Pengertian Karya Sastra Lengkap dengan Jenis dan Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Karya Sastra Lengkap Dengan Jenis Berikut Fungsinya – Secara global kesusastraan Indonesia adalah elemen bahasa indah, beraturan serta disajikan secara menarik.

Gaya bahasa indah dan tertata dengan baik meninggalkan kesan di kalbu penikmat sastrawi. Hal ini, seringkali menyebabkan orang awam menyetarafkan sastra sejajar dengan bahasa.

Kesusastraan memiliki bemacam bagian. Namun, secara umum hanya terbagi dua bagain yaitu kesusastraan lama serta baru (modern). Sebagai contoh karya sastrawi yakni pantun, puisi, novel, cerpen dan masih banyak lagi beserta karakteristik setiap jenis. Supaya semakin jelas kita simak yuk penjelasan lengkap mengenai nukilan satrawi.

Pegertian Karya Sastra

Kata sastra diambil dari bahasa sanskerta yaitu kata shastra yang memiliki makna instruksi atau pedoman. Kata “sas” yang berarti instruksi atau ajaran dalam Bahasa Indonesia di pakai untuk membidik pada kesusastraan.

Pengertian karya sastra secara umum yaitu sebuah karangan berupa tulisan yang sarat makna serta memiliki keelokan.

Pengertian sastra adalah hal yang tidak pernah selesai diperbincangkan setiap waktu. Hal ini selalu menjadi perdebatan sejalan dengan buah pikiran para pelaku sastrawi dan kemajuan masa.

Pengertian Karya Sastra Menurut Para Ahli

Supaya mengetahui perkembangannya, sebaiknya Anda mencermati pendapat pakar kesusastraan yang populer.

1. Mursal Esten

Pengertian karya sastra didefinisikan Mural Esten sebagai pencetusan fakta inovatif dan imaginatif selaku aktualisasi kehidupan bermasyarakat manusia.

Pengungkapan ini memakai bahasa selaku penghubung yang memiliki dampak bagus pada kehidupan kemanusiaan. Pengungkapan artistik menjadikan karya sastra tampak indah.

2. Terry Engleton

Menurut Terry Engleton karya sastrawi adalah sebuah karya tulis indah (letters belle) dengan format bahasa yang dirapatkan. Serta mendalamkan bahasa, membelitkan, diputarbalikkan, dipanjangpendekkan serta dibuat menjadi ganjil. Atau penciptaan estetis lainnya memakai bahasa selaku penghubung.

3. Atar Semi

Semi beranggapan bahwa pengertian karya sastra merupakan hasil pekerjaan seni artistic dan inovatif.

Kehidupan manusia merupakan obyek serta subyek dari seni kreatif menggunakan bahasa selaku penghubung. Pendapat ini pada intinya memiliki kemiripan dengan ahli sastrawi lainnya.

4. Panuti Sudjiman

Karya satra dideskripsikan sebagai sebuah karya dalam format lisan maupun tulisan oleh Panuti Sudjiman. Karya tersebut memiliki berbagai karakter serta keunggulan.

Keunggulan tersebut diantaranya adalah keartistikan, keorisinilan, kesenian serta keelokan muatan serta ungkapannya. Karya tersebut dibuat memakai bahasa yang elok.

5. Ahmad Badrun

Seperti halnya ahli kesusastraan lain, Ahmad Badrun mempunyai pendapat sendiri tentang pengertian karya sastra.

Kesusastraan menurut buah pikir Ahmad Badrun merupakan aktivitas seni yang memakai bahasa dan lambang lainnya. Bahasa dan lambang tersebut selaku instrumen untuk menciptakan sesuatu yang delusif.

6. Sumardjo Dan Sumaini

Definisi karya sastra yang diungkapkan oleh Sumardjo dan Sumaini mempunyai arti yang lebih luas. Menurut mereka kesusastraan merupakan seni berbahasa, karya sastra adalah ekspresi pikiran menggunakan Bahasa selaku penghubung.

Sumarjo dan Sumaini juga beranggapan bahwa karya sastrawi merupakan suatu kehidupan di segala rupa dalam sebuah inspirasi serta keelokan.

Selain itu, pengertian karya sastra menurut Sumardjo dan Sumaini merupakan sebuah buku berisi perasaaan manusiawi. Serta berisi tentang kebenaran serta bermoral kesucian. Muatan dalam buku tersebut berupa sentuhan, tinjauan luas serta format yang amat mempesona.

7. Damono

Ahli sastra berikutnya yaitu Damono menyatakan bahwa kehidupan sastrawi membawakan gambaran, dan kehidupan itu sendiri adalah fakta sosial.

Pengertian satra di sini menjelaskan bahwa isi karya sastra tentang kehidupan mencakup jalinan antara masyarakat dan individu. Interpersonal dan antar peristiwa yang terjadi dalam kalbu seseorang tertuang dalam karya sastra.

Jenis-Jenis Karya Sastra

Jenis-Jenis Karya Sastra

Sebagian Pengertian karya sastra menurut para ahli di atas mengedepankan karya imajinatif serta estetis. Hal ini di karenakan bidang ini identik dengan imaginasi seperti puisi, novel, prosa fiksi dan lainnya.

Jenis-Jenis Karya Sastra yang Wajib Kamu Ketahui!

Padahal banyak karya sastra berbentuk non-fiksi, hanya saja Anda merasa tidak sedang membaca karya sastrawi ketika menikmatinya.

Berikut beberapa jenis karya sastra yang harus kita ketahui:

1. Karya Sastra Non Imajinatif

Karya sastrawi yang bukan dari khayalan dan berlandaskan pada bukti nyata dan ilmiah disebut karya sastra non imajinatif.

Pembuatan karya sastra jenis non imajinatif menggunakan informasi yang diambil dari sumber terpercaya serta dikemas dalam tulisan yang menarik sehingga pembaca bisa menikmatinya. Sebagai contoh, esai, otobiografi, sejarah, kritik, catatan harian dll.

2. Karya Sastra Imajinatif

Berdasarkan pengertian karya sastra faktor iamjinatif sangat mendominasi. Jenis karya sastrawi imaginasipun dibagi menjadi dua yaitu puisi serta prosa.

Dalam prosa pun masih di terbagi dua bagian prosa fiksi yang terdiri dari novel, cerita pendek, dan roman. Serta prosa drama seperti komedi, tragedi, melodrama dll. Berikut penjelasan sebagian karya sastra imajinatif.

3. Puisi

Jenis karya sastrawi yang bermuatan ungkapan perasaan dinamakan puisi. Dalam puisi ada rima serta irama dan memakai kata-kata yang penempatannya tepat.

Baca Juga: Apa Itu Puisi?, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Bahasa yang digunakan dalam puisi berisi rima, irama dan kiasan. Bentuk puisi berupa bait-bait dengan letak yang tertata dan sangat memperhatikan ejaan.

4. Prosa Naratif Atau Fiksi

Selaras dengan pengertian karya sastra dari beberapa ahli, prosa merupakan kisah yang diperankan oleh pelaku berdasarkan hasil khayalan pengarangnya.

Khayalan atau imaginasi tersebut dirangkai menjadi sebuah cerita yang menarik. Cerita pendek, novel dan roman menjadi bagian dari prosa naratif.

5. Cerita Pendek (Cerpen)

Cerita pendek kerap disingkat cerpen merupakan cerita dalam bentuk fiksi menceritakan tentang kehidupan manusia yang tertuang dalam sebuah tulisan ringkas.

Pengertian cerpen yang lain yaitu sebuah kisah singkat yang berisi buah pikiran berbentuk khayalan.

Suatu tulisan bisa masuk dalam kategori cerita pendek apabila total kata di bawah 10ribu kata atau sekitar 10 halaman. Cerita pendek hanya terpusat pada seorang tokoh saja.

6. Novel

Jenis cerita fiksi yang memiliki banyak peminat ialah novel. Sebab itu novel dipilih buat diulas selaku contoh karya imajinatif dalam artikel mengenai pengertian karya sastra.

Lain halnya dengan cerpen, novel merupakan karangan prosa yang menceritakan tentang pelaku utama beserta tokoh lain di sekitarnya lengkap beserta sifat juga wataknya. Cerita dalam novel sangat panjang dan biasanya dibuat buku.

7. Roman

Bagian dari prosa yang melukiskan tindakan pelakunya bedasarkan akhlak serta karakter setiap tokoh disebut sebagai roman. Kisah berbentuk roman merupakan bentuk dari prosa baru.

Dalam prosa baru diceritakan kisah dari manusia dalam aktivitas menghadapi lingkungan. Kisah hidup insan manusia dalam roman dikaitkan dengan kepribadian serta muatan jiwa mereka.

Fungsi Karya Sastra

Hal menarik dari sebuah karya sastrawi untuk diulik yakni fungsinya, selain pengertian karya sastra beserta jenisnya. Dalam hidup bermasyarakat karya sastrawi mempunyai beragam manfaat.

Beberapa manfaat karya sastra yaitu pendidikan, moral dan religius karena mengandung nilai baik. Dan manfaat hiburan serta keindahan karena karya sastrawi bisa melipur dengan kisah-kisahnya dan membagikan keindahan bagi penikmatnya.

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian karya sastra beserta manfaat dan jenisnya. Bagi Anda yang terjun langsung dalam dunia kesusastraan bisa semakin produktif menciptakan karya berbentuk sastrawi nan indah.

Dan bagi Anda pembaca karya sastra menjadi pembaca cerdas, bukan hanya sebagai penikmat karangan sastrawi saja tapi memafhumi lebih detail karangan prosa yang dibaca. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.