Menjaga Imun Tetap Kuat, Konsumsi 7 Buah Super Ini Solusinya

Diposting pada


Menjaga imun agar tetap kuat adalah salah satu hal yang paling penting saat pandemi ini. Karena imun adalah sistem yang memiliki peran paling penting untuk kesehatan tubuh. Selain itu imunitas tubuh juga memiliki fungsi utama lainnya yakni mencegah radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit atau meningkatkan potensi munculnya penyakit lain.

Tanpa sistem imun yang kuat tubuh akan mudah terkena virus, kuman, atau penyakit. Di masa pandemi yang hebat ini misalnya, siapa saja bisa terkena virus corona tanpa pandang bulu, umur, dan gender.

Tentu saja kita tidak ingin diri kita, dan keluarga serta orang orang terdekat kita sampai terkena virus atau bahkan menularkan kepada yang lainnya. Maka menjaga sistem imun adalah sebuah keharusan bagi setiap orang. Sebelum membahas lebih lanjut tentang 7 buah super solusi menjaga imun tetap kuat, ada baiknya untuk mengetahui apa itu sistem imun tubuh.

Apa Itu Sistem Imunitas Tubuh?

Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imun tubuh merupakan sistem perlindungan yang ada di tubuh semua manusia, atau biasa kita sebut dengan sistem kekebalan tubuh. Dan sekali lagi fungsi utama sistem imun tubuh adalah untun mencegah radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit, atau meningkatkan potensi munculnya penyakit lain.

Baca Juga: Mengenal Sistem Imunitas dan Cara Meningkatkannya

Jika sistem ini tidak berfungsi dengan baik maka benefit nya juga akan berkurang, dan berdampak bagi kekebalan tubuh kita. Jadi, tugas kita adalah untuk menjaga imun tetap kuat.

Pembagian Sistem Imun Tubuh Manusia

Perlu kita ketahui sistem imun tubuh terbagi menjadi tiga yaitu

  1. Sistem Imun Bawaan
    Merupakan sistem yang sudah ada sejak kita lahir. Fungsi nya adalah untuk melawan patogen.
  2. Sistem Imun Adaptif
    Merupakan sistem yang terbentuk otomatis setelah seseorang mendapat vaksin, atau ketika tubuh terancam penyakit. Fungsinya adalah untuk membangun antibodi, yang mampu membedakan jenis patogen.
  3. Sistem Imun Pasif
    Seringkali kita menyebutnya sebagai sistem imun pinjaman, yakni perpindahan antibodi dalam tubuh ke individu lainnya. Contohnya sistem imun yang didapatkan seorang bayi dari plasenta ibunya sebelum kelahirannya.

Meskipun semua manusia memiliki ketiga sistem tersebut, bisa saja sistem imun akan turun kinerjanya jika kita tidak mendorong diri untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Ada banyak cara yang mampu meningkatkan sistem imun kita tetap kuat. Salah satunya dengan menjaga pola makan yang sehat, yakni dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah.

Kenapa Harus Sayur, dan Buah untuk Menjaga Imun Tetap Kuat?

Karena buah dan sayur mengandung banyak serat, vitamin C, dan antioksidan, yang merupakan kunci penjagaan imunitas tubuh agar tetap kuat.

Vitamin C merupakan nutrisi paling penting yang tubuh butuhkan. Ia memiliki peran penting dalam aspek kekebalan. Yakni untuk pertumbuhan, dan fungsi sel- sel kekebalan, serta produksi antibodi.

Vitamin C juga mampu menghilangkan radikal bebas, dan mencegah serta memperbaiki kerusakan sel-sel pada tubuh.

Sama halnya dengan antioksidan yang juga memiliki fungsi mencegah serta memperbaiki kerusakan sel-sel pada tubuh.

Nah, beberapa buah ini memiliki julukan sebagai buah super karena kaya akan serat, vitamin C, dan antioksidan. Tentunya cocok untuk anda yang masih bingung harus mengonsumsi buah apa untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar tetap kuat.

Buah Super untuk Menjaga Imun Tubuh Tetap Kuat

Ada beberapa jenis buah-buahan yang dapat kita konsumsi untuk meningkatkan imun tubuh yaitu:

1. Menjaga Imun dengan Buah Jeruk

Gambar Buah Jeruk

Buah sejuta umat dengan warna oranye dan rasa manis asam ini ternyata memiliki banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa jus jeruk merupakan minuman yang paling sehat sedunia karena cakupan vitamin C di dalamnya yang sangat melimpah.

Terkadang ada beberapa jenis jeruk yang memang terasa asam, namun jika sudah masuk dalam tubuh maka sifatnya akan menjadi basa. Selain itu, buah jeruk juga kaya akan serat, vitamin c, dan antioksidan yang tinggi. Keduanya itulah yang mampu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Beberapa fungsi kandungan dari jeruk antara lain meningkatakan daya tahan tubuh, melindungi diri dari kanker, juga menjaga tekanan darah tinggi. Kandungan fruktosa dalam jeruk juga mampu menstabilkan gula darar, serta masih banyak lagi manfaat buah jeruk.

2. Buah Kiwi Untuk Kesehatan Paru-Paru

Gambar Buah Kiwi

Buah kiwi adalah tanaman rambat yang dagingnya berwarna hijau yang rasanya manis asam. Tentu kita tahu bahwa buah ini biasanya menjadi topping di atas kue tart atau dessert-dessert lainnya.

Buah kiwi juga kerapkali menjadi pilihan untuk para pendiet yang ingin melengkapi asupan serat yang cukup. Kandungan vitamin C, E, dan kaya akan serat, serta folat mampu menjaga keseimbangan, dan kebugaran tubuh.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan nan unik, buah kiwi ini ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Jika kita mengonsumsi buah kiwi minimal 180 gram di pagi hari, maka itu setara dengan kebutuhan vitamin C kita dalam sehari. Sebagaimana kita tahu bahwa vitamin C adalah unsur terpenting untuk menjaga sistem imun tubuh tetap kuat.

Selain itu kandungan vitamin C, dan antioksidan yang terdapat di buah kiwi dapat meredakan gejala asma. Sebuah penelitian memaparkan bahwa sering mengonsumsi buah termasuk buah kiwi, mampu memperbaiki kondisi paru paru.

Kiwi juga dapat berperan sebagai prebiotik, yakni dengan meningkatkan bakteribaik dalam usus. Maka kandungan serat dan prebiotik dalam buah kiwi baik untuk kesehatan pencernaan.

Di samping itu, kiwi juga mengandung serotonim yang berperan sebagai meningkatkan daya ingat, dan fungsi kardiovaskulas. Wah banyak sekali bukan kandungan serta manfaat buah ini?

3. Buah Pisang Solusi Menjaga Imun Tubuh

Gambar Buah Pisang untuk Menjaga Imun Tubuh

Siapa sih yang tidak kenal pisang. Buah favorit sejuta umat yang amat banyak di pasaran, ini ternyata memiliki kandungan yang tak kalah super dari buah lainnya.

Buah pisang memiliki puluhan jenis di dunia. Beberapa di antaranya pisang ambon, pisang raja, pisang cavendish, dan masih banyak lainnya.

Perlu kita ketahui bahwa di dalam sebutir pisang berukuran sedang terdapat kandungan potasium yaitu kalium, serat, dan zat besi. Buah pisang juga mengandung vitamin C yang tinggi, vitamin B6, magnesium, dan 105 kalori.

Kandungan vitamin, dan nutrisi dalam buah tersebut juga bisa menjadikan pisang sebagai superfood. Bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, dan menjaga imunitas tubuh, apabila kita rutin mengonsumsinya.

Buah pisang mampu memberikan energi yang cukup untuk mengawali aktivitas di pagi hari. Tidak heran jika pisang selalu menjadi andalan untuk sarapan pagi.

Tahukah anda jika mengonsumsi dua buah pisang bisa memberi energi yang cukup untuk berjalan sampai satu setengah jam, hebat bukan?

4. Mencegah Demensia dengan Konsumsi Buah Apel

Gambar Buah Apel untuk Menjaga Imun Tubuh

Apel merupakan salah satu buah favorit yang wajib ada di atas meja makan kita. Entah mengonsumsinya untuk cemilan, atau memang paling cocok untuk membuat olahan kue pie.

Buah yang pada umumnya kulitnya berwarna merah, hijau, atau kuning ini memiiki kandungan air yang cukup bannyak. Sehingga rasa buah apel tidak hanya manis, tetapi memberi kesan menyegarkan.

Buah apel memiliki keunggulan tersendiri memang, mulai dari kulitnya yang bisa mencegah demensia, serta menurunkan risiko kardiovaskuler. Sampai dagingnya pun mengandung vitamin A, C, dan antioksidan yang tinggi untuk menjaga sistem imun tetap kuat. Kandungan flavonoid nya juga bisa mengurangi risiko kanker, dan diabetes, hingga jantung. Luar biasa sekali bukan?

5. Buah Pir Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Gambar Buah Pir untuk Menjaga Imun Tubuh

Buah berwarna krem atau kuning dengan kandungan air yang banyak ini seringkali menjadi pencuci mulut yang segar setelah makan makanan yang berat atau berlemak. Tekstur daging buahnya yang kasar dan berair inilah yang membuat siapapun yang memakannya merasakan kesegaran.

Buah pir ini sangat bermanfaat bagi sistem imun tubuh karena kaya akan serat, dan memiliki kadar antioksidan yang tinggi. Sehingga makan 1-2 buah pir dalam sehari mampu meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu menjalankan fungsi tubuh lainnya.

6. Buah Mangga, Buah yang Kaya akan Lutein dan Zeaxhantin

Gambar Buah Mangga untuk Menjaga Imun Tubuh

Siapa yang tidak kenal buah legend ini? Yaps buah mangga memang memiliki banyak sekali keunikan mulai dari pengolahan buahnya untuk menjadi sirup, jus, kue. Sampai menjadikannya sebagai komposisi dari sabun, bodycare, atau skincare lainnya.

Nah tahukah kamu jika mangga juga memililki banyak sekali manfaat di dalam kandungannya. Seperti kandungan lutein dan zeaxanthin, keduanya merupakan antioksidan yang paling banyak terkandung pada buah mangga.

Fungsinya adalah untuk membantu fungsi retina dan fungsi lensa mata. Kandungan vitamin C, dan serat yang tinggi di dalamnya pun mampu membantu meningkatkan imunitas tubuh kita.

7. Buah Nangka Penangkal Radikal Bebas

Gambar Buah Nangka untuk Menjaga Imun Tubuh

Buah nangka adalah buah yang kaya akan kandungan kalium di dalamnya. Yang mana mampu membantu kesehatan jantung, dan sistem peredaran darah.

Buah nangka juga salah satu buah bernutrisi tinggi dan mengandung antioksidan yang tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa banyak mengonsumsi makanan dengan antioksidan tinggi dapat menangkal radikal bebas yang mampu menimbulkan penyakit kronis termasuk kanker, juga menjaga sistem imun tubuh tetap kuat.

Tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, bijinya pun memiliki kandungan yang tak kalah luar biasanya. Olahan biji nangka dalam bentuk obat herbal berguna mengatasi berbagai masalah pencernaan. Seperti sembelit, dan mengatasi gejala wasir, serta penyakit radang usus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.