Mau Jadi Konten Kreator? Kamu Wajib Tahu Ini!

Diposting pada

Perkembangan teknologi dibidang audio visual di era digital ini mulai berkembang pesat. Semakin banyak bermunculan berbagai macam konten video yang tersebar di sosial media. mulai dari cover lagu, vlog travelling, beauty vlogger, video tutorial, prank, gaming, mukbang,  vidgram dan sebagainya.

Konten kreator merupakan profesi yang banyak diminati dijaman sekarang. Karena selain bisa menghasilkan karya sendiri, banyak dari mereka yang kemudian terkenal dan mendapat bonus lebih. Contohnya dari iklan AdSense atau jika followers banyak, maka banyak juga orang yang tertarik untuk endorse produknya ke si konten kreator ini.

Tips Menjadi Content Creator

Apakah kamu termasuk orang yang tertarik jadi youtubers atau selebgram dan ingin dikenal dengan karya video-videomu yang keren? Namun kamu bingung mulai dari mana? kamu ragu karena tidak punya alat yang bagus? kamu takut kontenmu tidak akan disukai banyak orang? mari simak berbagai tips berikut ini untuk menjawab semua pertanyaanmu!

1. Pastikan Kamu Punya Niat & Keinginan Yang Kuat

Untuk menjadi seorang konten kreator, niat adalah pondasi utama yang harus dimiliki. Keinginan yang kuat itu harus tumbuh dari dirimu sendiri. Bayangkan, kamu jadi konten kreator karena dipaksa? tentu hasilnya tidak akan maksimal, dan kamu ogah-ogahan untuk menjalani.

2. Alat Dan Software Yang Wajib Kamu Punya

Untuk menjadi seorang konten kreator, niat adalah pondasi utama yang harus dimiliki. Keinginan yang kuat itu harus tumbuh dari dirimu sendiri. Bayangkan, kamu jadi konten kreator karena dipaksa? tentu hasilnya tidak akan maksimal, dan kamu ogah-ogahan untuk menjalani.

Ada berbagai macam software editing di smartphone. Seperti KineMaster Pro, VivaVideo Pro, VideoShow Pro.

“Kenapa harus Pro? kan pemula?”

Eits, walaupun pemula. Software yang kamu install harus Pro, karena punya paket lengkap yang bebas dipakai dan yang jelas, tidak ada WaterMark/tanda air pada video yang hanya akan mengganggu.

“Di playstore, aplikasi yang Pro itu berbayar mahal.”

Kamu bisa download lewat browser dengan kata kunci “Download Aplikasi KineMaster Pro.” Setelah di install, kamu hanya perlu mengizinkan akses aplikasi di smartphonemu.

Baca Juga: 10 Tips Cara Berteman dengan Baik | 8 Langkah Mudah Menumbuhkan Minat Baca | Cara Bangun Pagi Lebih Cepat

3. Persiapan Yang Matang

Sebelum syuting dimulai, pastikan persiapan kamu sudah matang. Kamu harus memperhatikan alat-alat yang akan digunakan. Pastikan baterai kamera kamu sudah penuh, dan yang paling penting untuk dipersiapkan adalah naskah.

Ya, kamu harus membuat naskah agar videomu jelas konsepnya seperti apa. Guna naskah ini juga untuk memudahkanmu untuk syuting. Jika menurutmu naskah itu tidak penting. Setidaknya catat hal-hal detail yang penting untuk videomu, agar tidak lupa.

Naskah syuting sendiri berisi teks yang akan kamu ucapkan dalam video, serta shoot-shoot yang akan kamu ambil. Jika konten yang akan kamu buat bersifat spontan atau tanpa harus ada teks. Maka catat saja hal yang menurutmu penting.

4. Mulailah Take Video

Setelah kamu punya kamera dan software editing. Kamu bisa memulai syuting sesuai dengan konten yang ingin kamu buat, misalnya konten vlog jalan-jalan. Mulailah kumpulkan video yang akan mengisi kontenmu. Rekamlah dari mulai persiapan dirumah, berada di kendaraan dan tempat-tempat wisata. Semakin banyak momen yang diabadikan, videomu akan semakin bagus.

5. Editing

Tahap selanjutnya setelah syuting adalah editing. Susunlah video-video tadi menjadi sebuah kesatuan. Kamu bebas berekspresi dengan video yang akan kamu edit. Misalnya, menggunakan efek transisi, efek warna, sound efek, backsound dan lain-lain.

Jika kamu tidak mengerti cara mengedit video, jangan sungkan-sungkan untuk berselancar di youtube untuk menonton tutorial ya.

6. Bersungguh-sungguh dalam menjalankan proses

Setiap tahapan harus dijalani dengan sepenuh hati. Untuk memperoleh hasil video yang memuaskan, kalian harus bersungguh-sungguh dalam menjalani tiap proses.

7. Upload Video & Jangan Ragu Untuk Promosi

Uploadlah videomu dengan kualitas yang bagus (HD minimal 720p) untuk mendapatkan hasil video yang jernih, jika penyimpanan kamu tidak memadai. Kamu juga boleh memilih yang dibawah itu (480p). Asal gambarnya tidak pecah ya.

Mulailah bagikan di sosial mediamu, seperti Youtube, Twitter, Instagram, Story Whatsapp, Facebook. Semakin sering kamu upload konten. Semakin besar peluang kamu untuk dikenal khalayak luas. Apalagi jika konten yang kamu buat berkualitas dan banyak orang merespon positif tentang kontenmu. Hal ini bisa kamu jadikan motivasi untuk membuat karya lagi dan lagi.

8. Konsisten

Setelah memperluas jaringan promosi, kamu harus tetap membuat video dan jangan malas-malas untuk upload. Bayangkan, konten kreator yang lain sudah terkenal dan sukses. Sedangkan kamu asyik bermalas-malasan. Jika kamu terhanyut dalam zona malas ini. Ingatlah kembali prosesmu sudah sejauh apa, dan ingat lagi tujuan awalmu jadi konten kreator.

9. Yakin Dengan Diri Sendiri

Kamu harus yakin dengan dirimu sendiri. Buang jauh-jauh rasa insecure dan jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Setiap konten kreator memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Dan yakinlah, kamu juga bisa sukses seperti mereka. Karena yang sukses juga pernah berjuang

10. Teruslah Belajar

Teruslah belajar untuk perkembangan videomu. Jangan berhenti untuk mempelajari editing, karena semakin bagus skill editingmu. Semakin menarik juga video yang akan dihasilkan. Perbaikilah hal-hal yang menurutmu kurang bagus, agar kamu bisa lebih percaya diri untuk menunjukkan karyamu.

Setelah membaca tips-tips diatas, apa kamu tambah yakin dan semangat ingin menjadi konten kreator?

Demikianlah tips-tips untuk menjadi konten kreator, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kalian semua.

Share on print
PRINT ARTIKEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *