Mengenal Apa Itu Sistem Imunitas dan Cara Meningkatkannya

Diposting pada

Diantara kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah sistem imunitas. Istilah ini cukup terkenal dalam dunia kesehatan, yuk kita bahas istilah yang satu ini.

Apa Itu Sistem Imunitas?

Sistem imunitas atau imun tubuh merupakan suatu sistem pertahanan atau kekebalan tubuh agar terhindar dari resiko penyakit. Sistem imun ini memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia agar selalu sehat.

Sistem pertahanan ini bahkan sudah ada untuk melindungi tubuh kita sejak adanya bakteri kuman maupun virus penyakit masuk ke dalam tubuh. Seseorang yang memiliki imunitas baik tentunya akan memiliki daya tahan dan kekuatan tubuh yang baik pula.

Sehingga nantinya Anda tidak akan mudah mengalami jatuh sakit, terutama pada masa pandemi sekarang ini. Karena di situasi sekarang ini setiap orang dituntut untuk memiliki daya tahan tubuh atau sistem imunitas yang baik supaya tidak mudah terpapar infeksi Covid-19.

Cara Efektif Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Cara Efektif Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Menerapkan pola hidup sehat, menjadi cara yang tepat supaya imunitas tubuh senantiasa kuat dan bekerja lebih optimal.

Dengan begini, maka tubuh tidak tidak akan gampang terserang oleh penyakit. Adapun beberapa cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

1. Konsumsi Makanan dengan Gizi yang Seimbang

Makanan Bergizi Buah dan Sayur

Cara yang pertama adalah dengan mengkonsumsi asupan dengan gizi seimbang. Artinya adalah makanan yang Anda konsumsi memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Ada banyak jenis makanan sumber gizi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Anda. Contohnya saja dengan konsumsi buah dan sayur untuk kebutuhan serat, vitamin serta mineral.

Konsumsi nasi, gandum, singkong, dll untuk mendapatkan zat karbohidrat,  daging dan jenis kacang-kacangan untuk kebutuhan asupan protein, serta kebutuhan lain seperti zat besi dan sebagainya. Kecukupan nutrisi ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat dengan daya tahan tubuh atau sistem imunitas yang semakin meningkat.

2. Cukupi Kebutuhan Istirahat

Gambar Anak Kecil Tidur

Perlu Anda tahu, bahwa kurang tidur bisa menurunkan imunitas tubuh seseorang dan membuatnya gampang sakit. Maka dari itu, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan tidur Anda sesuai kebutuhan, misalnya berdasarkan tingkat aktivitas dan usia.

Secara umum, waktu tidur usia dewasa adalah sekitar 7 – 8 jam, sedangkan waktu tidur remaja kurang lebih 9 – 10 jam.

3. Hindarilah Stres

Stress Ilustrasi

Ketahuilah bahwa kondisi stres yang tidak dapat dikendalikan berpotensi untuk lebih meningkatkan produksi hormon kortisol dalam tubuh.

Kondisi ini sangat berpotensi mengakibatkan terjadinya penurunan fungsi imunitas atau kekebalan tubuh. Alhasil, fungsi kekebalan tubuh akan terganggu dan Anda akan mudah jatuh sakit.

4. Rutin Berolahraga

Gambar Orang Olahraga

Cara selanjutnya adalah dengan rutin melakukan aktivitas olahraga setiap hari, kurang lebih selama 30 menit. Tujuannya adalah untuk lebih meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya lebih kebal saat melawan infeksi kuman, virus maupun bakteri. Anda bisa berolahraga ringan seperti adalah jalan kaki,naik turun tangga, joging dan masih banyak lainnya.

5. Jauhi Rokok Dan Alkohol

Bersulang Akhohol

Pastikan Anda selalu menghindarkan diri dari paparan asap rokok dan alkohol yang cenderung berbahaya. Konsumsinya bisa merusak sistem kekebalan atau sistem imunitas tubuh, serta memiliki risiko tinggi mengalami berbagai jenis penyakit.

Seperti halnya kondisi gangguan infeksi paru bronkitis dan pneumonia. Di mana kedua hal ini cenderung memberikan risiko kesehatan yang jauh lebih besar untuk terkena infeksi paru paru.

6. Menjaga Kebersihan Diri

Gambar Laki-Laki Mencuci Tangan

Seperti yang kita tahu, bahwa tubuh yang bersih bukanlah hanya sebatas memberikan keindahan bila dilihat dari penampilan. Melainkan, menjaga kebersihan diri justru akan membawa banyak manfaat yang amat besar bagi Anda dalam hal kesehatan diri. Untuk menjaga kebersihan diri ini, maka Anda harus rajin membersihkan diri.

Misalkan saja dengan rajin mandi, gosok gigi, keramas atau mencuci rambut, cuci tangan pakai sabun, serta mengganti pakaian dengan yang bersih. Dengan selalu menjaga kebersihan diri, maka Anda telah menerapkan langkah tepat untuk menjaga sistem imunitas sekaligus mengurangi risiko penularan penyakit baik dari maupun ke orang lain.

7. Berjemur di Pagi Hari

Perlu diketahui, bahwa berjemur menjadi satu cara untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan berjemur, Anda bisa mendapatkan lebih banyak vitamin D  dari sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi ini akan membentuk dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Disarankan bagi Anda agar berjemur sekitar pukul 07.00 – 09.00 WIB agar mendapatkan vitamin D dan menghindari paparan UVA dan UVB dari sinar matahari. Lakukan kegiatan ini secara rutin, kurang lebih selama 10 – 15 menit. Atau Anda juga bisa berjemur sekaligus berolahraga di pagi hari di luar ruangan.

8. Jaga Kebersihan Lingkungan

Menyapu Halaman

Lingkungan yang bersih meminimalkan adanya risiko yang membuat Anda bisa terpapar kuman penyebab infeksi, virus maupun bakteri. Karena di lingkungan yang bersih, paparan terhadap mikroorganisme jahat akan lebih sedikit. Di mana mikroorganisme ini dapat membentuk pola perkembangan respons kekebalan tubuh Anda dan membuat rentan jatuh sakit.

Misalnya dengan menjaga kebersihan sanitas, tempat pembuangan, rumah, serta lingkungan di sekitar. Dengan begini, maka peluang tumbuhnya berbagai jenis mikroorganisme jahat juga bisa menjadi berkurang dan sistem imunitas kesehatan tubuh Anda akan lebih terjaga. 

9. Konsumsi Suplemen

Konsumsi Suplemen Redoxon

Kebutuhan vitamin yang lebih banyak dapat meningkatkan imunitas Anda jadi semakin baik. Anda bisa konsumsi lebih banyak buah dan sayur, misalnya saja yang mengandung vitamin C. Di aman vitamin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan Anda supaya tidak gampang terserang sakit di masa pandemi ini.

Selain itu, Anda pun bisa konsumsi suplemen untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh dengan lebih mudah dan aman. Beberapa orang cenderung lebih memilih konsumsi suplemen, terutama bagi mereka yang memiliki pola makan kurang baik, tidak teratur atau kurang bernutrisi.

Maka dari itu, pastikan Anda memilih suplemen dengan kandungan yang tepat dan sesuai yang Anda butuhkan. Mengingat pentingnya daya tahan tubuh di masa pandemi, maka kesehatan menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap orang.

Salah satu suplemen penambah imunitas tubuh Anda bisa mencoba Redoxon. Redoxon hadir dengan sangat baik dalam menjaga daya tahan atau sistem imun tubuh sudah selama 80 tahun, sehingga terbukti manfaat dan khasiatnya bagi tubuh.

Redoxon telah menawarkan produk yang efektif untuk membantu Anda dalam mendukung daya tahan tubuh yang lebih baik setiap harinya.

Ada banyak manfaat spesifik konsumsi Redoxon, diantaranya adalah membantu keluarga Anda supaya tidak gampang jatuh sakit, serta mendukung imunitas anak supaya pertumbuhan dan perkembangannya makin sehat. Selain itu, manfaatnya dalam meningkatkan sistem imun tubuh juga membuat Anda lebih mudah dalam menghadapi setiap tantangan aktif dalam hidup.

Redoxon bisa dengan mudah Anda dapatkan, lantaran dijual secara bebas di pasaran. Suplemen ini mengandung berbagai kebutuhan vitamin dan mineral Anda dengan sangat baik, termasuk adanya Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D, serta zinc. Dengan bantuan Redoxon, sistem imunitas Anda akan semakin baik dan resiko terpapar Covid-19 juga semakin kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.