Mengenal Digital Marketing, Kelebihan, dan Jenisnya

Digital marketing adalah sebutan populer yang kini banyak digunakan untuk mempromosikan produk. Dahulu ketika sebuah brand ingin mempromosikan merk mereka, maka biasanya brand tersebut akan memasang di majalah, televisi, memasang banner di jalan raya, atupun menyebarkan brosur ke khalayak ramai. Namun kini seiring dengan perkembangan teknologi, promosi lebih masif melalui media digital seperti internet.

Secara sederhana digital marketing adalah upaya sebuah penjual untuk mempromosikan barang atau jasa menggunakan media digital. Mengingat semua orang sekarang menghabiskan waktu untuk menatap layar gadget mereka, maka digital marketing adalah ide tepat agar promosi berjalan lebih mudah, cepat, dan murah, serta tepat sasaran kepada calon konsumen.


Apa Kelebihan dari Digital Marketing

Jika membandingkan dengan pemasaran secara konvensional, pemasaran melalui media digital memiliki kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya.

1. Promosi Lebih Cepat

Dengan menggunakan media online, maka dapat melakukan srategi pemasaran dengan sekali klik. Tanpa harus mengeluarkan biaya transportasi sebagaimana pemasaran konvensional.

2. Jangkauan Lebih Luas

Dengan internet, jangkauan promosi menjadi lebih luas dan tak terbatas. Bahkan bisa menjangkau seluruh Indonesia hingga di luar negeri dengan mudah.

3. Target Konsumen yang Lebih Jelas

Jika beriklan di televisi, banner di jalan, atau brosur, maka tidak semua orang yang mendapatkannya adalah calon konsumen. Namun dengan memasarkan melalui internet, bisa fokus mengirim promosi kepada target konsumen sesuai umur, pekerjaan, tempat tinggal, hingga ketertarikan.

4. Membangun Kepercayaan

Eksistensi di dunia maya menjadi penting, karena konsumen akan melakukan pencarian online sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk.

Jenis Digital Marketing

Jika anda hendak memulai pemasaran produk maupun jasa melalui media digital, maka dapat memilih salah satu dari beberapa jenis pemasaran yang paling sesuai dengan produk atau jasa anda.

1. Website

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Sebuah brand yang memiliki website seperti memiliki toko online mereka sendiri. Keberadaan website juga menjadikan konsumen memiliki kepercayaan dan nilai lebih dibandingkan yang tidak memiliki website. Brand besar biasanya memiliki website mereka sendiri sehingga tampak professional.

2. Search Engine Marketing

Setelah membuat website tentu butuh optimasi sehingga website anda muncul di halaman pertama google ketika konsumen mencari produk anda. Agar muncul di halaman pertama ada dua teknik yang digunakan. Yang pertama adalah SEO yang membutuhkan waktu lama namun gratis dan SEM yang berbayar namun bisa langsung tayang saat itu juga.

3. Sosial Media Marketing

Sebagian besar konsumen anda menghabiskan waktu berselancar di media social. Maka buatlah akun Instagram, Twitter, Tiktok yang khusus mempromosikan jualan anda. Berikan calon konsumen anda konten yang menarik dan bermanfaat agar mereka tertarik untuk mengikuti dan membeli produk anda. Sudah banyak brand atau penjual yang laris berkat konten mereka yang viral di media sosial.

4. Endorsement

Banyak toko online yang bekerja sama dengan artis atau influencer untuk mempromosikan jualan mereka. Cara ini cukup efektif namun perlu untuk mengetahui engangement dari influencer yang akan diajak bekerja sama.

Misal jika anda berjualan kerudung maka bekerja sama dengan selebgram hijab untuk dipromosikan di akun Instagram influencer tersebut. Selain selebgram, bisa juga bekerja sama dengan Youtuber atau seleb Tiktok yang sekarang sedang naik daun.

5. Online Advertising

Pernahkah anda membuka situs besar seperti situs berita detik.com dan melihat ada banner iklan? Itulah yang disebut dengan online advertising.

Promosi melalui banner yang terpasang di situs dengan banyak pengunjung sehingga calon konsumen menjadi familiar dengan produk anda. Namun cara ini memiliki biaya paling mahal dibandingkan jenis digital marketing lainnya.

Bagikan Artikel melalui :