Manfaat Musik Untuk Psikologis

Diposting pada

Manfaat musik salah satunya mungkin adalah hal ter favorit bagi sebagian orang yang menikmatinya. Musik juga merupakan budaya universal bagi seluruh masyarakat di dunia. Karena menurut sebagian orang mampu menyenangkan hati mereka, atau sebagai penyalur perasaan, sampai simbol atau ikon dari sebuah instansi, dan sebuah mobilitas tertentu.

Apa Itu Musik?

Gambar Ilustrasi Mendengarkan Musik atau Podcast Motivasi

Secara bahasa musik merupakan seni atau ilmu dalam menyusun suara yang berurutan, atau kita bisa menyebutnya sebagai nada. Hubungan temporal, serta kombinasi untuk menghasilkan komposisi yang berkesinnambungan, dan memiliki kesatuan.

Menurut wikipedia, musik juga merupakan seni untuk merangkai suatu nada dalam waktu tertentu demi menghasilkan komposisi dengan unsur melodi, harmoni, ritme, dan timbre.

Di dalam artikel lain ada yang menyebutkan bahwa musik adalah seni perpaduan antara vokal dan instumental demi membentuk keindahan atau ekspresi emosional.

Jika membahas sejarah singkat musik ini, manusia sudah mengenal permusikan semenjak zaman homo sapiens atau sekitar 180.000-100.000 tahun yang lalu. Mereka menandai adanya musik berdasarkan keteraturan getarannya. Keteraturan getaran itulah yang menghasilkan nada tertentu.

Dalam sebuah buku sejarah, musik merupakan pengungkapan dari penghayatan isi hati seseorang dalam bentuk bunyi yang teratur. Serta menghasilkan melodi atau ritme yang kaya akan unsur keindahan unsur, dan keselarasan.

Sedangkan istilah musik sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “musikos” yakni sebutan tersebut dari salah satu dewa Yunani. Musikos ini memiliki simbol sebagai dewa keindahan yang menguasai suatu bidang keilmuan, dan seni.

Fungsi Umum Musik

Gambar Headphone, Earphone, dan Intonasi

Musik saat ini bisa kita sebut sabagai pelengkap kegiatan. Seperti kurang rasanya jika kegiatan kita tanpa ada selingan musik di dalamnya. Bahkan bagi sebagian orang musik merupakan hal yang penting bagi hidup mereka, seperti support system bagi kesibukan mereka.

Tak heran industri permusikan kini melaju pesat. Serta menjadi pelabuhan bagi sebagian orang yang ingin mengabdikan hidupnya dalam dunia permusikan. Sampai orang orang mulai menyelenggarakan pencarian bakat untuk mendobrak kemajuan budaya musik di berbagai negara.

Begitu juga musik kini tak hanya untuk konsumsi saja namun untuk mengisi pundi pundi rupiah suatu agensi musik, dan orang yang bergelut di dalamnya.

Musik juga menjadi salah satu gaya hidup, bisa jadi menurut sebagian orang jika kita tidak tahu tentang update musik, mereka akan menganggap kita kuno.

Lihat saja di masa sekarang setiap hari kita bisa mendengar musik di manapun, di pusat perbelanjaan, kantor, gym, kafe, departemen store. Tentunya dengan jenis musik beragam, mulai dari musik klasi sampai musik pop semuanya tersedia.

Namun harus kita tahu bahwa musik tidak hanya hal semu yang sekedar kita nikmati kala senang, sedih, khawatir, atau galau saja. Namun musik memiliki fungsi secara umum yaitu sebagai alat komunikasi, dan media untuk menyampaikan nilai nilai kebaikan tertentu. Bisa juga sebagai media untuk menyalurkan hobi, isi hati, dan tujuan ikonik pada suatu instansi atau mobilitas tertentu.

Para pencipta musik menyampaikannya lewat melodi atau lirik lagu. Musik mampu melambangkan suatu hal yg dapat kita lihat dari aspek musik tersebut. Seperti kita bisa melihat tempo sebuah musik yang menggambarkan maksud dan tujuan si pembuat musik.

Fungsi musik lainnya adalah untuk sarana ekspresi, seperti mengungkap emosi, atau perasaan misalnya. Para peneliti mengemukakan bahwa mendengarkan musik mampu meningkatkan emosi seseorang. Serta menjadikaannya lebih efusif dan ekspresif dalam mengutarakan pendapat.

Beberapa Manfaat Musik Bagi Kesehatan Psikologis

Manfaat Musik Bagi Kesehatan Psikologis

Musik bisa kita jadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja kognitif. Sebuah penelitian menyebut bahwa memutar musik latar saat pendengar berkegiatan lain, mampu meningkatkan kinerja kognitif pada orang dewasa.

Jadi jika anda sedang sibuk bekerja atau mengerjakan tugas, anda bisa memutar musik jika anda merasa butuh peningkat kerja anda.

Apalagi di masa pandemi ini, banyak para pekerja yang kena PHK, murid murid sekolah yang terpaksa melakukan KBM secara daring, penutupan pusat perbelanjaan, kantor. Orang orang akan mudah merasa jenuh, bosan, bahkan bisa jadi stress. Maka mendengarkan musik bisa menjadi salah satu solusi pengangkal rasa jenuh sementara.

1. Memulihkan Stress Lebih Cepat

Mendengarkan musik tidak hanya membuat kita menjadi senang atau candu terhadap musiknya. Mendengarkan musik bisa memulihkan stress lebih cepat ketimbang mereka yang tidak mendengarkan sama sekali. Mengapa bisa begitu? Karena mendengarkan musik dapat mengurangi hormon kortisol yakni hormon stes dalam tubuh.

Baca Juga: Yuk Sembuhkan Dirimu dengan Self Healing

Mendengarkan musik juga bisa berdampak pada respon stres kita, yakni sistem saraf otonom. Karena itulah para pendengar musik cenderung lebih cepat pulih saat mereka stes.

Musik juga mampu mengurangi gejala depresi pada pikiran kita. Musik bisa menjadi peningkat efektivitas, relaksasi, dan pengubah suasana hati seseorang. Misal jika kita memilih musik yang meditatif, maka akan tercipta pula ketenangan pikiran, dan relaksasi pada pikiran kita.

2. Membuat Tidur Lebih Nyaman dan Nyenyak

Insomnia wajib tau nih, bahwa mendengarkan musik mampu membuat kualitas tidur kita lebih baik. Pemilihan melodi rileksasi pada musik mampu menenangkan pikiran kita sebelum tidur. Sehingga membuat tidur kita lebih nyenyak dengan mendengarnya.

Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa efek ketenangan tidur yang tercipta oleh musik lebih baik daripada mendengarkan dongeng atau cerita biasa.

3. Musik untuk Mengolah Rasa Sakit

Musik adalah sebuah intervensi non-invasif, yang aman serta murah. Sangat bermanfaat bagi orang orang yang mengalami rasa sakit secara medis ataupun psikis. Bisa kita bilang bahwa musik mampu mengalihkan rasa sakit kita terhadap sesuatu.

Cukup dengan memutar musik satu jam saja dalam sehari. Itu akan membantu kita untuk mengurangi rasa sakit yang signifikan.

Misal jika kita sedang terluka, lalu orang lain mengobati luka kita di situlah kita terfokus pada rasa sakit kita. Namun ketika ada orang yang memutar musik di samping kita, maka otomatis fokus kita akan beralih pada musik tersebut.

Bahkan di beberapa rumah sakit, atau UGD mereka menyarankan pasien yang sehabis operasi untuk mendengarkan musik. Agar rasa sakitnya bisa berkurang. Wah hebat sekali bukan manfaat musik bagi psikologis kita.

4. Sebagai Penenang Suasana Hati

Tentu saja musik memiliki peran penting untuk menghubungkan gairah, dan suasana hati seseorang. Beberapa musik yang bernada positif memiliki potensi untuk membantu seseorang lebih bersemangat. Serta membangun suasana hati yang baik untuk menjalani aktivitas sehari hari.

Mungkin masih banyak yang bingung kenapa bisa musik memiliki efek yang sangat dahsyat terhadap kesehatan fisik, dan mental, serta psikologis seseorang. Jawabannya adalah karena musik menghasilkan energi positif yang berkaitan dengan hormon bahagia dalam tubuh seseorang.

Alunan musik dengan nada tertentu juga bisa merangsang produksi hormon yang menjaga daya tahan tubuh. Musik juga mampu menurunkan produksi kortisol, yakni hormon yang terproduksi saat kita mengalami stres.

Hormon Bahagia yang Berkaitan dengan Manfaat Musik

Manfaat Musik Bagi Kesehatan Psikologis

Dopamin. Adalah hormon, dan neurotransmitter yang merupakan salah satu bagian terpenting dari sistem penghargaan otak. Dopamin berkaitan erat dengan sensasi yang menyenangkan, juga bersamaan dengan memori, fungsi sistem motorik dan lainnya.

  1. Serotonin
    Neurotransmitter ini sangat membantu mengatur suasana hati, serta kualitas tidur, kemampuan belajar, pencernaan, memori, dan lain sebagainya.
  2. Oksitosin
    Bisa kita sebagai “hormon cinta” hormon ini sangat penting bagi ikatan anak dengan orang tuanya, bagi persalinan, dan menyusui. Hormin oksitosin umumnya bisa meningkat dengan rangsangan kasih sayang fisik seperi pelukan, ciuman, dan lain sebagainya.
  3. Endorfin
    Hormon ini adalah pereda nyeri alami yang ada pada tubuh manusia. Tujuan hormon ini di produksi adalah unuk mengolah respons terhadap ketidaknyamanan yang terjadi.
    Hormon endorfin akan cenderung meningkat pada saat seseorang melakukan aktivitas yang dapat membuatnya merasa puas misalnya makan makanan yang lezat.

Nah, sekarang kita tahu bukan? semua manfaat dari musik untuk kesehatan fisik, mental, serta psikologis kita. Satu hal yang harus kita ingat dan mengerti bahwa musik bukanlah satu satunya ibat untuk mengobati gangguan psikologi.

Dengan kata lain musik bukanlah obat yang paling utama dalam mengobati gangguan psikologis. Karena jika seseorang sudah mencapai gangguan psikis yang tinggi, seperti stress dan depresi lebih baik untuk segera menemui tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.