Kamu pasti sudah cukup familiar dengan kata magang bukan? Magang merupakan suatu fase antara masa perkuliahan dan masa kerja. Biasanya magang dilaksanakan di akhir masa SMK dan perkuliahan atau ketika baru lulus kuliah. Magang merupakan pengalaman yang sangat bermanfaat untuk karir dan pekerjaanmu ke depannya. Jika kamu ingin memiliki pengalaman magang di bank, kamu bisa membaca artikel ini ya!

Apa Manfaat dari Program Magang?

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat melalui program magang. Diantaranya adalah:

  1. Membuka wawasan tentang dunia kerja. Selama perkuliahan, kamu tentu banyak belajar mengenai teori, sedangkan dengan magang kamu dapat mengaplikasikan teori yang kamu dapatkan di perkuliahan. Misalnya tentang pembagian tugas pada tiap-tiap divisi di perusahaan, keterlibatan pada sebuah project perusahaan, kebutuhan skill atau kompetensi pada suatu posisi, dan masih banyak lagi.
  2. Memperbanyak relasi. Relasi adalah hal penting dalam dunia kerja. Dengan ikut program magang, kamu bisa bertemu orang-orang baru. Orang-orang yang berpengalaman di industri tentunya.
  3. Mengembangkan Skill atau Keterampilan

Saat magang, kamu akan mendapatkan tugas. Tugas-tugas tersebut biasanya membutuhkan keterampilan praktis. Kamu dapat belajar banyak dari setiap tugas yang diberikan untuk menambah skill baru, atau membuat skill-mu lebih efektif saat diterapkan pada suatu pekerjaan di industri.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat di BRI

Jika kamu memiliki ketertarikan untuk memiliki pengalaman magang di bank. Kamu bisa mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat atau biasa disingkat sebagai PMMB. PMMB merupakan program yang diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) bekerja sama dengan seluruh BUMN. Program ini bertujuan membentuk link and match antara industri dengan perguruan tinggi dengan cara memberi kesempatan mahasiswa D2 hingga S2 ber-IPK minimal 2,75 untuk magang di BUMN.

Sebagai salah satu BUMN di industri perbankan, Bank Republik Indonesia (BRI) juga membuka kesempatan bagi mahasiswa magang di program PMMB untuk merasakan kesempatan kerja di perusahaan. Dalam kurun 3 tahun terakhir, telah ada 440 peserta magang yang sudah menyelesaikan PPMB di BRI.

PMMB merupakan program magang yang bisa kamu ikuti jika kamu menginginkan untuk memiliki pengalaman magang di bank. Untuk magang di bank, tidak terbatas pada kamu yang mengmabil jurusan ekonomi saja. Kamu yang berkuliah di bidang komunikasi atau humas, bidang desain grafis, IT, dan berbagai macam jurusan lain pun bisa mendaftar.

Mahasiswa yang tertarik untuk ikut program ini bisa mendaftar ke Unit Carrier Center atau Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi mitra PMMB. Setelah itu, Perguruan Tinggi terkait akan mengirimkan Data Ketersediaan Mahasiswa Magang yang direkomendasikan kepada FHCI.

Beberapa persyaratan wajib yang harus dilakukan adalah berada di semester akhir perkuliahan atau minimal semester 5, IPK minimal 2,75, menandatangani pakta integritas, SKCK yang dikeluarkan oleh kampus, lulus seleksi dari perguruan tinggi, dan mendapat surat rekomendasi. Jika persyaratan telah selesai, maka pihak BRI akan melakukan seleksi kepada para mahasiswa tersebut.

Peserta PMMB di BRI akan mendapat berbagai fasilitas seperti uang saku bulanan, asuransi AMKKM BRI, dan sertifikat PMMB BUMN, hingga berkesempatan menjadi Best Talent BRI dengan mengikuti seleksi masuk karyawan BRI.

Program Beasiswa Bank BRI, BRILiaN Scholarship

Selain Program Magang Mahasiswa Bersertifikat, ada juga cara lain untuk merasakan pengalaman  magang di bank BRI yaitu mengikuti BRILiaN Scholarship. Program ini ditujukan khusus untuk kamu yang duduk di jenjang S1 dan sedang menempuh semester 5-8. Calon penerima BRILiaN Scholarship dapat berasal dari fakultas/jurusan IT maupun non IT. Kemudian, kamu juga mesti memberikan ide inovasi dengan tema “Digital Finance Services”. Untuk tahapan seleksi dari BRILiaN Scholarship adalah sebagai berikut:

  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Kemampuan Dasar & Culture Fit Test
  3. Psikotes & Bahasa Inggris
  4. Wawancara
  5. Collaboration & Social Media Test
  6. Medical Check Up

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan oleh penerima BRILiaN Scholarship. Selain kesempatan magang di BRI, kamu juga akan mendapatkan biaya bantuan per semester, uang saku setiap bulan, bantuan biaya skripsi, hingga fasilitas berupa laptop. Selain itu, penerima BRILiaN Scholarship juga akan memperoleh sesi sharing knowledge dan pelatihan character building serta leadership development. Belum lagi kamu juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi karyawan tetap Bank BRI melalui jalur BRILiaN Future Leader Program (BFLP).

Tips Agar Diterima Magang di BRI

Magang di BUMN sekelas BRI tentu kamu bersaing dengan banyak mahasiswa lain di luar sana yang juga ingin merasakan kesempatan ini. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki CV dan portofolio yang sesuai dengan bidang divisi magang yang kamu pilih. Kamu juga bisa memperbanyak relasi dengan memperbaiki tampilan LinkedIn milikmu dan akan menjadi nilai tambah. Saat wawancara, tunjukkan pengetahuan dan pengalamanmu di bidang terkait agar pewawancara semakin yakin dengan kualitas dirimu.

Nah itulah informasi untuk kamu yang ingin mencari pengalaman magang di Bank BRI. Mendapatkan kesempatan terjun ke dunia kerja pada perusahaan sekelas BRI tentu sangat menantang, ditambah dengan kesempatan untuk menjadi karyawan tetap jika kinerja kamu bagus. Semangat dan semoga keterima magang di BRI ya!

Sajian Menarik:

  • Tidak Ada Konten
Bagikan: