Manfaat Mengajarkan Bahasa Arab Sejak Dini

Diposting pada

Pada kesempatan ini kita akan bahas mengenai manfaat mengajarkan bahasa arab sejak dini.

Mengajarkan bahasa arab sejak dini sangatlah penting untuk pendidikan anak-anak kita. Seorang anak yang mendapatkan pendidikan bahasa arab sejak dini akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Dimana tidak akan didapat oleh anak-anak lain yang tidak diajarkan bahasa arab

Kita sebagai orang islam sudah pasti ingin memiliki generasi penerus yang paham akan agamanya. Dan menjalankan agama islam dan bahkan ikut memperjuangkan eksistensi kebenarannya.

Sebagaimana yang dikatakan syaikh abu hasan al -mawardi:

“Apabila anak sudah waktunya untuk dididik dan diajari, selayaknya dimulai dengan mengajarkan Alquran dan bahasa arab, karena bahasa arab adalah bahasa yang Allah gunakan untuk menurunkan kitab suci al-Qur’an dan menetapkan agamanya”

Dan perlu kita ketahui bahwasanya hasil riset yang dilakukan pakar bahasa , yaitu Snoe dan Heofnagel-Hole (1978) menunjukan bahwa:

“Pembelajaran paling maju dan paling cepat adalah pada taraf usia adolesen”

Pada study mereka dalam kasus pembelajaran bahasa Belanda ditemukan bahwa orang dewasa (usia 15 tahun keatas) kalah cepat dengan anak-anak (usia 6-10 tahun) dan remaja (usia 12-15 tahun).

Maka tidak mengherankan banyak dikalangan Anak-anak kelihatan lebih berhasil dari orang dewasa dalam memperoleh sistem fonologi bahasa baru.

Bahkan banyak dari mereka yang mencapai aksen seperti penutur aslinya (Native speeker). (Asher dan Garcia; 1968):

Maka ini menjadi kesempatan kita para orang tua untuk mengajarkan anak-anka kita pelajaran bahasa terutama bahasa Arab. Dimana didalamnya banyak sekali fadhilah yang bisa didapatkan oleh anak ketika dia faham akan bahasa arab, dan kami akan jelaskan fadhilah apa saja yang ada pada bahasa arab

1. Merupakan Bahasa Al-Qur’an

Asbabun Nuzul

Al-Qu’an yang kita baca setiap hari merupakan kitab berbahasa arab dan diturunkan kepada orang Arab. Hal tersebut membuat kemurnian dan keotentikan bahasanya dijaga dan dipertahankan dengan baik. Sehingga keagungan dan mukjizat didalamnya dapat kita rasakan dan kita nikmati, sebagai mana firman Allah dalam surat Al-Hijr ayat: 9

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ
“sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur’an pasti kami (pula) yang memeliharanya. (QS. Al-Hijr: 9) .

Disini manfaat kita mengajarkan Al-Qura’an terhadap anak akan terasa, karena ayat-ayat yang terkandung didalam Al-Qur’an  adalah berbahasa Arab.

Secara tidak langsung hal tersebut menuntut para pembacanya bisa berbahasa arab. Tujuannya agar dapat memahami makna dan menikmati mukjizat yang terkandung di dalamnya

2. Bahasa yang Digunakan dalam Praktek Ibadah Kaum Muslimin

Sebagai umat muslim. Bahasa arab adalah bahasa yang sangat familiar bagi kita. karena setiap hari kita pasti melafalkan banyak bacaan-bacaan yang bacaan tersebut berbahasa Arab.

Seperti bacaan-bacaan yang kita ucapkan dalam sholat juga do’a-do’a dan dzikir. Dimana itu senatisa kita ucapkan dalam akiftas peribadatan kita setiap harinya. maka lagi-lagi penting sekali bagi kita mengajarkan bahasa arab

3.Bahasa Pengantar Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Islam

gambar ilustrasi macam-macam historiografi

Andil bahasa Arab dalam kemajuan teknologi dan peradaban kaum muslimin sangatlah besar. jika kita lihat kembali banyak sekali penemuan-penemuan fenomenal yang diciptakan oleh para ilmuan muslim yang mereka semua berbahasa Arab.

Maka benar sekali sabda Nabi muhamad yang mengatakan bahwa

“Nabi Ismail benar -benar diberi ilham dengan lisan ini (bahasa Arab) “

Hadits ini menjadi bukti kuat bahwa peran bahasa Arab dalam kemajuan Agama islam ini adalah besar. Sehingga tanpa mengetahui bahasa Arab reaktualisasi atau rekonstruksi pemikiran islam sebagaimana pendahulu nya

4. Bahasa Syi’ar Kaum Muslimin

Syakhul islam Ibnu Taimiyah Rahimahullah berkata

اللسان العربي سعارالاسلام واهله

“bahasa Arab adalah bahasa  syi’ar islam dan kaum muslimin” Disebutkan dalam Iqtidha’ shirath Al-mustaqim. Dan kalau kita perhatikan salah satu syi’ar yang paling sering kita dengar adalah suara Adzan yang sehari kita dengar lima kali kemudian takbir ketika hari ied dan bacaan talbiyah yang kita baca ketika haji ataupun umrah.

5.Bahasa yang Mulia

Bahasa Arab adalah bahasa yang mulia sebagai mana yang dikatakan imam Ibnu Katsir Rahimahullah dalam kitabnya ,

“karena Al-Qur’an adalah kitab yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia,diturunkan di tempat yang paling mulia, diturunkan di bulan yang  paling Mulia yaitu Romadhon, dari barbagain sisi itu kita bisa menilai seberapa mulia Al-Qur’an ini “

Dan Allah juga menfirmankan di dalam surat Yusuf yang menyatakan tentang bahasa Arab

إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ قُرْءَٰنًا عَرَبِيًّا لَّعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“sesungguhnya kami menurunkan Al-Qur’an dengan bahasa Arab , Agar kamu memahaminya.” (QS.Yusuf: 2)

6. Bahasa yang Lurus

Bahasa Arab adalah bahasa yang mudah digunakan sebagai hukum bagi manusia yang mana didalam Al-Qur’an banyak sekali hukum-hukum yang mana memahaminya harus dengan Bahasa Arab

Allah telah menfirmankan dalam Al-Qur’an

قُرْءَانًا عَرَبِيًّا غَيْرَ ذِى عِوَجٍ لَّعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ

“(Ialah)Al-Qur’an dalam bahsa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Azzumar:28)

, وَكَذَٰلِكَ أَنزَلْنَٰهُ حُكْمًا عَرَبِيًّ

“dan demikianlah, kami telahh menurunkan Al-Qur’an itu sebagai peraturan (yang Benar) dalam bahasa Arab.” (QS.Arra’du:37)

sebagaimana yang dikatakan syaikh abu hasan al -mawardi “Apabila anak sudah waktunya untuk dididik dan diajari, selayaknya dimulai dengan mengajarkan Alquran dan bahasa arab, karena bahasa arab adalah bahasa yang Allah gunakan untuk menurunkan kitab suci al-Qur’an dan menetapkan agamanya”

Dari yang kami terangkan di atas sudah jelas bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang luar biasa. Maka jangan sampai kita tidak tergerk untuk mengajarkan bahasa ini kepada anak-anak kita karena ketika anak sudah mengamalkan apa yang kita ajarkan kepada mereka otomatis pahala jariyah lah yang kelak akan mempermudah urusan kita di akhirat kelak.

Demikian penjelasan mengenai manfaat mengajarkan bahasa arab sejak dini, semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.