Kentutku Mahal | 9 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan

Kentutku ternyata mahal loh ! tidak percaya ?. Memang terdengar agak menjijikan untuk kita, dengan aroma yang tidak sedap disaat tercium oleh hidung. Akan tetapi ternyata terdapat manfaat kentut bagi kesehatan.

Kentut merupakan suatu gas sisa yang keluar dari dalam tubuh yang akan terjadi jikalau perut kita terasa mulas. Yang akan mengeluarkan sebuah aroma yang kurang sedap untuk kita hirup, hal ini sangat mengganggu bagi kita bukan ? tentunya iyah, akan tetapi kentut yang kita ketahui, atau bahkan sebagai aktivitas kita.

Banyak sekali manfaat kentut bagi kesehatan. Masih kurang percaya ? coba simak manfaat – manfaat dari kentut di bawah ini :

1. Sebagai sebuah tanda bahwa makanan yang dikonsumsi telah seimbang

Dari manfaat kentut bagi kesehatan, ternyata kentut sebagai sebuah tanda buat kita, bahwa makanan yang telah kita konsumsi sudah seimbang. Seimbangnya bagaimana ? seimbang yang dimaksud adalah makanan yang telah kita konsumsi sudah seimbang dari kaya akan protein, rendah akan lemak, buah – buahan, sayur – sayuran, maupun biji – bijian.

Oleh karena itu, disaat makanan tersebut sedang dalam proses pencernaan didalam tubuh kita, akan menghasilkan banyak gas yang mengakibatkannya buang angina atau kentut tersebut.

Akan tetapi ada sebagian jenis karbohidrat yang tidak dapat langsung dicerna dalam saluran pencernaan. Oleh karena itu, makanan tersebut akan difermentasikan terlebih dahulu dalam usus besar sebelum dibuang. Dan proses tersebut yang akan menghasilakan kentut, yang pada akhirnya akan dibuang.

2. Sebagai protek kesehatan usus besar

Ternyata disaat kita kentut, itu dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan usus besar  agar selalu terjaga. Beda dengan halnya yang selalu menahan kentut, lantas karena malu disaat berkumpul dengan teman – teman, dan lain sebagainya.

Hal itu akan membuat adanya iritasi dalam usus besar kita, jikalau kita terlalu lama menahan kentut.

3. Sebagai sebuah tanda jikalau saluran pencernaan kita dalam keadaan sehat

Jikalau saluran kita dalam keadaan sehat, itu bertanda bahwa saluran pencernaan sedang dihuni oleh berbagai bakteri baik yang banyak. Bakteri tersebut berfungsi untuk mencerna, memecah makanan – makanan yang kamu konsumsi didalam saluran pencernaan tersebut.

Semakin banyak kamu buang gas atau kentut, semakin sehat kondisi saluran pencernaan dan semakin banyak pula koloni bakteri baik yang berkembang dalam saluran pencernaan.

4. Sebagai pengatur tekanan darah

Dalam sebuah penelitian telah ditemukan sebuah fakta, bahwa seseorang yang kentut tidak hanya mengeluar gas saja. Akan tetapi dalam gas tersebut mengandung zat hydrogen Sulfide yang keluar secara bersamaan dengan proses pembuangan gas tersebut.

Baca juga: Peranan Ilmu Kimia dalam Kehidupan

Selain itu ternyata zat yang dikeluarkan memiliki manfaat untuk mengatur tekanan darah bagi siapapun yang menghirupnya. Berarti secara tidak langsung, disaat menghirup aroma kentut kita dapat mengatur tekanan darah pada diri kita.

5. Dapat mengatasi rasa kembung

kembung

Akibat terjadinya kembung, dikarenakan terjadinya tidak bisa keluarnya udara yang terjebak didalam saluran pencernaan. Akan tetapi kentut tersebut dapat mengatasi akan hal itu atau rasa kembung yang dirasakan dengan mengeluarkan gas dan udara yang terperangkap.

Jikalau kita biarkan rasa kembung tersebut selain mengakibatkan sakit perut, akan juga mengakibatkan stroke.

6. Memberikan sebuah kebahagiaan

kok bisa begitu yah ? tentunya bisa, karena adanya kentut dapat memberikan sensasi rasa bahagia karena gas yang keluar dapat mengurangi rasa gelisah yang terjadi didalam diri kita.

Selain itu juga, kentut dapat mengurangi rasa nyeriyang dirasakan sehingga terjadi efek rasa bahagia pada diri dan fikiran.

7. Mengurangi terjadinya sebuah resiko penyakit yang berbahaya

sakit perut

Disaat kita menghirup aroma kentut, ternyata tidak berdampak hal buruk yang kita bayangkan. karena disaat kita menghirup aroma kentut tersebut yang mengandung zat hydrogen sulphide tersebut, dapat mengurangi resiko terjadinya atau terserangnya berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

Walaupun kita tidak bisa mengatasi secara langsung, setidaknya kamu bisa menghindari akan terjadinya hal itu,

8. Dapat memberitahukan bahwa alergi pada makanan yang dikonsumsi

alergi

Mungkin kita agak heran akan hal itu, akan tetapi pada nyatanya kentut dapat mengetahui akan hal itu. misalnya alergi intoleransi laktosa, yang mengakibatkan rasa kembung pada manusia.

Jadi jikalau kamu memakan yang mengandung zat intoleransi laktosa salah satunya, alergi itu akan menghasilkan sebuah peningkatan rasa kembung pada diri seseorang tersebut.

9. Dapat membantu menyeimbangkan dalam diet

diet

Disaat kita melakukan diet, pasti kita menjaga pola makan yang kita konsumsi agar dapat sehat dan seimbang. Akan tetapi jangan khawatir karena disaat kentut akan membantu kita untuk menyeimbangkan yang dibutuhkan diet untuk tetap pada kategori sehat dan seimbang.

Dan aroma yang keluar dari tubuh dapat kita prediksikan makanan apa yang terlalu banyak kita konsumsi, dari situ kita akan mengetahui dan memilih dengan mudah untuk menyeimbangkan makanan yang kita makan.

Baca juga: Kentut Bisa Jadi Penyeimbang Diet?

Meski terdengar menjijikan tapi pada nyatanya kentut yang kita miliki, mempunyai nilai yang cukup mahal untuk kesehatan kita. Yang terdengar buruk, justru memiliki manfaat, dan jangan menahan kentut karena hal tersebut membahayakan untuk diri kita pribadi.

Sekian, manfaat kentut bagi kesehatan, semoga dapat bermanfaat..

Bagikan Artikel melalui :