kucing malas

Malas ?, Berikut Beberapa Cara Ampuh untuk Mengatasi Rasa Malas

Diposting pada

‘Aduh tugasnya banyak banget !, jadi malas ngerjainnya.’ Atau ‘hahh mudah ini, nanti ajah ngerjainnya’ .

Pasti diantara kalian pernah merasakan seperti itu, atau bahkan sering ?. saya juga sama kok, pernah merasakan hal seperti itu di saat pemikiran kita sudah dihantui rasa berat buat mengerjakan sesuatu karena hal terlalu banyak tugas, dan lain sebagainya, jadi kambuh malasnya.

Tapi kalau kita menuruti rasa malas itu, kapan mau sukses ?, kalau kerjaan kita rebahan mulu, kapan mau bisa ?.

Rajin, kesuksesan menghampiri. Malas, kesuksesan cuman mimpi !. percuma punya rencana kedepannya banyak, tapi usaha kita tak sebanding dengan apa yang kita impikan.

Bagaikan kita ingin menggapai sesuatu, tapi hanya jalan ditempat saja yang kita lakukan, dan tidak akan sampai apa yang kita tuju.

Hayuk, atasi rasa malasmu itu disaat lagi kambuh. Bagaimana cara menanganinya rasa malas itu ?.
Berikut ini cara – cara mencegah dan menangani disaat penyakit malas itu sedang kambuh.

1. Ubah Pola Pikir, dari sulit, menjadi mudah

Kebanyakan dari kita, kalau melihat suatu pekerjaan itu sudah memandang sulit.

Baca Juga: Hanguskan Rasa Pesimis, Wujudkan Jiwa Optimis

Dicoba ajah ogah ogahan, apalagi ngerjainnya. Kita ubah pola pemikiran kita yang tadinya sulit menjadi mudah. Agar apa ? timbul rasa mau mengerjakan.

Orang rajin selalu berkata “mau” loh, mereka melakukan sesuatu karena ada rasa mau, dan karena awal pola pemikiran mereka itu mudah.

2. Kerjakan yang paling mudah terlebih dahulu

kerja kantoran

Kalau tugasmu banyak, tugas mana yang paling simple, dan enak untuk dikerjakan?

Pasti kita suka ada rasa malas nih kalau numpuk tugasnya, bener kan ? saya juga sama kok, hehehe. Dari sekian banyaknya tugas, pasti ada bagian yang paling mudah untuk dikerjakan. Kamu kerjakan dulu saja yang mudahnya.

Kalau kita langsung kerjakan semuanya, pasti males kan. Kita cicil tugas atau pekerjaan itu dari hal yang kita bisa lakukan atau kita anggap mudah dulu. Kalau otak sudah ngebul, istirahat dulu sejenak. Sambil ngopi, biar ada teman kerja dan agak semangat gimana gitu hehe¬

Kamu tau Aa Gym kan ? Beliau pernah mengatakan “mulailah dari diri kita sendiri, mulailah dari hal yang terkecil, mulailah dari saat ini” Kerjakan yang termudah dulu, agar kita ada langkah untuk mengerjakan, dikit demi sedikit tapi pasti dan malesnya pasti akan menghilang dengan sendirinya.

3. Jauhi yang membuatmu nyaman bahkan lalai

Terkadang yang nyaman itu tidak selamanya baik, ada saatnya menjadi jahat .

Contoh mudahnya, kita ngerjain tugas dekat kasur ataupun sofa. Awalnya kita semangat nih mengerjakan, sudah ada keinginan. Tapi daya Tarik kasur dan sofa itu lebih kuat, jadinya kambuh rasa malas, dan berujung banyak rebahannya dari pada ngerjainnya atau bahayanya lagi kitanya malah sampai tidur.

Baca juga: Terbungkus Jasad Sang Pemalas

Atau kita mengerjakan tugas dan didekat kita ada ponsel. Awalnya kita mengerjakan serius, tapi karena si doi ngechatt fokus kita kebanyakan ke doi, bukan ke tugas yang kita kerjaan.

Oleh karena itu, jikalau ingin fokus mengerjakan seuatu, jauhi yang membuatmu nyaman bahkan lalai itu.

4. Membayangan jikalau kita sudah berhasil

membayangkan

Apapun yang ingin kamu hadapi nanti, bayangkan saja kalau kamu sudah mendapatkan.

Disaat kamu ingin memiliki suatu impian, bayangkan saja dulu kalau impian itu sudah kamu raih. Bayangkan saja dulu, jikalau kamu seorang penulis.

Baca juga: 10 Tips untuk Berhasil dan Meraih Sukses

Bayangkan saja dulu, jikalau kamu seorang motivator terkenal.
Bayangkan di sini bukan hanya kita membayangkan saja, tapi juga pola pikir kita ubah dan akan memiliki keyakinan kalau kamu akan mendapatkan keberhasilan tersebut.

5. Kondisikan dulu tempatnya

ruang tamu

‘Kan kalau tempatnya rapih, jadi enak buat ngerjainnya’.
Kalau kita perhatikan, rasa malas akan kambuh kalau tempatnya ajah kayak habis kena tsunami.

Buku – buku dimana mana, sampah berserakan. Apa kita akan semangat buat mengerjakan tugas itu? Malah males yang ada. Kalau begitu, coba deh bentar ajah beresin dulu tempatnya itu.

Kalau ngeberesinnya ajah malas juga, ya setidaknya rapihkan dikit gitu. Coba saja, nanti rasa malasnya itu sembuh dengan sendirinya.

6. Buat Daftar Kegiatan Harian

daftar agenda

Mau ngapain ajah yah hari ini ?
Coba untuk membuat daftar kegiatan harian, apa ajah sih yang mau dikerjakan sekarang, dan apa ajah sih yang mau dikerjakan besoknya. Membuatnya tidak usah berurutan, ngacak saja tidak apa-apa, yang terlintas difikiran saja.

Manfaatnya memiliki daftar kegiatan harian adalah, agar apa yang kamu lakukan disetiap hariannya ada kegiatan yang bermanfaat. Karena salah satunya kambuh rasa malas itu, karena kita tidak tau apa yang kita harus lakukan sekarang, dan tidak memiliki tujuan.

7. Lirik Album Orang yang Kamu Sayang

album foto

Karena cinta yang membuat semangat. Punya kan orang yang kamu sayang? Coba deh kamu lirik ajah sebentar foto orang tuamu, atau foto pasanganmu.

Gimana perasaan mereka kalau kita bermalas malasan ?. coba kamu bayangin orang tuamu pergi, dan belum sempat kamu membuat bangga mereka. Masih mau malas – malasan ?.

Demikian cara mengatasi disaat rasa malas sedang kambuh. Yuk, kita buang rasa malas itu. Banyak sekali waktu yang kita buang sia-sia. Liriklah masa lalu, masa yang dimana suka menunda-nunda waktu.

Berapa banyak waktu yang telah kita buang Cuma-Cuma ?

Waktu yang telah berlalu tak mungkin kembali, fokus ke waktu yang tersisa tidak ada yang terlambat kok, asalkan kita mau berubah menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Malas pergi, kesuksesan menghampiri

Content Writer: Shidiq Al-Fikri