pola-pola yang tersedia sesuai dengan imajinasi dan kreativitas.

Yang mesti di usahakan ialah melakukannya sesuai urutan gambar 1,2,3 dan seterusnya 8 dari kiri ke kanan. Disini hal yang mesti di hindari ialah menggambar kotak ke 5 (dibawah kotak atas pertama dari kiri) sebagai pilihan pertama. Hal ini akan membuat penguji menganggap anda memiliki kelainan pada orientasi seksual.

3. Tes Psikotes Logika Aritmatika

Dalam tes ini biasa terdiri atas deret angka. Dengan tujuan untuk mengukur kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola tertentu yakni dalam wujud deret angka.

Tipsnya kalian jangan terlalu terpaku dengan deret hitung atau deret ukur dari perhitungan matematika saja. Sebab biasanya deret tersebut secara keseluruhan ialah pola yang urutan, pengelompokkan berurutan atau pengelompokan loncat.

Ingat juga dengan waktu yang di berikan untuk dimanfaatkan sebaik mungkin.

4. Tes Psikologi Logika Deret Gambar (Penalaran)

Konsep tes logika deret gambar sebenarnya hampir sama dengan tes sebelumnya. Akan tetapi yang membedakannya terletak pada penggunaan media gambar yang digunakan ialah 3 atau 2 dimensi.

Kunci dalam jenis tes psikotes TNI satu ini ialah konsentrasi dengan memperhatikan secara jelas pola-polanya. Apalagi melewatkan detail kecil-kecil yang ada baik itu penempatan titik atau pun perputaran warna.

5. Tes Kraeplien /Pauli (Koran)

Jenis tes kraeplien ini sebenarnya cukup masuk kategori mudah yakni tes perhitungan sederhana berupa melakukan penjumlahan deretan angka-angka mulai dari 0-9 yang tersusun secara vertikal.

Angka-angka yang tersebar terbilang cukup banyak, tipsnya kerjakan dengan tempo yang kamu kuasai dan yang terpenting kecepatan tempo dalam mengerjakannya konsisten.

6. Tes Menggambar Orang/Menggambar Pohon

Pada jenis tes psikotes TNI kali ini penguji akan meminta kalian menggambar pohon di kertas ukuran A4. Untuk pohon yang diminta ialah pohon yang memiliki ranting.

Nah begitu pun ketika diminta menggambarkan orang yang dinilai pun ialah dari sisi karakter dan kepribadian anda. Jadi sebisa mungkin menggambar manusia proposional dan lengkap dengan anggota tubuh serta komposisi wajah yang seimbang.

7. Tes Psikotes Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Dari banyaknya tes di atas ini termasuk yang paling mudah. Tujuan di diadakannya tes EPPS ini ialah untuk mengetahui kepribadian dan karaktes sobat dengan detail.

Walaupun mudah anda jangan pernah menjawab asal-asalan karena yang di lihat berupa konsistensi dalam menjawab soal.

Tipsnya usahakan anda menjawab semua pertanyaan yang ada walaupun tidak sesuai dengan kepribadian. Pada tes ini lah nantinya akan menjadi bahan acuan seperti apa suasana kerja yang tergambar baik budaya maupun sistem yang di berlakukan.

Jadi bagaimana sobat PusatIlmuPengetahuan, apakah sudah dirasa paham terkait Latihan Soal Psikotes TNI beserta tips menjawabnya? Kemudian jika di rasa artikel di atas bermanfaat dan membantu anda. Anda baiknya menyebarkan kebaikan demi solusi bagi yang lain. Serta kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan kedepannya. Kurasa cukup sekian dan ucapkan terimakasih.

Bagikan: