Pengertian Artikel dan Ciri-Cirinya Yang Wajib Diketahui

Diposting pada

Pengertian Artikel merupakan kata yang sudah tidak asing lagi terutama di dunia kepenulisan. Semua media informasi baik digital maupun konvensional pastilah memuat tulisan berbentuk artikel.

Isi tulisan dalam artikel berbeda dengan isi pada tulisan cerita fiksi karena artikel termasuk pada kategori non fiksi.

Sebelum mampu menuliskan artikel, seseorang perlu terlebih dahulu mengerti yang dimaksud dengan artikel. Pengertian mengenai artikel ini mampu dibedakan dalam pengertian yang dipahami secara umum akan sebuah artikel dan pengertian yang dikeluarkan oleh ahli.

Orang yang menguasai tentang bahasa dan lembaga resmi banyak yang mendefinisikan maksud atau pengertian dari sebuah artikel.

Pengertian Artikel Secara Umum

Pengertian artikel ditinjau dari sudut pandang umum adalah karya tulis yang dibuat berdasarkan kenyataan dan kriteria tertentu. Artikel juga dapat memuat ide atau gagasan dari penulisnya yang akan disampaikan kepada pembaca berdasar kenyataan dan data yang ada.

Apa Itu Karya Sastra?

Panjang dari artikel biasanya tidak memiliki batasan baku, dimana tujuan dari penulisan artikel adalah agar diterbitkan dalam berbagai media baik konvensional maupun digital.

Tema pembuatan artikel pun cukup beragam. Mulai dari tema sejarah, politik, kesehatan, ekonomi, desain, makanan, pendidikan, kebudayaanm sejarah, dan masih banyak hal lainnya.

Hampir semua aspek kehidupan bisa diangkat menjadi materi pembuatan artikel. Penulisan sebuah artikel biasanya menerapkan kaidah bahasa pokok atau bahasa yang sah. Meski demikian terdapat pula artikel yang memanfaatkan bahasa santai atau tidak resmi

Tujuan dari penulisan suatu artikel bisa beragam, ada artikel yang dimaksudkan untuk memberikan hiburan, menyampaikan opini, dan tentu saja menyampaikan kabar atau informasi.

Terdapat pula artikel yang memiliki maksud untuk menggiring pembaca bertindak sesuai yang diinginkan penulis meski secara tidak langsung. Pengertian artikel menurut kacamata umum akan sangat membantu seseorang memahami apa itu artikel.

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

Pengertian Artikel Menurut Para Ahli

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan artikel sebagai suatu karya tulis yang utuh atau lengkap. Contoh karya tulis lengkap adalah laporan dalam berita, esai pada majalah atau surat kabar, dan sebagainya.”

2. Ensiklopedia Pers Indonesia

Ensiklopedia Pers Indonesia memberikan pengertian artikel sebagai suatu bentuk karangan prosa yang diterbitkan melalui media massa dan mengulas poin permasalahan secara tidak berbelit-belit.

3. Sumandiria

Sumandiria mengartikan artikel sebagai suatu tulisan lepas dimana muatan di dalamnya bisa merupakan gagasan, atau pendapat dari seseorang.

Tulisan tersebut adalah untuk membahas secara menyeluruh dan tanpa tersisa tentang suatu permasalahan terkini dan bisa menimbulkan perdebatan.

Pembaca diharapkan akan mendapat berita, terpengaruh, merasa yakin, atau justru terhibur ketika membaca apa yang disampaikan dalam artikel.

4. Definisi Artikel Menurut Al-‘Aqli

Al-‘Aqli menyampaikan pengertian artikel yaitu tulisan yang dikeluarkan oleh setiap cabang ilmu. Setiap artikel akan mengulas suatu pokok permasalahan sampai selesai hingga menyeluruh. Artikel disampaikan secara tidak berbelit-belit dan intisari tulisan dapat dengan mudah diambil oleh pembaca.

5. Andi Baso Mappatato

Andi Baso Mappatato menyampaikan bahwa artikel adalah karya tulis yang disampaikan dengan lengkap. Artikel merupakan tulisan yang didasarkan pada data dan fakta serta tidak memiliki batas panjang tulisan secara pasti.

6. Rillan E. Wolseley

Pengertian artikel dari salah satu ahli bernama Rillan E. Wolseley menyebutkan bahwa artikel merupakan karangan yang dibuat tanpa memiliki ketentuan harus seberapa panjang. Tujuan dari tulisan tersebut adalah untuk menginformasikan kejadian nyata serta ide yang akan mendidik dan memberikan keyakinan, serta bisa menjadi hiburan bagi pembaca.

7. Webster’s Collegiate Thesaurus

Webster’s Collegiate Thesaurus menyebutkan bahwaartikel merupakan sebuah laporan atau pernyataan terbuka tentang tujuan dan pandangan seseorang atau suatu kelompok. Disamping itu artikel juga bisa merupakan suatu tulisan yang berisi bahan pelajaran, kritikan, catatan akan suatu peristiwa, dan juga survei. 

8. The America Desk Dictionary

Pengertian artikel berdasarkan The America Desk Dictionary yaitu tulisan yang merupakan bagian dari karya tulis non fiksi yang memiliki bentuk tidak terikat, serta menjadi salah satu bagian untuk diterbitkan seperti halnya laporan esai.

9. Webster’s New World Dictionary

Webster’s New World Dictionary menyatakan pengertian artikel secara ringkas sebagai sebuah karya tulis berdasar data dan fakta. Tulisan tersebut biasanya disampaikan dengan lengkap namun singkat layaknya tulisan pada berita yang ada dalam media cetak.  

Ciri-Ciri Artikel

Artikel merupakan karya tulis yang didasarkan pada keadaan sesungguhnya atau realita dan tentu saja berbeda dengan karangan fiksi.

Karya tulisan yang dapat disebut artikel tentu saja wajib memenuhi kriteria atau kaidah penulisan suatu artikel.

Hasil tulisan bisa dikategorikan dalam artikel bila tulisan tersebut memiliki ciri-ciri artikel. Ciri-ciri artikel secara umum adalah sebagai berikut.

  • Muatan pada artikel didasarkan pada fakta, bukan berdasar pada kabar yang belum tentu bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya
  • Berita ataupun data yang dipakai untuk menuliskan artikel didapatkan dari obyek atau sumber yang bisa dipercaya dan tidak hanya berdasar gagasan orang yang menulis.
  • Sifat suatu artikel yaitu informatif sehingga bisa memberi manfaat bagi orang yang membaca.
  • Penggunaan bahasa resmi atau sesuai ketentuan baku menjadi ciri khas artikel.
  • Penulisan artikel memanfaatkan susunan teratur sehingga gampang dipahami oleh orang para pembacanya.
  • Apabila menuliskan artikel ilmiah, maka pendapat atau opini dari penulis harus tetap didasarkan data dan atau fakta.

Inilah 3 Hal Yang Wajib Ada Pada Artikel

Tiga hal pokok yang wajib ada sebagai penyusun artikel akan membuat suatu artikel menjadi utuh. Pengertian artikel sebagai sebuah karya tulisan yang menyampaikan informasi berdasarkan realita akan kurang lengkap jika bagian-bagiannya tidak tersusun secara utuh.

Di bawah ini adalah 3 hal utama yang wajib ada dalam artikel.

1. Alinea Pembuka Atau Bagian Kepala

Didalam artikel alinea pertama dinamakan alinea pembuka atau bagian kepala. Alinea pertama ini menjadi bagian krusial karena dapat menentukan apakah pembaca akan melanjutkan membaca artikel atau berhenti hanya pada alinea pembuka.

Kepala sebuah artikel hendaknya menyajikan kalimat-kalimat menarik sehingga pembaca tergerak melanjutkan membaca hingga selesai.

2. Bagian Tubuh

Hal utama pada sebuah artikel terdapat dalam isi. Sebagus apapun alinea pembuka, namun jika muatan yang dibahas kurang menarik atau tidak berbobot, maka artikel tersebut akan sia-sia.

Seperti uraian pengertian artikel di atas, maka pokok persoalan yang dijadikan bagian utama dari pembahasan akan dijumpai pada bagian ini.

Poin penting dari artikel haruslah tetap tertuju kepada pokok bahasan yang hendak disampaikan, sehingga tidak melenceng.

3. Alinea Akhir Atau Paragraf Penutup

Setelah semua pokok penulisan artikel tertuang dalam bagian utama artikel, maka alinea penutup atau alinea kaki akan memiliki peran sebagai tempat untuk meletakkan kesimpulan secara singkat. Kalimat yang menjadi kunci dari keseluruhan isi artikel akan tertuang dalam paragraf terakhir ini.

Alinea akhir ini haruslah mempunyai kesinambungan dengan bagian alinea pembuka dan juga isi. Hal ini dimaksudkan agar alinea penutup tidak berdiri sendiri atau sekedar menjadi formalitas untuk mengakhiri  artikel.

Sampaikan kesimpulan dari apa yang diulas pada segmen pokok artikel secara lugas. Simpulan yang ringkas dan mudah dimengerti oleh pembaca menjadi bagian dari pengertian artikel.  

Meskipun banyak pendapat berlainan dari ahli mengenai pengertian artikel, namun menurut pendapat umum artikel adalah tulisan yang didasarkan pada fakta.

Alinea pertama, bagian tubuh, dan penutup adalah tiga bagian yang wajjib ada dalam sebuah artikel. Demikianlah pengertian dari artikel yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.