Macam-Macam Rencana Orang Setelah Tamat Sekolah-2

Macam-Macam Rencana Orang Setelah Tamat Sekolah

Diposting pada

Saat ini, anak-anak kelas tiga SMA/SMK sudah memasuki tahun terakhir belajar disekolah. Libur panjang telah usai, semester genap sudah didepan mata.

Sebentar lagi kalian akan dihadapi banyak ujian. Seperti UTS, US, Ujian Praktek, Ujian Kejuruan dan UNBK. Bahkan setelah UNBK selesai, bagi kamu yang akan masuk perguruan tinggi. UTBK akan berlangsung kurang lebih dua minggu setelah itu. Hayo, sudah sejauh mana persiapanmu? mari perbanyak belajar dan kurangi kegiatan yang tidak bermanfaat. Jika  kalian tidak bisa lepas dari smartphone, gunakanlah dengan bijak. Contohnya dengan membuka situs ini untuk menambah pengetahuan dan wawasanmu.

Lulus sekolah tinggal beberapa bulan lagi. Jika kalian sudah jadi pelajar tingkat akhir, mustahil jika kalian tak sedikitpun terpikir “setelah lulus mau kemana ya?” pasti kalimat itu akan muncul di benak kalian.

Bagaimana denganmu? Apa kamu sudah merncanakannya sejak dulu? Apakah kamu termasuk orang yang masih bingung dan resah dengan rencana setelah tamat sekolah? teman-temanmu yang lain sudah membuat perencanaan dengan matang. Sedangkan kamu masih bingung dengan rencana hidupmu sendiri. Bimbang antara kerja atau kuliah, ada keinginan gapyear tapi orangtua menuntut kuliah, ingin kuliah tapi terbentur keadaan ekonomi. Atau, kamu punya masalah lain hingga membuatmu resah setelah tamat ingin kemana dan mengerjakan apa? simaklah beberapa macam rencana orang setelah tamat berikut ini, mungkin kamu bisa menentukan keputusanmu.

1. Jadi Mahasiswa

Rencana ke-1 Orang Setelah Tamat Sekolah

Biasanya orang-orang seperti ini sangat disibukkan dengan yang namanya belajar. Untuk masuk ke PTN favorit mereka harus berjuang keras, karena persaingannya sangat ketat.

Selain belajar, orang-orang yang ingin jadi calon mahasiswa juga sibuk try out di berbagai tempat, mencari-cari informasi tentang beasiswa, serta masuk ke grup-grup yang berhubungan dengan UTBK SNMPTN&SBMPTN.

Jika kamu ingin kuliah, mulailah fokus belajar untuk tes masuk perguruan tinggi tersebut, mulailah rajin membaca dan latihan soal SBMPTN. Manfaatkan dan bagilah waktumu sebaik mungkin. Karena akan banyak ujian yang kamu hadapi selama empat bulan kedepan. Jangan hanya terfokus dengan satu jenis ujian, UTBK tak boleh diremehkan dan harus jadi prioritas. Kamu tidak hanya akan bersaing dengan teman seangkatanmu. Banyak kakak tingkatmu yang gap year dan ikut tes lagi tahun ini. Jika kamu tidak menyiapkannya dengan matang, bukankah peluang lulus tes akan kecil?

2. Ingin Berkerja

Rencana ke-2 Orang Setelah Tamat Sekolah

Kebanyakan orang memilih bekerja karena beberapa alasan. Salahsatunya ingin mencari penghasilan sendiri tanpa membebani orangtua lagi.

Biasanya, orang-orang yang ingin kerja sibuk mencari informasi tentang lowongan kerja. Entah itu lewat iklan yang tersebar di koran, brosur, radio&televisi. Juga bisa lewat media online seperti masuk grup pencari loeongan kerja, mengikuti akun-akun instagram yang menyediakan lowongan kerja. Atau yang lebih sering ditemui, mereka akan membuat status “Butuh info loker nih.”

Kalian akan melalui fase tersebut jika kalian ingin kerja, mulailah berlatih menulis surat lamaran kerja dengan baik, hal ini jangan disepelekan. Karena menjadi syarat penting jika ingin diterima kerja.

| Baca Juga: Mau Jadi Konten Kreator?, Kamu Wajib Tahu Ini! | 10 Tips Cara Berteman dengan Baik | Selamat Tinggal UN, Yuk Tingkatkan Semangat Belajar!

3. Membuka Usaha

Rencana ke-3 Orang Setelah Tamat Sekolah

Ada juga beberapa orang yang tidak ingin melanjutkan pendidikan, karena sudah jenuh  sekolah selama 12 tahun. Selain itu ada juga orang yang tidak nyaman berada dilingkungan kerja, karena mereka pikir pasti akan bekerja dibawah tekanan. Membuka usaha sendiri adalah solusi yang paling tepat untuk kamu yang berjiwa bebas seperti ini. Walaupun bebas, santai dan tanpa tekanan. Kalian sebagai calon pebisnis harus tetap mengendalikan bisnismu dengan baik, demi kelangsungan bisnismu.

Ada beberapa orang yang meneruskan bisnis dari keluarga dan merintis sendiri. Jika kamu bukan dari keturunan pengusaha dan masih bingung untuk membuat usaha apa.  Segera temukan peluang usaha yang tepat dilingkunganmu. Misalnya tempat tinggalmu jauh dari konter pulsa. Bukalah konter agar mempermudah penduduk disana. Atau mungkin lingkunganmu didominasi oleh anak kecil, membuka usaha toko mainan dan jajanan adalah peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Peluang bisa ditemukan dengan mudah, asal kamu pandai membaca peluang dari setiap situasi dan kondisi yang ada.

4. Gap Year

Ada dua tipe orang gap year (menganggur setahun).

Yang pertama, gap year yang tidak disengaja. Orang memilih keputusan gap year ini diambil diluar ekspektasi mereka. Biasanya karena gagal masuk PTN favorit dan enggan memilih masuk PTS karena biayanya mahal. Mereka lebih memilih gap year walaupun keputusan itu awalnya berat.

Yang kedua adalah gap year yang disengaja. Mereka sudah memilih keputusan ini sejak awal. Biasanya orang-orang seperti ini ingin mengisi waktu ‘menganggur’ nya dengan bekerja dan membuka usaha untuk mengumpulkan biaya kuliah. Dan tahun depannya mereka akan ikut tes.

Gap year tidak selamanya buruk seperti pandangan orang-orang. Ada beberapa sisi positif dari gap year yang tidak terpikiran oleh orang lain, yaitu.

  • Punya waktu belajar lebih banyak.
  • Bisa digunakan untuk mendalami passion.
  • Bisa digunakan untuk bekerja & buka usaha.
  • Bisa mencoba pengalaman baru.

Bagaimana denganmu? apakah rencanamu termasuk? dan untuk kamu yang masih bingung, apa kamu sudah menemukan solusi?

Pikirkanlah dengan bijak demi masa depanmu sendiri. Kamu sudah menghabiskan waktu duabelas tahun untuk sekolah, pasti didalam dirimu sudah tersimpan cukup banyak pengetahuan yang akan mempermudahmu mencapai masa depan yang cerah. Orangtua pasti merasa bangga jika anaknya berhasil menjadi orang sukses, juga tidak akan sia-sia pengorbanan mereka mengais rezeki demi menyekolahkan kamu selama duabelas tahun belangkangan.

Demikianlah macam-macam rencana orang setelah tamat sekolah. Mungkin masih ada yang kurang, namun empat hal itulah yang paling umum.

Share on print
PRINT ARTIKEL