Kata “Bisnis” mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita, khususnya generasi milenials. Tapi apasih pengertian bisnis dan manfaat yang kita dapatkan darinya?

Nahh sebelum mulai pembahasan lebih lanjut kita harus tahu dulu nih darimana kata “Bisnis” berasal. Secara etimologi (bahasa) kata “bisnis” diambil dari bahasa Inggris yaitu “Bussiness” dan serapan dari kata “Busy”. Didalam Bahasa Inggris “Busy” memiliki arti Sibuk. Namun jika dikaitkan dengan bisnis maka korelasinya adalah untuk semua kalangan baik individu maupun masyarakat luas.

Sehingga secara sederhana bisnis merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang didalamnya memberikan dampak (Untung/Rugi) pada seseorang. Tapi apa sih sebenernya bisnis itu?, yuk kita bahas.

Apa Itu Bisnis?

Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang baik individu maupun masyarakat untuk menghasilkan keuntungan dengan melibatkan proses produksi, jual-beli, maupun pertukaran barang dan jasa.

Tujuan utama dari bisnis adalah untuk menghasilkan keuntungan baik berupa uang, barang maupun jasa. Seperti yang sudah kita bahas diatas, secara etimologi bisnis mempunyai arti Sibuk. Sibuk disini dimaksudkan bahwa setiap individu melakukan pekerjaan atau aktivitas untuk mendapatkan keuntungan.

Secara entitas, pengertian bisnis merupakan suatu unit, lembaga, atau organisasi yang bergerak melakukan kegiatan komersil, industri atau profesional untuk mendapatkan keuntungan.

Dari arti secara entitas tersebut dapat kita simpulkan bahwa secara umum ada 3 ruang lingkup bisnis yaitu:

  1. Badan Usaha
  2. Sektor Pasar
  3. Aktivitas Produsen

Badan usaha berperan sebagai industri yang menyediakan barang atau jasa dengan tujuan meraup keuntungan. Sektor pasar salah satunya pasar modal. Dan Aktivitas produsen yaitu kegiatan penggunaan barang atau jasa oleh pengguna atau produsen.

Konsep Bisnis

Sebagai kegiatan yang penting, bisnis mempunyai konsep didalamnya. Konsep bisnis sendiri merupakan ide fundamental yang menjadi dasar dari suatu bisnis. Sehingga konsep bisnis dapat membantu pengusaha untuk mengembangkannya menjadi rencana bisnis hingga visi dan misi bisnis.

6 Rekomendasi Bisnis Online Tanpa Modal

Contoh dari bisnis misalnya perusahaan Facebook yang pada mulanya mempunyai konsep menghubungkan suatu individu dengan individu lain sehingga terciptanya komunikasi jarak jauh. Hasil dari konsep tersebut sekarang Facebook tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi saja, melainkan juga sebagai media hiburan bahkan jual-beli.

Setidaknya ada beberapa komponen utama dari bisnis yang perlu kita ketahui yaitu:

  1. Strategi (Core Strategy)
  2. Sumberdaya (Resources)
  3. Perantara (Customer)
  4. Jaringan (Network)

Strategi atau Core Strategy merupakan visi dan misi dimulainya suatu bisnis yang didalamnya meliputi berbagai hal yang berisi tujuan dari dibangunnya suatu bisnis. Strategi bisnis juga harus diimbangi dengan sumberdaya yang strategis, sehingga dapat berkembang dengan baik.

Selain strategi dan inti sumberdaya, bisnis juga harus mempunyai target customer (Pelanggan) yang berperan menghubungkan informasi, dukungan, dan kualitas harga. Setelah memiliki 3 komponen tersebut, bisnis juga harus mempunyai jaringan yang berkualitas untuk memperkuat sumberdaya perusahaan.

Fungsi Bisnis

Sebagai kegiatan yang diharapkan bisa mendatangkan keuntungan, ada beberapa fungsi dari bisnis yang wajib kita ketahui yaitu:

  1. Fungsi Produksi (Form Utility)
  2. Distribusi (Place Uttility)
  3. Penjualan (Possesive Uttility)
  4. Penyimpanan atau Pemasaran

Fungsi produksi dalam bisnis dimaksudkan bahwa bisnis harus menghasilkan barang atau jasa sebagaimana yang dibutuhkan oleh individu atau masyarakat.

Bisnis juga harus dapat menyalurkan barang maupun jasanya ke lokasi strategis sehingga dapat dijangkau oleh konsumen.

Selain itu didalam bisnis, perusahaan juga dituntut untuk mempunyai kemampuan menjual suatu produk ke konsumen yang membutuhkan. Produk disini bisa dalam bentuk barang maupun jasa.

Tujuan Bisnis

Ada beberapa tujuan bisnis yang perlu kita ketahui yakni:

  1. Mendapatkan Keuntungan
  2. Menciptakan Lapangan Kerja
  3. Meningkatkan Kemajuan Ekonomi
  4. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat
  5. Membangun kesejahteraan Masyarakat
  6. Memberikan perusahaan eksistensi
  7. Menciptakan kesejahteraan bagi Produsen

Macam-Macam Bisnis

Ada banyak sekali macam-macam bisnis yang ada didunia. Namun, jika dilihat dari sektor ekonomi ada beberapa jenis bisnis yang bisa dikelompokan yaitu:

  1. Bisnis Transportasi
  2. Bisnis Komunikasi
  3. Perdagangan Besar
  4. Perdagangan Kecil
  5. Finansial
  6. Jasa
  7. Pertanian
  8. Produksi
  9. Manufaktur (Otomotif, Kayu, Farmasi, dll)
  10. Konstruksi

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian bisnis, tujuan, fungsi hingga manfatnya bagi masyarakat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Bagikan:

Dimas Shandy

I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.