Nasihat dan Inspirasi Jack Ma untuk Anak Muda

Siapa yang tidak kenal dengan Jack Ma, seorang pebisnis berkebangsaan Tionghoa yang juga merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari perusahaan raksasa Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok bahkan dunia.

Banyak sekali inspirasi hidup yang bisa kita ambil darinya, berikut nasihat Jack Ma untuk generasi zaman now:

Jika kamu berusia 25 tahun jangan khawatir setiap masalah adalah pendapatan yang baik buat kalian, saya memberitahu diri saya dan Anak-anak Muda.

Sebelum usia 20 tahun, jadilah murid yang baik kalau mau berbisnis pelajari pengalamannya.
Sebelum usia 30 ikuti seseorang (berkerja diperusahaan kecil) umumnya diperusahaan besar sangatlah baik belajar proses pengerjaan karena kalian merupakan bagian dari mesin besar. 

Ketika kamu berkerja di perusahaan kecil, kalian belajar tentang semangat dan impian kalian belajar melakukan banyak hal sekaligus pada satu waktu.
Sebelum usia 30 bukan masalah dimana perusahaanmu tapi siapa bos yang kamu ikuti, bos yang baik mengajarimu dengan baik.
Usia dari 30-40 kamu sudah berfikir untuk berkerja untuk dirimu sendiri (jika kamu benar-benar ingin jadi pengusaha)

Jika usiamu 40-50 tahun kalian harus melakukan segala sesuatu sesuai kemampuan kalian, jangan melompat kebidang lain…. sudah terlambat, kalian mungkin akan berhasil tapi tingkat kegagalan terlalu besar, jadi pada usia 40-50 pikirkan tentang bagaimana kamu fokus pada sesuatu sesuai dengan kemampuanmu.
Tapi jika usiamu 50-60 tahun berkerjalah untuk anak muda karena Anak Muda bisa melakukan lebih baik darimu jadi andalkan mereka, investasikan untuk mereka, pastikan mereka handal.
Jika usiamu diatas 60 tahun, gunakan waktumu untuk dirimu sendiri.

Ini nasihat saya untuk Anak Muda:

Usia 25 Tahun Buatlah Cukup Kesalahan

Jangan khawatir… kalian jatuh, lalu bangkit lagi.. kalian jatuh, lalu bangkit lagi nikmati saja kalian baru berusia 25 tahun.

Saya tidak punya ayah yang kaya, mencoba tes masuk Universitas semuanya gagal.
Saya mengajukan ke Harvard University sebayak 10 kali semua gagal mereka tidak mau menemuiku untuk terakhir kali
Saya mengambil fakultas keguruan yang merupakan ujian ke-3 kali dari 4 percobaan yang ada di kota
Saya melamar perkerjaan sebanyak 30 kali, semuanya ditolak.

Saat itu keadaan sangat sulit, saya sangat frustasi, karena saya mengajar di Universitas dan saya hanya mendapatkan 10 dollar perbulan, karena saya tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang bagus.

Tahun 1994 saya berdiskusi tentang ide saya mengenai internet, 23 teman tidak setuju “ini ide yang bodoh!”, ” kita tidak pernah mendengar tentang internet”, “kamu tidak tahu apa-apa tentang komputer” .

Saya tidak pernah berfikir saya pintar, tidak ada yang percaya saya bisa sukses karena setiap orang berkata “Orang ini berpikir gila dan berbeda.. berpikir tentang sesuatu yang tidak mungkin bisa berhasil”, saya mencoba meminjam $3000 dari bank prosesnya butuh 3 bulan tapi saya tetap tidak bisa mendapatkannya, Kami bebicara lebih dari 30-40 pemberi pinjaman bank, semuanya menolak..
Banyak yang berkata “Alibaba adalah contoh yang buruk”, tapi saya berkata “Alibaba bisa menjadi besar!, tapi saya percaya Alibaba bisa menjadi besar”, tapi saya tidak pernah menyangka Alibaba bisa sebesar sekarang.

Saya percaya bahwa sesuatu sedang menunggu saya disana sehingga saya harus berkerja keras untuk membuktikan diri saya, itulah pengalaman yang sulit.

Jadi kami berhasil mengumpulkan 50 Dollar dari 80 pendiri, kami memulainya, untuk 3 tahun pertama kami, bahkan kami tidak mendapatkan 1 dollar pun dari bisnis ini, itu tidaklah mudah, mengapa alibaba harus tetap berjalan, karena saya menerima banyak e-mail dari pelanggan mereka bilang “ini bagus sekali”, “kami tidak bisa membayarmu tapi ini sangat membantu kami, jika kamu terus membantu kami maka suatu hari kami akan berhasil”, dan saya percaya ini. 

Sedikit demi sedikit kami membangun bisnis kami, dan kami membangun ekosistem infrastruktur dan setelah 16 TAHUN.. Kami punya Alibaba Group, Tmall Group, Taobao Group, dan Ali Pay.

Orang berkata “kamu sangat pintar”, “Bagaimana kamu bisa membangun perusahaan seperti itu?”.

Bill Gates, Warren Buffett, Jack Welch, Larry Page, dan Mark Zukerberg, perbedaan orang-orang ini adalah mereka selalu optimis dengan masa depan, mereka tidak pernah mengeluh, mereka selalu berusaha mencoba menyelesaikan masalah orang lain.

Ketika kamu optimis selalu akan ada peluang

Orang sekarang juga sama, “Jack dimana peluangnya?, saya tidak punya pekerjaan”, “saya tidak punya ini”, “saya tidak punya itu”, kita berda diwaktu terbaik dia abad ini 

Aset terbaik yang kamu miliki saat ini adalah kamu masih muda

Jangan mengeluh, biarkan orang lain yang mengeluh 

Peluang selalu muncul ketika orang lain mengeluh

Pikirkanlah sesuatu yang bisa kamu lakukan berbeda, adakah sesuatu yang bisa dilakukan untuk membuat perbedaan? pikirkan itu dan mulai lakukan..
Saya melihat anak muda punya ide yang hebat di malam hari.. tapi di pagi hari, melakukan hal yang sama lagi di kanto, menjadi pengusaha kalian harus mulai melakukan sebelum orang lain melakukannya, kamu harus bangun tidur awal sebelum orang lain bangun tidur, kamu harus lebih berani dari orang lain 

Source Video

Bagikan Artikel melalui :