pentingnya menjaga lisan

Lisan Yang Tak Terjaga – Bahaya dan Akibatnya

Diposting pada

Lidah tidak memang tak bertulang tetapi berdaging namun, ketajaman lidah bisa melebihi pisau yang baru saja diasah. Seperti pisau, jika salah digunakan akan melukai orang lain, dan jika digunakan dengan baik, akan menimbulkan manfaat. Ketika lisanmu tak terjaga, apakah hatimu tenang, akankah hatimu nyaman? tentunya tidak.

Berikut ini adalah beberapa akibat dan bahaya lisan yang tak terjaga:

1. Membuat Orang Lain Sakit Hati

Lisan yang baik adalah lisan yang memilah kalimat yang akan di ungkapkan. Lidah yang baik adalah lidah yang terjaga dari berbagai ucapan yang tidak menimbulkan manfaat.

Orang akan merasa tersakiti oleh perkataan yang menyakitkan, jadi sebaiknya perbaikilah lisan. Lidah itu sangat berbahaya, sebelum berkata sebaiknya berfikir terlebih dahulu.

Orang yang sakit hati terhadap perkataan orang lain akan merasa sedih, dia merasa ditusuk oleh pisau tajam dan juga duri-duri tajam bisa saja ia meneteskan air mata. Jika dia adalah orang yang kuat maka ia masih mampu untuk menahan air matanya.

Perkataan yang menyakitkan juga menimbulkan bekas dikepala sekaligus di hati, yang sulit di lupakan walau sudah memaafkan ibarat kaca yang pecah lalu diperbaiki lagi, maka tentunya tak akan sempurna seperti sediakala.

Mulai sekarang, jaga lisan! pergunakan lisanmu dengan baik.

2. Tak Disukai Banyak Orang

Dulunya, mungkin baik-baik saja namun sekarang karena lidah yang tak terjaga dan lisan yang berbahaya, orang tidak menyukaimu. Salahkah kamu? tentu.

Jika dilogikakan, sesorang yang merasa tersakiti dengan lisanmu akan berbeda sikapnya denganmu, walau sifatnya baik, ramah, dan sabar jika dia merasa sangat tersakiti oleh tajamnya lisanmu dia tidak suka lagi kepadamu. Bahkan orang yang kamu sayang, jika dia sudah tau ketajaman lidahmu, dia mungkin tidak suka lagi kepadamu.

Diam jauh lebih baik, daripada berkata sadis, dan melukai hati orang lain. Sadarlah, pada dasarnya kebaikan itu indah, dan Ketajaman lidah bukanlah sebuah kebaikan.

Jadi jangan sekali-kali  lisanmu berkata seenaknya kepada orang lain, itu sangat merugikan orang lain.

3. Dijauhi Banyak Orang

Dijauhi oleh orang lain pastinya tidak enak, semua orang terdekatmu mungkin saja menjauhimu hanya karena lisanmu yang tak terjaga, karena lidahmu yang tak bisa dikendalikan, sakit bukan? tentu sakit sama sakitnya ketika seseorang merasa tersakiti dengan perkataanmu.

Orang yang merasa tersakiti dengan lisanmu, dengan lidahmu, dia akan menjauhimu, selain ingin membuatmu sadar juga ingin membuatmu berubah. Tetapi terkadang ada juga yang menjauhimu karena dia merasa sangat tersakiti.

Dijauhi orang lain tentulah tidak enak, terkadang juga menyebabkan stres, tetapi jika kamu menyakiti orang lain lewat lisanmu itu,  orang lain juga akan terus saja memikirkan apa yang kamu ucapkan, jika sudah terlalu  pusing, mereka akan stres.

4. Menimbulkan Dendam

Dendam itu menyakitkan, Seseorang yang menyimpan dendam kepadamu, mungkin saja dia sudah merasa lelah dengan perkataanmu, dengan lidahmu! Ada yang melontarkan dendam secara langsung, maupun lewat sosial media, ada juga yang tidak langsung dan menyimpan dendamnya dalam lubuk hatinya yang paling dalam. Terkadang yang menyimpan dendam di dalam lubuk hatinya, dia mungkin tidak tega mengatakannya kepadamu. Jika dia menyatakan dendamnya secara langsung, mungkin dia adalah orang yang pemberani.

Dendam, mungkin dia akan balas berkata yang menyakitkan kepadamu, atau mungkin bisa jauh lebih dari itu. Bisa saja dia dendam dan berlaku kasar kedapamu. Walaupun hanya karena perkataan, tetapi mereka menilai perkataanmu, perkataan adalah salah satu cerminan dari dirimu,  mulai sekarang sebaiknya belajar untuk menjaga lisan!

5. Menimbulkan Perdebatan

Perdebatan adalah suatu hal yang menimbulkan konflik batin. Ada juga yang menimbulkan konflik perkelahian. Jika salah mengunakan lidah untuk berbicara, seseorang dan kamu bisa saja berdebat. Yang satu ingin mempertahankan perkataannya, begitu juga dengan yang lainnya. Sama-sama ingin mempertahankan perkataannya, walaupun salah satu benar dan salah satunya salah, lalu bagaimana ?

Sebaiknya jika sudah terjadi pedebatan kamu yang seharunya mengalah, akui jika perkataanmu menyakiti hati orang lain, jika lidahmu tak terjaga, katakan padanya, kamu akan berubah, akan belajar mengunakan lisan dengan baik, akan belajar berkata baik dan tidak menyakiti hati orang lain.

Meminta maaflah, karena meminta maaf terkadang menjadi hal yang sulit dilakukan oleh sebagian orang, mengucapkannya terkadang sangat berat, tetapi jika kamu berani meminta maaf  kamu adalah orang yang hebat,  kamu juga harus  membuktikan dari lisan dan juga perbuatan, dengan begitu perdebatan akan berakhir, yang salah akan tetap salah dan yang benar akan benar, sekuat apapun mengenggam kesalahan, kesalahan itu akan lepas dan membawa kebenaran yang sesungguhnya.

6. Membuat Orang lain Tak Lagi Percaya Denganmu

Kepercayaan adalah hal terpenting dalam sebuah komunikasi dan juga hubungan sosial. Karena lisan yang tak terjaga seseorang justru tidak akan percaya lagi kepadamu, mungkin dia kapok, tidak ingin lagi berbicara denganmu.

Jika orang lain tidak percaya kepadamu, kamu seperti tidak ada haraganya di mata mereka, walaupun satu kesalahan saja, orang menilai dari kesalahan orang lainya. Orang juga menilai orang lainya lewat perkataan orang  lain.

Jika orang lain sudah tidak percaya dengan kamu, sulit sekali mengembalikan kepercayaan mereka, perlu usaha dan perjuangan. Jika orang lain tidak percaya kepadamu, kamu berbicara apapun mungkin dia tidak akan percaya, jika menurut logika memang benar, kepercayaan bukan untuk di mainkan.

Kesempatan memang sering datang berkali-kali, tetapi jika di sia-siakan akan sangat merugi. Sekali dapat di percaya, jika berkali-kali tidak bisa percaya lagi, selain sakit hati, tidak di percayai juga sangat menyakitkan, bayangkan… ketika kamu terluka oleh lisan orang lain apa kamu  akan percaya dari dia?

Lisan adalah cerminan diri. Jika orang lain sudah tau lisanmu, mungkin saja dia akan mudah menyimpulkan keseluruhan dirimu itu seperti apa. Tetapi terkadang menilai orang tidak harus melalui lisan, melalui sifat dan perilaku juga perlu. Berubah jadi baik itu indah lohh! yuk, berkata baik sekaligus menjaga lisan. Buatlah dirimu menjadi pribadi baik dan menyenangkan.

7. Dibenci Banyak Orang

Jika lisanmu tak terjaga dan berbahaya, kamu akan dibenci orang lain. Di benci itu menyakitkan, jika seseorang membencimu karena lisan yang tak terjaga, dan juga perkataan yang bahaya itu mungkin karena seseorang itu sangat lelah denganmu, sudah bosan dengan perkataanmu yang tak pernah kamu jaga, mungkin juga mereka sangat menyimpan dendam.

Walau kamu sudah meminta maaf, tetapi seseorang itu tetap membecimu, mungkin dia merasa sudah kecewa, sudah sakit hati, dan sudah benar-benar hancur.

Di benci itu memang sakit,  lebih sakit dari pada mendapat perkataan yang bahaya, yang tak terjaga, sekaligus menyakitkan.

Benci, menimbulkan perselisihan, menimbulkan dendam, menimbulkan konflik dan amarah, bahkan dapat menimbulkan hal-hal buruk yang tak seharusnya di lakukan.  Jika orang lain sudah membencimu dia mungkin akan acuh, tidak peduli denganmu, menganggapmu remeh, menganggapmu paling rendah dan tidak menyukaimu. Jika sudah begitu , sakit bukan? Jadi jangan sekali-kali berkata kasar dan memainkan lidahmu dengan tajam.

8. Membuat Orang Lain Marah

Marah, hal yang mungkin sudah dilakukan semua orang. Semua orang pasti pernah marah, walau hanya sekali, dua kali.

Jika lidahmu tak terjaga dan mengeluarkan perkataan yang menyakitkan, sesorang akan marah kepadamu. Mungkin ada yang langsung marah, ada yang marah dalam diam. Mungkin seseorang marah dengan tujuan, ingin menyadarkanmu, dan juga sangat kecewa kepadamu, jika seseorang sudah marah, jangan marah balik, netralkan meminta maaflah, karena memang kamu yang salah.

Membuat orang lain marah karena lisan juga termasuk suatu kesalahan. Marah tidak akan menyelesaikan masalah, sebesar apapun masalahmu jika kamu salah dan marah, itu akan menyebabkan konflik semakin membesar, miris sekali.

Mulai sekarang, yuk belajar berkata baik, juga menjaga lisan. Lidahmu berbahaya, jika tidak terjaga akan menimbulkan banyak kerugian! dan jika kamu berbicara baik kepada semua orang kamu akan mendapat manfaat, kamu akan disenangi orang lain, dipercaya dan orang lain akan menilaimu baik.

Avatar
Founder and CEO pusatilmupengetahuan.com, saintek.id, layananweb.site, & buatkelas.online. Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...