Penemu Muslim Hebat yang Di Akui Dunia, Nomor 4 Bikin Bangga

Diposting pada

Sebenarnya umat Islam tidak kalah hebat dengan Orang Barat dalam bidang sains dan keilmuwan lainnya. Bahkan ada beberapa penemu muslim hebat yang sudah diakui oleh dunia.

Buktinya ada beberapa penemu muslim yang penemuannya sudah diakui dunia. Bahkan didalam sejarah beberapa penemuannya sudah ada diklaim oleh Barat. Tentu saja klaim tersebut keliru karena tidak seharusnya mereka menghilangkan warisan tersebut dan diakui itu milik sendiri.

Baca Juga: Apa Pengertian Sejarah?

Fakta membuktikan bahwa penemuan di bidang sains tidak memiliki kemiripan dengan penemuan dari Yunani pada abad 16. Fakta lain juga menunjukkan bahwa penemuan tersebut sudah ada di dalam peradaban muslim atau Arab.

Misalnya sistem irigasi, kincir angin, kertas, uang, dan lain sebagainya. Kesemuanya itu termasuk dalam penemuan yang  dimiliki orang Islam. Namun beberapa penemuan sudah dibuktikan bahwa penemunya muslim.

Beberapa Penemu Muslim Yang Diakui Dunia

Sebagai umat Islam patut bangga bahwa beberapa penemuan yang sudah tersebar di dunia merupakan milik muslim. Bahkan itu semua harus dijadikan pelecut diri melakukan yang terbaik seperti penemu muslim tersebut.

Beberapa penemu tersebut bahkan sudah dikenal seluruh dunia. Siapa sajakah orang hebat umat Islam tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Al Khawarizmi

Gambar Ilmuwan Alkhawarizmi

Lebih pantas mendapat julukan bapak aljabar modern karena merupakan orang Islam yang menemukan atau sebagai perintis matematika. Berasal dari Khiva, nama aslinya adalah Muhammad Ibn Musa Al Khawarizmi.

Banyak yang salah menafsirkan kata Aljabar dikaitkan dengan karya modern. Padahal kata tersebut di ambil dari buku karyanya yang berjudul Hisab Al Jabir Wal Mukabalah. Malah banyak yang sering menyebutnya dengan kalimat kalkulasi integral dan persamaan supaya lebih keren.

Penemu muslim Al Khwarizmi juga disebut sebagai penemu bilangan nol. Bahkan dia juga sebagai penemu dan pengembang bilangan persepuluhan. Sistem aljabar merupakan penemuan terpenting dibandingkan yang lainnya milik Al Khawarizmi.

Penemuannya ini berbeda dengan matematika yang diterapkan oleh Yunani. Matematika tersebut termasuk murni. Maksudnya matematika untuk keperluan sehari-hari. Yang masih menggunakan huruf dan belum mengenal bilangan nol. Artinya matematika Yunani bersifat deduktif.

2. Ahmad IbnTulun

Gambar Ilmuwan Ahmad IbnTulun

Termasuk pencetus yang menemukan perawatan medis modern yang berupa rumah sakit. Nama rumah sakit tersebut bernama Al Fustat dan pertama kali didirikan di Kota Kairo, Mesir.

Rumah sakit Al Fustat menyediakan layanan gratis. Layanan tersebut diperuntukkan untuk yang membutuhkan. Bahkan ada pula perawatan bagi orang gangguan jiwa.

Al Fustat berdiri pada abad 9 yang pada waktu itu memiliki manajemen yang rinci dan maju. Sehingga membuat rumah sakit tersebut dikatakan sebagai rumah sakit modern.

3. Al Zahrawi

Gambar Ilmuwan Muslim Hebat Al Zahrawi 1

Penemu muslim ini juga hebat dalam dunia medis. Karena dia merupakan pelopor ilmu bedah. Maka dari itu sering disebut sebagai Bapak Ilmu Bedah Modern.

Bahkan dia juga yang mengenalkan benang untuk menutup luka. Atau dalam dunia medis disebut dengan catgut. Salah satu buku karangannya yang berjudul At Tasrif Liman Ajiza An At Ta’lif selalu menjadi rujukan bagi dokter sampai sekarang. Di dalam buku tersebut berisi tentang ilmu pembedahan, serta penemuannya yang berupa alat medis.

4. Ibnu Sina

Gambar Ilmuwan Muslim Hebat Ibnu Sina

Merupakan salah satu penemu dari umat  Islam yang terkenal dalam dunia kedokteran. Bahkan beliau memiliki julukan sebagai Bapak Kedokteran. Dalam dunia barat sering disebut sebagai Avicenna.

Dokter yang lahir di Persia ini juga bergelut sebagai penulis. Bahkan beberapa karyanya dijadikan sebagai acuan dalam ilmu kedokteran sampai sekarang. Seperti The Canon Of Medicine (Qanun Kedokteran) dan kitab Al Shifa atau The Book Of Healing.

Selain hebat dalam dunia medis, penemu muslim Ibnu Sina juga hebat ilmu agama. Bahkan ada beberapa sumber yang menyatakan kalau beliau sudah bisa menghafalkan Al Quran dalam usia 10 tahun. Karena karyanya lebih banyak berpusat pada ilmu kedokteran dan filsuf, salah satu penemu barat menyebutkan bahwa Ibnu Sina merupakan ilmuwan paling hebat dalam semua bidang.

5. Al Battani

Gambar Ilmuwan Muslim Hebat Al Battani

Termasuk penemu muslim hebat yang memiliki pengaruh besar di dunia. Salah satunya dalam bidang astronomi.  Yang ditemukan oleh Al Battani adalah penemuan hari.

Bahkan juga penemuan jumlah hari dalam setahun, yang dihitung berdasarkan waktu bumi mengelilingi matahari. Penghitungan yang dilakukan oleh Al Battani sangat akurat bahkan bisa menyamai kemampuan peralatan canggih.

Keakurat penghitungan Al Battani membuat penemu asal Jerman untuk menghitung kembali kalender Julian. Akhirnya kalender lama diganti yang baru dan dipakai sampai sekarang.

Penemu muslim Al Battani sudah termasuk astronom terbaik di dunia pada abad pertengahan. Karyanya yang terkenal berjudul Al Jiz sudah diterjemahkan dalam beberapa bahasa dan tersebar di seluruh dunia.

6. Ibnu Khaldun

Gambar Ilmuwan Muslim Ibnu Khaldun (1)

Selanjutnya adalah penemu yang dikenal sebagai bapak pendiri ilmu Histiografi, sosial, dan ekonomi. Termasuk ilmuwan muslim paling populer di dunia.

Pemikirannya tentang ekonomi sudah termasuk logis dan teoritis sejak dulu. Bahkan sebelum David Ricardo dan Adam Smith mengemukakan teorinya. Sejak remaja, Ibnu Khaldun sudah  menulis tentang pengamatannya yang sangat mendalam. Bahkan studi tersebut sudah menyebar di seluruh dunia.

7. Abbas Ibn Firnas

Ternyata pencetus konsep tentang pesawat terbang berasal dari penemu muslim yang bernama Abbas IbnFirnas. Beliau mendapatkan inspirasi tersebut berasal dari Al Quran surat Al Mulk ayat 19.

Termasuk ilmuwan yang cerdas,  ilmu mekanik sangat disukai oleh Abbas IbnFirnas. Beberapa penemuannya selain pesawat terbang adalah maket kubah langit dan Al Miqatah yang termasuk alat untuk menghitung waktu yang digunakan untuk menggerakkan air.

8. Ibn Al Haytham

Penemu muslim hebat selanjutnya adalah Ubn Al Haytham. Dia dikenal sebagai Bapak Optik Modern. Dia berhasil menemukan cara kerja mata ketika digunakan sehingga bisa menangkap gambar dengan detail.

Bukunya yang berjudul Kitab Al Manazir sangat terkenal di dunia sehingga dijadikan rujukan  dalam ilmu optik. Selain itu, Al Haytham juga berkontribusi dalam penemuan lensa, dispersi cahaya, dan cermin.

9. Khalid

Bukan penemu tentang ilmu pengetahuan seperti lainnya, khalid termasuk penemu kopi yang sudah mendunia sebagai minuman. Dari ketidaksengajan hewan yang digembalakan menjadi aktif sesudah makan biji tertentu. Dia pun membawa pulang biji tersebut dan mengolahnya menjadi minuman.

Untuk lebih mudahnya dia memberi nama kopi. Pada awalnya sering diminum oleh kaum sufi supaya kuat tidak tidur agar bisa berdoa sepanjang malam.

Namun lama kelamaan sudah menyebar sampai kini di seluruh dunia sebagai minuman favorit yang dikreasikan berbagai macam.

Itulah beberapa penemu muslim yang paling berpengaruh terhadap dunia. Sebagai umat Islam patut berbangga dan dijadikan sebagai lecutan untuk belajar lebih baik demi kemajuan umat Islam sekarang.

Yang perlu diingat, tanpa usaha keras maka akan sia-sia. Karena ilmuwan muslim sangat suka belajar dengan keras sehingga bisa menjadi penemu penting.

Jadi, sudahkah belajar hari ini? Banyak hal di sekitar yang bisa jadi inspirasi untuk penemuan-penemuan keren. Tinggal pelajari secara konsiten dan uji cobakan. Selamat bereksplorasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.