Ekonomi Makro

Ekonomi Makro | Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup

Diposting pada

Mungkin banyak diantara kita yang pernah mendengar istilah ekonomi makro. Istilah ekonomi makro seringkali muncul saat mempelajari ekonomi.

Adanya perkembangan ekonomi negara Indonesia yang cukup pesat diakibatkan karena adanya kesinambungan antara perubahan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut yang akan dibahas di ekonomi makro.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Secara Lengkap

Berikut penjelasan mengenai ekonomi makro, mulai dari pengertian, tujan, ruang lingkup, hingga berbagai contohnya.

Pengertian Ekonomi Makro

Ekonomi makro adalah salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari secara khusus bagaimana mekanisme perekonomian dapat bekerja secara keseluruhan (aggregate).

Mekanisme perekonomian yang bekerja secara keseluruhan tersebut berkaitan dengan adanya efisiensi penggunaan dari faktor industri yang tersedia. Sehingga akan tercipta kemakmuran masyarakat secara lebih maksimal.

Ekonomi makro juga dapat digunakan untuk melakukan analisa terhadap berbagai target kebijaksanan, misalnya pertumbuhan suatu ekonomi, tenaga kerja, inflansi, serta adanya kesinambungan neraca pembayaran yang seimbang.

Baca juga: Pengertian Pelaku Ekonomi

Analisa yang dilakukan dalam ekonomi makro juga berkaitan dengan produsen secara keseluruhan. Selain itu juga pada konsumen bertujuan mengatur pengalokasian dana yang berasal dari pendapatan untuk membeli barang atau jasa.

Didalam buku karya Thamrin berjudul “Konsep Dasar Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi” disebutkan bahwa pengertian dari ekonomi makro adalah sebuah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang perekonomian pada sebuah negara secara komprehensif.

Didalam ekonomi makro juga mempelajari tentang hubungan kausal antara berbagai variabel aggregatif.

Tujuan Ekonomi Makro

1. Mengurangi Angka Pengangguran

Salah satu hal yang membuat suatu negara dinilai kurang baik dalam bidang ekonomi adalah karena adanya pengganguran di negara tersebut.

Hal tersebut tidak terkecuali di berbagai negara maju yang ada di dunia ini. Pasalnya pengangguran pastinya selalu ada di seluruh negara di dunia.

Berkaitan dengan hal tersebut ekonomi makro dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengurangi angka pengangguran pada suatu negara.

Pemerintah dapat mengurangi angka pengangguran tersebut dengan menggunakan ekonomi makro, karena ekonomi makro mampu mengurangi angka pengangguran bahkan hingga tingkat Employment.

2. Meningkatkan Pendapatan Nasional

Adanya ekonomi makro juga bertujuan sebagai sarana meningkatkan pendapatan nasional suatu negara.

Baca juga: Pengertian Biaya Peluang | Konsep dan Cara Menghitung

Hal tersebut disebabkan karena suatu negara dapat mengukur pertumbuan negaranya dengan mengetahui pendapatan nasional mereka. Sehingga membuat suatu negara memiliki kemampuan untuk membuat berbagai kebijakan efisien dan efektif dalam meningkatkan pendapatan suatu negara secara siginifikan.

3. Produksi Nasional Tinggi

Adanya investasi dapat mempengaruhi tinggi maupun rendahnya kapasitas dari suatu produksi.

Makro ekonomi juga dapat mempengaruhi peningkatan kapasitas produksi yang ada didalam negeri. Hal tersebut membuat meningkatnya produktivitas dari masyarkat yang kemudian juga akan mempengaruhi pendapatan masyarakat.

4. Mengendalikan Inflasi

Kenaikan harga pada suatu barang atau jasa disebabkan oleh adanya permintan konsumen yang terlalu besar terhadap barang atau jasa tersebut. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan terjadinya inflasi.

Adanya inflasi akan sangat berpengaruh pada perekonomian suatu negara, karena dapat membuat laju pertumbuhan pada sistem ekonomi suatu negara menjadi terhambat.

Baca juga: Pengertian Sistem Ekonomi Secara Lengkap

Selain itu adanya inflasi juga dapat meningkatkan angka pengangguran serta terjadinya penurunan nilai suatu mata uang pada sebuah negara.

Maka untuk dapat mencegah terjadinya inflasi pada ekonomi negara dibutuhkan langkah tepat untuk dapat mengendalikan inflansi. Salah satnya dengan mengguanakan ekonomi makro ini.

Ekonomi makro dapat mengendalikan inflasi dengan melakukan penerapan terhadap kebijakan makro seperti cash ratio dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian dan Rumus Cash Ratio

5. Meratanya Distribusi Pendapatan

Distribusi pembagian pendapatan suatu masyarakat harus adil. Sehingga hasil dari pengelolaan sumber daya pada suatu negara dapat dinikmati oleh rakyat secara merata.

Adanya pembagian pendapatan secara merata kepada masyarakat diharapkan dapat meningkatkan tingkat konsumsi sehingga menjadi lebih baik.

Ruang Lingkup Ekonomi Makro

  1. Penentuan tingkat kegiatan perekonomian pada suatu negara
  2. Pengeluaran secara menyeluruh (agregat)
  3. Kebijakan dari pemerintah

Demikian penjelasan terkait pengertian ekonomi makro, semoga dapat bermanfaat dalam menambah wawasan pengetahuan kita.

Gambar Gravatar
Founder pusilpen.online/pusatilmupengetahuan.com Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, dan qothrunnadaa.com