pengertian bahasa

Pengertian Bahasa | Sejarah, Definisi Para Ahli, Fungsi, dan Manfaat

Diposting pada

Mungkin diantara kita ada yang penasaran apa itu bahasa, pengertian bahasa dan sejarah bahasa bisa muncul.

Berikut penjelasan tentang pengertian bahasa, sejarah bahasa, definisi bahasa menurut para ahli dan berbagai penjelasan lainnya:

Pengertian Bahasa

Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki oleh manusia untuk dapat berkomunikasi dengan manusia yang lainnya, dalam bentuk kata maupun gerakan. Istilah bahasa sendiri diambil dari bahasa sanskerta yaitu भाषाbhāṣā.

Bahasa juga merupakan alat komunikasi yang dapat berupa sistem lambang bunyi yang dihasilkan dari alat ucap manusia. Kajian ilmiah yang mempelajari bahasa secara lebih dalam disebut dengan linguistik.

Menurut WikiPedia diperkirakan bahwa jumlah bahasa yang ada di seluruh dunia berjumlah sekitar 6.000–7.000 bahasa. Namun perkiraan pasti dari jumlah bahasa sendiri ditentukan oleh perubahan pada masing-masing wilayah yang ada diseluruh dunia.

Didalam istilah bahasa juga dikenal dengan bahasa alami. Bahasa alami adalah bahasa yang ditunjukan dengan bicara atau bahasa isyarat. Namun dalam bahasa juga dapat berupa media kedua selain bicara secara langsung maupun isyarat.

Media kedua dari bahasa dapat berupa audio, visual, dan lain sebagainya. Media kedua tersebut bersifat secara tidak langsung, maksudnya disampaikan oleh yang menyampaikan secara tidak langsung melalu media tertentu. Misalnya dalam bentuk gambar, tulisan, maupun siulan.

Baca juga: Pengertian Cerpen, Novel, dan Drama

Pada dasarnya bahasa manusia tergolong sebagai bahasa yang unik karena bersifat produktivitas, rekursif, dan dapat mengalami berbagai perubahan bergantung pada edukasi sosial masyarakat.

Pada dasarnya bahasa terdiri dari berbagai kata dan kumpulan kalimat. Masing-masing dari keduanya memiliki makna tersendiri.

Lambang dari kumpulan kata dikenal sebagai kosa kata, dan para ilmuan dalam bidang bahasa menyusunnya sehingga menjadi alfabetis.

Seiring berkembangnya zaman bahasa pun juga ikut berkembang, sehingga dalam pengucapan bahasa dikenal adanya berbagai aturan-aturan untuk dapat merangkai kata menjadi sebuah kalimat.

Sejarah Munculnya Bahasa

Saat membahas istilah awal munculnya bahasa tidak sedikit para ilmuan yang menyebut bahwa bahasa adalah sangat kompleks. Hal tersebut yang membuat umumnya seseorang tidak dapat membayangkan darimana bahasa itu muncul dari ketiadaan dalam bentuk akhirnya.

Bahasa sendiri mulai berkembang sejak masa awal di antara pada leluhur manusia kita, yaitu dari sistem pralinguistik. Diperkirakan saat ini ada lebih dari 70.000 bahasa yang ada di dunia ini.

Dimulai dari bahasa yang paling banyak digunakan di dunia ini yaitu bahasa Mandarin, dengan sekitar 1,1 milyar orang. Lalu disusul dengan bahasa Spanyol dengan 410 juta orang, dan Inggris dengan 330 juta orang.

Menurut salah satu tokoh intelektual bernama Noam Chomsky mengatakan bahwa bahasa sudah muncul sekitar 60.000 hingga 100.000 tahun yang lalu. Sebelum munculnnya bahasa manusia hanya mampu berkomunikasi sebatasnya hanya dengan menggunakan mulut maupun gestur tubuh.

Siiring berkembangnya zaman otak manusia mulai mengalami adanya evolusi sehingga menjadi lebih kompleks. Sehingga manusia mulai memahami adanya nama benda, makanan, dan lain sebagainya.

Di dalam Islam hal tersebut sudah disebutkan dimana allah subhanahu wata’ala mengajarkan manusia pertama di muka bumi ini (Adam ‘alaihissalam) berbagai nama-nama benda dan semua yang ada di bumi (QS. Al-Baqarah 1:31).

Awalnya manusia hanya menggunakan satu konstruksi kata, misalnya pohon dan mangga saja. Kemudian manusia semakin berpikir secara mendalam bagaimana membuat istilah kedua benda yang berkaitan tersebut menjadi 1 konstruksi kata yaitu pohon mangga.

Hingga pada saat ini seiring semakin berkembangnya otak manusia maka semakin kompleks lah berbagai macam bahasa yang ada di dunia ini.

Definisi Bahasa Menurut Para Ahli

1. Plato

Definisi bahasa menurut para plato adalah suatu pernyataandari pikiran seseorang dengan perantaraan nama benda atau sesuatu (onomata) dan ucapan (rhemata) yang merupakan cerminan dari ide seseorang yang ada dalam arus udara lewat mulut.

2. William A. Haviland

Definisi bahasa menurut para William A. Haviland adalah suatu sistem bunyi yang apabila digabungkan berdasarkan aturan tertentu dapat menimbulkan arti yang mampu ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa tersebut.

3. H. G Brown

Definisi bahasa menurut para H. G Brown adalah suatu sistem komunikasi yang menggunakan adanya sumber bunyi dari berbagai organ ujaran yang didengar oleh berbagai anggota suatu masyarakat.

4. Wibowo

Definisi bahasa menurut para Wibowo adalah suatu sistem simbol yang memiliki makna artikulasi dan dihasilkan oleh media ucap yang bersifat arbitrer (konvensional).

5. Pangabean

Definisi bahasa menurut para Pangabean adalah suatu sistem yang mengutarakan maupun melaporkan berbagai apa yang terjadi pada sistem saraf yang berkembang dan menghasilkan suatu bunyi. Bunyi tersebut digunakan untuk dapat menangkap argumen, peristiwa, maupun pendapat yang dimiliki oleh manusia sebagai suatu perkataan.

6. Harimurti Kridalaksana

Definisi bahasa menurut para Harimurti Kridalaksana adalah suatu sistem bunyi yang memiliki makna, sehingga dapat digunakan untuk komunikasi oleh suatu kelompok manusia yang mempunyai pikiran sebagai rencana suatu dialektika.

7. Kamus Linguistik

Definisi bahasa menurut para Kamus Linguistik adalah suatu sistem lambang bunyi pada arbitrearnya yang di gugus fungsikan oleh berbagai anggota masyarakat sebagai cara untuk kerja sama dalam mengidentifikasikan diri.

Fungsi Bahasa

  1. Mengadakan sebuah hubungan atau interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Sebagai pemuas rasa estetis manusia dengan menggunakan dan mengolah bahasa seindah-indahnya.
  3. Sebagai kunci berbagai pengetahuan lain didunia.
  4. Mempelajari berbagai naskah tua baik yang bersifat warisan kebudayaan, adat dan lain sebagainya.
  5. Sebagai alat komunikasi masyarakat yang bersifat penting.
  6. Sebagai alat untuk berfikir
  7. Sebagai alat untuk mengungkapkan suatu ide, pemikiran, maupun gagasan tertentu.

Manfaat Bahasa

  1. Memudahkan manusia dalam berkomunikasi antar satu sama lain.
  2. Memudahkan penyaluran suatu ide, gagasan, pemikiran maupun inspirasi.
  3. Sebagai akses masuknya berbagai ilmu pengetahuan
  4. Memudahkan pencarian suatu makna maupun hakikat pada berbagai naskah-naskah kuno.
  5. Membantu proses perkembangan suatu keilmuan tertentu.
Avatar
Founder and CEO pusilpen.online, pusatilmupengetahuan.com, saintek.id Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...