Beranda Pendidikan Agama Islam Manfaat Dari Membaca Al-Quran

Manfaat Dari Membaca Al-Quran

Manfaat baca alquran

Manfaat Membaca Al-Quran – Al-Quran merupakan kitab suci bagi umat beragama muslim, kitab suci Al-Quran berisi pedoman untuk menjalani kehidupan yang baik agar selamat dunia beserta akhirat. Kitab suci Al-Quran juga merupakan kitab yang terakhir diturunkan Allah SWT kepada para nabi dan Rasul.

Membaca Al-Quran merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT, pembacanya pun diganjar pahala berkali-kali lipat. Oleh karena itu, kita hendaknya senantiasa membaca serta mengamalkan isi dari Al-Quran.

Manfaat baca alquran

Ada banyak sekali manfaat membaca Al-Qur’an, simaklah ulasan berikut ini:

1. Mendapat Pahala yang Berlipat-lipat

Tenyata, hanya membaca satu huruf di dalam Al-Quran bisa mendatangkan satu kebaikan, dan satu kebaikan ini akan dilipat gandakan menjadi 10 kebaikan. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

Bayangkan, jika membaca Al-Quran setidaknya satu lembar per hari, betapa banyak kebaikan dari Allah SWT yang akan mendatangi kita.

Teruntuk kamu yang sering takut salah dalam membaca ayat suci Al-Quran, tetaplah berusaha membacanya dengan sepenuh hati. Walaupun bacaan mu belum sempurna, Allah SWT tetap memberikanmu pahala atas usahamu. Tapi kamu tetap harus memperbaiki bacaan mu seiring berjalannya waktu.

2. Mendapat Syafaat Di Hari Akhir

Seorang muslim yang membaca Al-Quran pasti akan mendapat syafaat di hari kiamat kelak. Terutama untuk seorang muslim yang setiap hari meluangkan waktunya untuk membaca Al-Quran.

“Bacalah Al-Quran karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya,” (HR. Muslim).

3. Menjadi Obat Hati dan Obat Penyakit Jasmani

Cara manusia dalam menghadapi penyakit hati ada bermacam-maxam, tapi jika kamu seorang muslim biasakanlah untuk membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran pasti akan membuat hati menjadi lebih tenang dan damai. Oleh karena itu, saat dilanda rasa sakit, cemas, marah atau sedih. Hendaknya kita segera mengambil wudhu dan membaca kitab suci Al-Quran.

“Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an,” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud).

4. Menjadi Bagian dari Keluarga Allah SWT

Seorang yang menjadi ahli Al-Quran akan dianggap sebagai bagian dari keluarganya Allah subhanahu wata’ala. Manfaat membaca Al-Quran yang satu ini sungguh luar biasa. Sangat beruntung bagi seorang muslim yang rajin membaca serta mengamalkan isi dari ayat suci tersebut akan menjadi keluarga Allah SWT.

5. Diangkat Derajatnya dan Memperoleh Kemuliaan

Seorang yang gemar membaca Al-Quran akan diangkat derajatnya dan memperoleh kemuliaan. Tak perlu menjadi raja atau orang berpangkat, hanya dengan membaca Al-Quran kamu akan ditinggikan derajatnya dan mendapat kemuliaan dari Allah SWT.

“Siapa yang membaca Al-Quran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (Al-Qur’an),” (HR. Abu Daud).

Itulah beberapa manfaat membaca Al-Qur’an, semoga setelah membaca ini kamu bisa lebih rajin membaca kitab suci Al-Quran.

Artikulli paraprakMakalah Jumlah dan Syibhul Jumlah pada Kaidah Nahwu
Artikulli tjetërEvolusi – Pengertian, Ciri, dan Teori Para Ahli