Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Diposting pada

Setelah sebelumnya membahas pengertian kebutuhan manusia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas macam-macam kebutuhan manusia.

Macam-macam kebutuhan manusia beranekaragam antara manusia yang satu dengan yang lainnya.

Baca juga: Pengertian Kebutuhan Manusia

Pengelompokkan macam-macam kebutuhan manusia dapat terbagi berdasarkan intensitas kegunaan, bentuk dan sifatnya, waktu pemenuhan, maupun menurut subjeknya. 

1. Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas Kegunaan

Kebutuhan manusia menurut intensitas (tingkat) kegunaannya dapat diukur dengan cara prioritas atau ukuran tingkatan yang paling penting pada suatu kebutuhan tertentu.

kebutuhan menurut intensitasnya sendiri dapat bersifat relatif dan berbeda-bedaantara satu orang dengan orang yang lainnya.

Semua itu tergantung pada pendapatan, kepentingan, tingkat pendidikan, lingkungan, dan keadaan sosial budaya pada suatu daerah setempat. 
Macam- macam kebutuhan manusia menurut intensitasnya yaitu: 

1. Kebutuhan Primer (Pokok)

Kebutuhan primer (pokok) adalah suatu kebutuhan minimal pada manusa yang mutlak harus dipenuhi untuk dapat hidup sebagai layaknya seorang manusia.

Tahukah Anda apa saja yang termasuk kedalam kebutuhan yang satu ini? Kebutuhan primer sendiri dapat meliputi minuman, makanan, pakaian, maupun tempat tinggal.

Di dalam hal kebutuhan makanan (asupan), untuk hidup sehari-hari dibutuhkan rata-rata 2.100–2.500 kalori perharinya, sesuai dengan umur dan berat badan.

Sedangkan untuk kebutuhan manusia di rumah, masalahnya bukan hanya ada tidaknya sebagai tempat untuk berteduh, melainkan juga harus adanya sumber air bersih, penerangan listrik, tempat mandi, sanitasi, buang air, keamanan, dan lain sebagainya. 

Demikian pula dalam hal pakaian, setidaknya baju yang digunakan haruslah layak. Pada arus perkembangannya kebutuhan primer ini juga dapat menyangkut kebutuhan manusia dalam hal pendidikan.

Sebab dengan adanya pendidikan, orang dewasa akan mempunyai keterampilan di bidang tertentu sebagai bekal untuk dapat mencari nafkah sendiri. 

2. Kebutuhan Sekunder (Tambahan)

Manusia merupakan suatu makhluk yang mempunyai budaya dan bermasyarakat, sehingga keberadaannya sendiri dapat menuntut kebutuhan yang lainnnya selain kebutuhan primer.

Kebutuhan yang harus dipenuhi setelah adanya kebutuhan primer disebut juga dengan kebutuhan sekunder (tambahan). 

Kebutuhan sekunder sendiri berkaitan erat dengan berbagai faktor lingkungan hidup dan tradisi di masyarakat serta berbagai faktor psikologis lainnya.

Orang yang memiliki sebuah kedudukan di masyarakat seringkali merasa dirinya harus mempunyai kebutuhan tertentu agar dirinya dipandang layak oleh masyarakat lainnya. Misalnya sepatu bermerek, pakaian pesta, komputer, sumbangan atau sedekah dan lain sebagainya. 

3. Kebutuhan Tersier

Setelah kebutuhan pokok (primer) dan kebutuhan tambahan (sekunder) tersebut telah terpenuhi kemudiann akan muncul adanya kebutuhan tersier (barang mewah) untuk manusia penuhi.

Kebutuhan tersier sendir umumnya jauh lebih terarah pada tujuan untuk mempertinggi prestise (status sosial) seseorang atau terkait di masyarakat dengan sebuah hobi dan kegemarannya tertentu.

Contoh dari kebutuhan tersier adalah perhiasan, mobil mewah, vila, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Menurut Bentuk dan Sifatnya 

Menurut bentuk dan sifatnya sebagai kebutuhan, kebutuhan manusia dapat dibagi menjadi: 

1. Kebutuhan Jasmani 

Kebutuhan jasmani (materil) dibutuhkan sebagai pemenuhan keperluan jasmani (raga) manusia. Kebutuhan ini misalnya pakaian bersih, makanan sehat, olahraga,tempat berlindung, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Rohani 

Kebutuhan rohani (spiritual) dibutuhkan manusia untuk dapat memenuhi keperluan rohani (jiwa atau pikiran) manusia. 

Apabila kebutuhan rohani tersebut telah dipenuhi maka seseorang akan mendapatkan sebuah kepuasan batin.

Contoh kebutuhan rohani diantaranya adalah ibadah, pendidikan, dan rekreasi. 

3. Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhan

Pembagian kebutuhan manusia menurut dasar waktu dibagi menjadi: 

1. Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi pada saat ini (waktu sekarang) dan harus harus segera didahulukan dibandingkan kebutuhan lainnya. Contoh dari kebutuhan sekarang misalnya minum, makan, dan kesehatan. 

Kebutuhan sekarang sendiri bersifat rutin dan barang yang dibutuhkan sebagian besarnya merupakan barang- barang kebutuhan primer (pokok) yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dari setiap manusia.

Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang sudah tidak dapat lagi ditunda atau mempunyai sifat mendesak.

Misalnya manusia membutuhkan obat pada saat ia sedang sakit, payung di dibutuhkan saat turun hujan, dan makanan ketika seseorang merasa lapar. 

2. Kebutuhan Masa Depan

Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan manusia yang didalam pemenuhannya sendiri telah dipersiapkan dari jauh-jauhhari sebelumnya.

Misalnya kebutuhan untuk mempunyai rumah sendiri atau pendidikan anak dan lain sebagainya.

Pemenuhan kebutuhan masa depan sendiri biasanya dapat dilakukan dengan cara menabung. 

3. Kebutuhan Tidak Terduga 

Kebutuhan ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan bersifat insidentil (kadang- kadang terjadi).

Misalnya, kebutuhan yang didalamnya bantuan untuk saudara-sadara yang sedang tertimpa musibah dan biaya dalam pengurusan kejadian kecelakaan.

4. Kebutuhan Sepanjang Waktu

Kebutuhan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan boleh juga dikatakan sepanjang waktu selama manusia hidup. Salah satu contoh dari kebutuhan ini adalah menuntut ilmu atau belajar. 

Pada saat ini, belajar atau mencari ilmu termasuk kedalam kebutuhan pokok bagi manusia dan dibutuhkan oleh manusia sepanjang hidupnya. Untuk itu, manusia membutuhkan adanya pendidikan selamanya.

4. Kebutuhan Menurut Subjek

Penggolongan kebutuhan subjek adalah penggolongan berdasarkan pada siapa yang membutuhkan. Dapat dibagi menjadi:

1. Kebutuhan Perorangan (Individu)

Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap orang. Kebutuhan antara orang yang satu dengan orang yang lainnya berbeda-beda.

Contohnya kebutuhan seorang anak pastinya berbeda dengan kebutuhan orang yang sudah dewasa, kebutuhan seorang nelayan berbeda dengan kebutuhan seorang petani, atau kebutuhan para pelajar berbeda dengan para karyawan. 

2. Kebutuhan Kelompok

Kebutuhan kelompok adalah suatu kebutuhan manusia yang dibutuhkan oleh sekelompok orang secara bersama-sama, misalnya sebuah masyarakat yang hidup di dalam satu desa atau kota. 

Kebutuhan kelompok yang berwujud (dapat dilihat secara langsung) misalnya jembatan, jalan, listrik, angkutan umum dan lain sebagainya. 

Kebutuhan kelompok yang tidak mempunyai wujud misalnya ketertiban, keamanan, kebersihan umum, dan sebuah kemenangandalam sebuah pertandingan. 

Berbagai kebutuhan kelompok tersebut dapat diselenggarakan oleh masyarakat secara umum, dengan jalan usaha bersama baik dibiayai oleh pemerintah maupun tidak. 

Demikian penjelasan mengenai macam-macam kebutuhan manusia, semoga dapat bermanafaat.

Avatar
Founder and CEO pusatilmupengetahuan.com, saintek.id, layananweb.site, & buatkelas.online. Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...