Pengertian Cash Ratio

Pengertian Cash Ratio

Diposting pada

Setelah membahas terkait ekonomi makro kita lanjut membahas mengenai cash ratio. Saat mempelajari ekonomi tentunya istilah ini tidak asing lagi di telinga kita.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Makro

Cash ratio atau merupakan bagian dari rasio likuiditas merupakan metrik yang dapat memperkirakan tingkat ekuitas serta analis investasi yang paling bijaksana.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cash rasio atau rasio likuiditas serta berbagai hal yang berkailan didalamnya.

Pengertian Cash Ratio

Rasio kas adalah suatu ukuran likuiditas yang dapat menunjukkan kemampuan sebuah perusahaan dalam membayar utang jangka pendek dengan menggunakan kas dan setara kas.

Pada dasarnya cash rasio atau rasio likuiditas ini merupakan suatu metode yang digunakan untuk menyelesaikan suatu laporan dengan cepat.

Suatu laporan tersebut dapat digunakan untuk menentukan jumlah kas dan setara kas (dana) tersedia. Dana yang tersedia tersebut digunakan untuk membayar sebuah kewajiban dalam liabilitas dalam jangka waktu yang relatif pendek.

Rumus Cash Ratio

Cara untuk menghitung cash rasio adalah dengan membagi aset jangka pendek yang paling likuid (aset yang tidak mudah diuangkan). Seperti setara kas dan kas dengan liabilitas jangka pendek.

Rasio Kas = Hutang Lancar/(Kas + Setara Kas) Rumus Cash Rasio

Keterangan:

  1. Cash adalah salah satu metode yang paling mudah digunakan untuk berbagai jenis transaksi, termasuk dalam pembayaran utang.
  2. Setara kas adalah suatu aset yang dapat dikonversi dengan waktu yang relatif cepat, menjadi sebuah uang tunai dan mempunyai tingkat risiko yang tidak signifikan.
    Contoh: tagihan T, rekening tabungan, dan instrumen pasar uang.
  3. Hutang lancar adalah utang suatu perusahaan yang harus dibayar secara tunai dalam jangka waktu satu tahun atau masih berada dalam siklus operasi perusahaan.
    Contoh:hutang dagang, kewajiban jangka pendek, dan provisi.

Dapat disimpulkan dari rumus tersebtu bahwa indeks likuiditas dapat menunjukkan jumlah uang atau setara seperti giro maupun tabungan perusahaan.

Tujuan Cash Ratio

Tujuan dari cash ratio sendiri adalah untuk dapat mengetahui atau memperhitungkan tingkat keamanan likuiditas pada suatu perusahaan.

Selain itu cash ratio juga memiliki tujuan untuk mengatasi masalah likuiditas pada suatu perusahaan.

Gambar Gravatar
Founder pusilpen.online/pusatilmupengetahuan.com Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, dan qothrunnadaa.com