Pengertian Isim Isyarah dan Pembagiannya

Pengertian Isim Isyarah dan Pembagiannya

Diposting pada

Pada pembahasan yang telah lalu kita sudah membahas seputar isim ghairu munsharif dan berbagai hal lainnya.

Baca juga: Pengertian Isim Ghairu Munsharif

Pada kesempatan ini kita akan melanjutkan pembahasan yaitu mengenai pengertian isim isyaroh dan berbagai hal yang berkaitan lainnya.

Pengertian Isim Isyarah

Isim isyarah adalah suatu jenis kata yang berfungsi sebagai penunjuk sesuatu baik yang letaknya jauh maupun yang dekat. Sehingga isim isyarah sendiri biasa dikenal dengan kata tunjuk atan kata penghubung.

Didalam bahasa Indonesia isim isyarah seringkali dikenal dengan ‘ini’ dan ‘itu’. Sedangkan didalam pada bahasa inggris isim ini dikenal dengan sebutan “demonstrative pronoun” atau singkatnya merupakan suatu kata yang berfungsi untuk menunjuk atau menandai sesuatu secara khusus baik itu orang maupun benda.

Contoh dari “demonstrative pronoun” dalam bahasa inggris adalah “this/that” yang mempunyai arti yang sama dengan ‘ini’ dan ‘itu’.

Mungkin didalam bahasa Indonesia saat menunjuk sesuatu kita tidak perlu menggunakan banyak kaidah (ketentuan) seperti jenisnya dan lain sebagainya.

Sedangkan didalam Bahasa Arab tidak demikian, karena saat kita hendak menunjuk sesuatu dengan menggunakan kata tunjuk kita harus menyesuaikan jenis dari sesuatu yang kita tunjuk tersebut.

Jenis-jenis dari sesuatu yang hendak kita tunjuk ini bisa berupa jenis mudzakkar (laki-laki) maupun muannats (perempuan).

Selain harus menyesuikan jenis dari sesuatu yang hendak kita tunjuk tersebut, kita juga harus menyesuaikan jumlah dari sesuatu yang ingin ditunjuk tersebut.

Baca juga: Pembagian Isim Berdasarkan Jumlahnya

Jumlah sesuatu yang disesuaikan saat menggunakan kata tunjuk tersebut pun berbeda-beda, baik itu 1, 2, 3 dan seterusnya.

Apabila saat menggunakan kata tunjuk kita tidak menyesuaikan dengan jenis dan jumlah dari sesuatu yang akan ditunjuk tersebut, maka bisa dipastikan lawan bicara kita akan gagal paham.

Contohnya saat kita hendak menunjuk sesuatu berjenis mudzakkar (laki-laki) berjumlah 1 yang posisinya dekat maka kita menggunakan kata tunjuk “هَذَا“.

Sebaliknya, jika kita ingin menunjuk sesuatu yang berjumlah 1 dan posisinya dekat maka kita menggunakan kata tunjuk “هَذِهِ“.

Kata tunjuk “هَذَا” dan kata tunjuk “هَذِهِ” mempunyai arti yang sama yaitu “ini“, namun keduanya mempunyai jenis yang berbeda. Dimana kata “هَذَا” ditunjukkan untuk jenis mudzakkar (laki-laki) dan kata “هَذِهِ” untuk jenis muannats (perempuan).

Contoh penggunaan kata “هَذَا” dan “هَذِهِ” mempunyai penunjukkan sesuatu dengan jumlah yang sama yaitu tunggal, namun dengan jenis yang berbeda.

Jenis-jenis yang berbeda tersebut disesuaikan dengan jenis isim yang hendak ditunjuk. Seperti yang telah kita bahas bahwa isim berdasarkan jenisnya terbagi menjadi 2, yaitu mudzakkar dan muannats.

Baca juga: Pengertian Mudzakkar dan Muannats

Pembagian Isim Isyarah

pembagian isim isyarah
pembagian isim isyarah

Berdasarkan jaraknya isim isyarah (kata tunjuk) dapat terbagi menjadi 2, yaitu kata tunjuk dekat dan kata tunjuk jauh.

1. Kata Tunjuk Dekat (اِسْمُ الْإِشَارَةِ لِلْقَرِيْبِ)

Kata tunjuk dekat adalah suatu jenis dari kata tunjuk yang berfungsi untuk menunjuk sesuatu yang posisinya dekat atau jaraknya dekat.

Misalnya, saat kita hendak menunjuk sesuatu yang dekat dengan kita dan berjenis laki-laki maka kita menggunakan “هَذَا” (ini) dan lain sebagainya.

Jangan lupa… selain menyesuaikan kata tunjuk dengan jaraknya kita juga harus menyesuaikannya dengan jenisnya (mudzakkar/muannats).

Contoh Kata Tunjuk Dekat

Bahasa IndonesiaBahasa Arab
Ini ( mudzakkar/laki-laki )هَذَا
Ini ( dua laki-laki )هَذَانِ / هَذَيْنِ
Ini ( muannats/perempuan )هَذِهِ
Ini ( dua perempuan )هَتَانِ / هَتَيْنِ
Ini Jamakهَؤُلاَءِ
Contoh Kata Tunjuk Dekat

2. Kata Tunjuk Jauh (اِسْمُ الْإِشَارَةِ لِلْبَعِيْدِ)

Kata tunjuk jauh adalah suatu jenis dari kata tunjuk yang berfungsi untuk menunjuk sesuatu yang posisinya jauh atau jaraknya jauh.

Misalnya, saat kita hendak menunjuk sesuatu yang jauh dengan kita dan berjenis laki-laki maka kita menggunakan “ذَلِكَ” (itu) dan lain sebagainya.

Jangan lupa… selain menyesuaikan kata tunjuk dengan jaraknya (jauh/dekat) kita juga harus menyesuaikan dengan jenisnya (mudzakkar/muannats).

Contoh Kata Tunjuk Jauh

Bahasa IndonesiaBahasa Arab
Itu (mudzakar/laki-laki )ذَلِكَ
Itu ( muannats/perempuan )تِلْكَ
Itu (Jamak/banyak)أُولَئِكَ
Disiniهُنَا
Disanaهُنَاكَ
Jauh Disanaهُنَالِكَ
Contoh Kata Tunjuk Jauh

Contoh Kalimat Kata Tunjuk

Bahasa IndonesiaBahasa Arab
Ini bukuهَذَا كِتَابٌ
Itu buku ذَلِكَ كِتَابٌ 
Ini majalahهَذِهِ مَجَلَّةٌ
Itu majalahتِلْكَ مَجَلَّةٌ 
Ini dua bukuهَذَانِ كِتَابَانِ
Itu dua bukuذَانِكَ كِتَابَانِ 
Contoh Kalimat Kata Tunjuk

Demikian penjelasan mengenai pengertian kata tunjuk dan berbagai hal lainnya, semoga bermanfaat. Barakallah fiikum..

Avatar
Founder and CEO pusilpen.online, pusatilmupengetahuan.com, saintek.id Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...