pengertian Kebutuhan Manusia

Pengertian Kebutuhan Manusia – Jenis dan Faktor

Diposting pada

Selama hidupnya setiap manusia memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Makanan, rumah, pakaian, sepeda, sepeda motor, atau bahkan mobil, semua merupakan contoh kebutuhan manusia. 

Selain dari contoh diatas, ternyata masih banyak kebutuhan manusia yang lain, baik yang berupa barang maupun jasa. 

Lalu apa itu pengertian kebutuhan manusia? dan apa saja jenis-jenis kebutuhan manusia?.

Berikut penjelasan mengenai pengertian kebutuhan manusia, jenis-jenis, dan faktor.

Pengertian Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia adalah segala sesuatu yang diperlukan atau dibutuhkan oleh manusia dalam rangka menyejahterakan kehidupnya. 

Selain itu kebutuhan manusia juga merupakan alat yang dapat digunakan untuk memenuhi kepuasan jasmani maupun rohani seseorang.

Kebutuhan sendiri mencerminkan bahwa didalam diri manusia ada perasaan ketidakpuasan atau kekurangan yang kemudian ingin dipuaskan. Setiap orang membutuhkan sesuatu tertentu karena tanpa sesuatu tersebut mungkin ia akan merasa ada yang kurang didalam dirinya. 

Kebutuhan manusia juga merupakan salah satu faktor utama yang dapat menggerakkan perekonomian suatu masyarakat. Karena kebutuhan manusia merupakan salah satu bagian penggerak dari sistem perekonomian manusia.

Baca juga: Pengertian Sistem Ekonomi

Lalu muncul pertanyaan kenapa kebutuhan setiap manusia harus dipenuhi? Jawaban sederhananya misalnya saat kita sedang lapar, dengan memperoleh makanan kita akan merasa kenyang.

Contoh lain adalah pakaian, dengan memakai pakaian yang kita butuhkan maka kita akan terhindar dari panas maupun dinginnya udara serta dapat terlihat lebih sopan. 

Berkat adanya alat transportasi, mobilitas kita sehari-hari menjadi jauh lebih mudah. Semua contoh tersebut dapat membuktikan bahwa dengan terpenuhinya seluruh kebutuhan manusia, maka hidupnya dapat berlangsung dengan baik.

Baca juga: Macam-Macam Kebutuhan Manusia

Maksdunya adalah dengan terpenuhinya suatu kebutuhan manusia maka kehidupan manusia akan menjadi sejahtera. 

Namun ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan manusia, berikut ulasannya.

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

1. Kondisi Alam

Kondisi alam merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kebutuhan setiap manusia. Memang pada umumnya kondisi alam tidak secara signifikan dapat mempengaruhi kebutuhan manusia.

Namun umumnya manusia akan berusaha memenuhi kebutuhannya berdasarkan kondisi alam sekitarnya.

Baca juga: Pengertian Permintaan dan Penawaran

Dalam pemenuhan kebutuhannya, manusia tentunya menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dimana ia tinggal.

Misalnya, saat seseorang berada di daerah pengunungan, maka ia cenderung akan membutuhkan selimut untuk menghangatkan diri dan lain sebagainya.

2. Kepercayaan yang Dianut (Agama)

Adanya perbedaan kepercayaan yang dianut oleh setiap manusia di muka bumi ini dapat membuat kebutuhannya juga berbeda-beda. Perbedaan tersebut disesuaikan dengan keyakinan atau kepercayaan yang ia anut.

Misalnya, dalam pemenuhan kebutuhan makanan seperti babi, umat muslim sendiri dilarang untuk memakannya karena ada larangan didalam agama dan lain sebagainya.

Selain dari kebutuhan makanan tersebut, ada juga kebutuhan manusia lainnya yang berkaitan dengan kepercayaannya masing-masing.

Misalnya dalam hal perayaan agama, umumnya umat muslim membutuhkan pakaian muslim untuk merayakannya dan lain sebagainya.

3. Adat Istiadat

Faktor terpenting lainnya yaitu adat istiadat, dimana adanya adat istiadat pada suatu daerah atau tempat tertentu membuat munculnya perbedaan kebutuhan manusia.

Perbedaan kebutuhan manusia tersebut berdasarkan adat istiadat yang berlaku di daerah atau tempat yang ditinggal masing-masing manusia.

Misalnya pada adat istiadat pernikahan, contohnya adat jawa dan adat padang tentunya kedua daerah tersebut mempunyai adat yang berbeda. Adanya perbedaan pada daerah jawa dan padang memunculkan adanya perbedaan kebutuhan manusia didalamnya.

4. Profesi (Pekerjaan)

Setiap manusia memiliki pekerjaan dan pastinya pekerjaan setiap orang di dunia ini berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Adanya perbedaan kebutuhan tersebutlah yang dapat menimbulkan perbedaan kebutuhan manusia didalamnya.

Karena adanya perbedaan profesi (pekerjaan) setiap manusia berbanding lurus dengan kebutuhan manusia tersebut.

5. Faktor Usia

Pada dasarnya kebutuhan setiap manusia dimulai sejak lahir kedunia. 
Ketika baru lahir kedunia kebutuhan manusia yang paling utama adalah susu dan popok bayi.

Menginjak usia empat bulan setiap manusia sudah mulai membutuhkan makanan lumat seperti bubur.

Beberapa bulan kemudian seseorang sudah mulai makan makanan yang jauh lebih bervariasi. Setelah mulai memasuki usia sekolah, setiap orang membutuhkan adanya pendidikan formal. 

Baca juga: Pengertian Pasar

Mulai dari SD, SMP, hingga SMA dan lain sebagainya. Pada masa sekolah, kebutuhan seseorang juga akan semakinbertambah seperti buku pelajaran, alat-alat tulis, transportasi, dan lain sebagainya.

Demikian pula saat seseorang mulai memutuskan untuk menikah dan berkeluarga, kebutuhannya juga pastinya akan terus bertambah.

Hal tersebutmenunjukkan  bahwa jenis atau jumlah kebutuhan setiap manusia akan selalu mengalami peningkatan seiring dengan adanya perkembangan usia.

6. Faktor Pendidikan

Kebutuhan manusia juga dapat berkembang seiring dengan tingkatan pendidikan yang ia miliki.

Ketika seseorang mulai duduk di bangku SD, kebutuhannya tentu tidak sebanyak saat ia duduk di bangku SMP. Misalnya alat-alat sekolah, ketika di SD buku yang dibutuhkan seseorang tidak sebanyak ketika SMP.

Ketika SMA seperti sekarang, kebutuhan buku seseorang tentunya akan jauh lebih banyak lagi. Itu baru dalam hal peralatan sekolah, bagaimana dengan hal-hal yang lainnya?

7. Faktor Tekhnologi

Adanya perkembangan teknologi juga dapat berpengaruh terhadap kebutuhan manusia. 

Pada zaman ini setiap orang sudah dapat melihat orang berbicara lewat telepon genggam hanya sambil jalan-jalan atau bahkan tiduran. Ini merupakan salah satu akibat dari adanya perkembangan teknologi komunikasi yang dihasilkan oleh handphone (telepon genggam).

Dengan mempunyai handphone, setiap orang menjadi jauh lebih mudah dalam berkomunikasi, lebih bergaya, dan tidak dianggap sebagai orang yang gagap teknologi.

Bahkan orang pada zaman ini sudah merasa bahwa handphone adalah kebutuhan yang tidak kalah penting daripada kebutuhan makanan maupun pakaian, maka tidak jarang jika kita melihat orang yang selalu berganti-ganti smartphone atau handphone demi mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju.

8. Faktor Pendapatan

Pendapatan merupakan faktor penting bagi kebutuhan manusia, semakin tinggi pendapatan seseorang umumnya kebutuhannya juga akan semakin tinggi.

Misalnya, seorang direktur yang mempunyai mobil dengan gaji 10.000.000 tentunya kebutuhannya berbanding dengan pendapatannya tersebut.

Berbeda dengan tukang becak misalnya, yang penghasilan seharinya hanya berkisar 40.000-100.000, tentunya kebutuhannya juga akan bebeda.

9. Jumlah Penduduk

Kebutuhan manusia juga akan semakin besar sehubungan dengan adanya pertambahan penduduk pada suatu tempat atau wilayah tertentu. 

Misalnya pada keluarga. Setiap anggota keluarga pastinya mempunyai kebutuhannya masing-masing.

Misalnya, keluarga A membutuhkan makanan untuk tiga kali dalam sehari, dua pasang sepatu, tiga pasang baju seragam, dan lain sebagainya. 

Semakin banyak jumlah anggota keluarga setiap manusia maka, semakin besar dan beragam pula kebutuhan yang harus dipenuhi.

Demikian juga dalam lingkup yang jauh lebih luas seperti negara misalnya. Ini bisa kita lihat dari besarnya APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) yang semakin meningkat seiring dengan adanya pertambahan. jumlah penduduk. 

10. Faktor Kelamin

Faktor kelamin juga dapat mempengaruhi kebutuhan setiap orang. Singkatnya laki-laki dan wanita jelas berbeda, baik dalam hal kesukaan, keperluan dan lain sebagainya.

Misalnya, pada umumnya wanita menggunakan gaun saat hadir ke sebuah pesta, sedangkan pria menggunakan jas, nah dari contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa adanya perbedan kelamin setiap manusia berbanding dengan kebutuhannya.

Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

1. Kebutuhan Primer (Kebutuhan Pokok)

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok terpenting yang dibutuhkan oleh manusia dalam pemenuhan kelangsungan hidupnya.

Kebutuhan primer ini berkaitan dengan cara manusia dalam mempertahankan keutuhan hidupnya, karena kebutuhan ini merupakan kebutuhan mendasar manusia.

Baca juga: Pengertian Pelaku Ekonomi

Contoh kebutuhan primer adalah sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal/berteduh), umumnya ini disingkat dengan SPP (sandang, pangan, papan).

2. Kebutuhan Sekunder (Kebutuhan Penjunjang)

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan manusia yang berfungsi untuk mencipatakan maupun menambah kebahagian dalam hidup.

Kebutuhan sekunder ini seringkali disebut sebagai kebutuhan penunjang hidup, karena memang sifatnya adalah tambahan setelah kebutuhan primer.

Contoh kebutuhan sekunder adalah kesehatan, pendidikan dan hiburan.

3. Kebutuhan Tersier (Kebutuhan Tambahan)

Kebutuahan tersier adalah kebutuhan manusia yang berhubungan dengan harga diri maupun gengsi setiap orang.

Umumnya kebutuhan ini dipenuhi setiap orang apabila kebutuhan primer dan kebutuhan sekundernya telah terpenuhi.

Contoh kebutuhan tersier adalah perhiasaan, smartphone canggih dan keren, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan menarik mengenani kebutuhan manusia, semoga bermanfaat.

Avatar
Founder and CEO pusilpen.online, pusatilmupengetahuan.com, saintek.id Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...