Pengertian Kingdom Protista

Pengertian Kingdom Protista | Sejarah, Ciri-Ciri, Klasifikasi dan Contoh

Diposting pada

Setelah sebelumnya kita membahas seputar pengertian kingdom animalia, pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar pengertian kingdom protista.

Berikut penjelasan mengenai pengertian kingdom protista dan berbagai pembahasan lainnya, yuk belajar..

Pengertian Kingdom Protista

Protista adalah kingdom atau kerajaan pada makhluk hidup yang terdiri dari satu atau banyak sel yang struktur tubuhnya sederhana, tidak sekompleks hewan maupun tumbuhan.

Kingdom protista ini juga dapat dikelompokan menjadi 3 bagian yaitu: protozoa (protista mirip hewan), Alga (protista mirip tumbuhan), dan protista mirip Fungi (jamur).

Selain itu protista merupakan salah satu kingdom yang mempunyai struktur tubuh yang sederhana.

Walaupun tersusun atas satu sel atau dua sel namun struktur tubuhnya tetap sederhana jika dibandingkan dengan animalia dan plantae. Sehingga hal tersebut yang membuat protista dikelompokan kedalam kingdom lainnya.

Sejarah Kingdom Protista

Sejak ditemukannya mikroskop membuat para ahli bidang zoologi (ilmu tentang hewan) dan botani (ilmu tentang tumbuhan) mempunyai pendapat masing-masing mengenai organisme yang diamatinya.

Organisme yang bisa bergerak kerap kali di klaim sebagai hewan kecil, sedangkan yang tidak bergerak dan bisa berfotosintesis di klaim sebagai hewan kecil.

Lalu bagaimana dengan organisme yang bisa bergerak dan bisa berfotosintesis?, oleh karena itu seorang ahli berkebangsaan Jerman bernama Ernest Haeckel mengusulkan adanya kingdom baru yaitu protista.

Protista pertama kali diajukan sebagai kingdom oleh Ernest Haeckel, ia merupakan seorang ahli berkebangsaan Jerman yang mengusulkan adanya kingdom baru untuk mengatasi keterbatasan klasifikasi dua kingdom tersebut.

Baca juga: Klasifikasi Makhluk Hidup

Protista berasal dari bahasa Yunani yaitu Proto yang artinya pertama-tama. Jadi, organisme protista ini menampung berbagai jenis primitif dari organisme seperti protozoa (hewan uniseluler), Algae (alga uniseluler) Jamur (fungi), bahkan bakteri.

Hackel juga yang pertama kali menggunakan istilah protista sebagai kingdom baru yang diajukannya.

Kemudian istilah protista dan berbagai anggota didalamnya mengalami perubahan dari masa ke masa sehingga masuk ke klasifikasi 4 kingdom oleh Herbert Copelend dengan tidak lagi menampung bakteri didalamnya. Sehingga kembali lagi menjadi protista yang dimulai pada klasifikasi 4 kingdom

Dan juga diklasifikasi 5 kingdom yang pertama kali diajukan oleh R.H Whitaker dengan hanya beranggotakan berbagai organisme eukariotik uniseluler. Lalu direvisi oleh ahli taksonomi dengan dimasukkannya alga multiseluler kedalamnya.

Sehingga protista beranggotakan organisme eukariotik uniseluler maupun multiseluler. Nama protista tersebut terus dipertahankan sampai klasifikasi 6 kingdom oleh Carl Woese.

Melalui adanya perkembangan sistem klasifikasi tersebut dapat disimpulkan bahwa protista merupakan kingdom (kerajaan) eukariotik uniseluler atau multiseluler yang tidak mempunyai struktur tubuh sekompleks hewan atau tumbuhan.

Ciri-Ciri Kingdom Protista:

1. Mempunyai Sel yang Kompleks 

Ciri kingdom protista yaitu memiliki sel yang kompleks dibandingkan bakteri yaitu dengan adanya membran inti sel (eukariotik).

Baca juga: Pengertian Sel secara Lengkap

2. Memiliki Membran Inti Sel (eukariotik)

Adanya membran inti sel pada kingdom protisa membuat kingdom yang satu ini mempunyai kompleksitas sel yang jauh lebih tinggi dibandingakan dengan bakteri.

Baca juga: Pengertian Sel Eukariotik

Membran inti sel adalah suatu selaput (membran) yang berfungsi menyelubungi inti sel.

3. Memililki Inti Sel (Nukleus)

Dari kompleksitas selnya, sel pada protista itu jauh lebih kompleks dibandingkan dengan bakteri karena sel pada protista sudah memiliki nukleus (membran inti sel), yaitu suatu selaput yang menyelubungi inti sel dan juga mempunyai inti sel.

Baca juga: Pengertian Nukleus (Inti Sel)

4. Uniseluler dan Multiseluler

Ciri-ciri kingdom protista yang lainnya yaitu tersusun atas sel tunggal (uniseluler) dan banyak sel (multiseluler).

5. Autotrof dan Heterotrof

Dalam cara mendapatkan makananya, protista dapat bersifat heterotrof maupun autotrof.

Heterotrof adalah organisme yang tidak dapat membuat makananya sendiri, sehingga sumber makanannya berasal dari organisme lain.

Baca juga: Pengertian Autotrof dan Heterotrof

Sedangkan autotrof adalah suatu organisme yang mampu menghasilkan makanannya sendiri.

6. Mikroskopis dan Makroskopis

Berdasarkan ukuran dari organisme pada kingdom protista sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu mikroskopis dan makroskopis.

Mikroskopis adalah ukuran pada suatu organisme dimana hanya dapat dilihat jelas menggunakan alat bantu seperti mikroskop cahaya.

Makroskopis adalah ukuran pada suatu organisme dimana dapat dilihat dengan jelas langsung oleh mata tanpa menggunakan alat bantu.

7. Membentuk Filamen 

Filamen adalah suatu benang-benang tipis yang terbentuk dari aktin dan protein. Pada kingdom protista salah satu cirinya adalah tubuhnya membentuk filamen.

8. Soliter dan Koloni

Cara hidup pada kingdom protista ada yang mampu hidup sendiri-sendiri (soliter) ada juga yang cara hidupnya dengan bersama-sama (koloni).

9. Umumnya Mempunyai Alat Gerak

Ada sebagian organisme pada kingdom protista yang memiliki alat gerak, ada juga sebagian lainnya yang tidak mempunyai alat gerak.

Pada umumnya organisme pada protista mempunyai alat gerak sehingga bisa bergerak dan berpindah tempat.

10. Aerob dan Anaerob

Organisme pada kingdom protista dalam proses respirasinya ada yang aerob dan ada juga yang anaerob.

Baca juga: Pengertian Respirasi Aerob dan Anaerob

Cara protista untuk mampu melakukan respirasi adalah bertempat di salah satu organel yaitu mitokondria.

Sedangkan pada organisme protista yang tidak membutuhkan oksigen adalah bersimbiosis bersama dengan bakteri.

Klasifikasi Kingdom Protista

1. Protista Mirip Hewan (Protozoa)

Organisme pada kingdom protista yang menyerupai hewan dinamakan dengan protozoa, dikatakan mirip karena organisme tersebut mempunyai karakteristik yang sama dengan hewan.

Karakteristik pada organisme protista yang hampir sama dengan hewan yaitu heterotrof dan umumnya memiliki alat gerak. 

Berdasarkan alat geraknya protista mirip hewan (protozoa) dibagi menjadi 3, yaitu: Rhizopoda (Sarcodina), Ciliata (Ciliophora), Flagellata (Mastigophora), dan Sporozoa (Apikompleksa).

Walaupun karakteristik pada protozoa mirip dengan hewan, namun ia tidak dikelompokkan dengan kingdom animalia, karena adanya perbedaan yang sangat jauh dari kingdom animalia dan kingdom protozoa, berikut perbedaanya:

ANIMALIAPROTOZOA
MultiselulerUniseluler
Mempunyai jaringan yang kompleksTidak mempunyai jaringan
Perbedaan Animalia dan Protozoa

Contoh Gambar Protozoa

gambar protozoa
gambar protozoa

2. Protista Mirip Tumbuhan (Alga)

Organisme pada kingdom protista yang menyerupai hewan dinamakan dengan alga. Organisme pada protista dikatakan mirip dengan tumbuhan karena mempunyai beberapa karakteristik yang sama dengan tumbuhan.

Baca juga: Pengertian Plantae (Tumbuhan)

Karakteristik yang sama yaitu autotrof (kemampuan organisme dalam membuat makanannya sendiri), dan memiliki klorofil.

Secara umum protista mirip tumbuhan (alga) terbagi menjadi empat kelas, yaitu: Cholorophyta (alga hijau), Chryptophyta (alga emas), Phaeophyta (alga coklat), Rhodophyta (alga merah).

Namun, selain dari 4 kelas tersebut ada beberapa jenis lagi yaitu: Glaucophyta, Heterokontophyta, Haptophyta, Dinophyta, Euglenophyta, dan Chlorarachiophyta.

Organisme protista ini tidak digolongkan ke kingdom plante karena ada beberapa perbedaan antara kingdom protista dengan kingdom plantae yaitu:

PlantaeAlga
MultiselulerUniseluler
Struktur tubuhnya kompleks (akar, barang, daun, dan bungaMultiseluler
 Struktur tubuhnya tidak kompleks Jaringan tidak terspesialisasi
Perbedaan Plantae dan Alga

Contoh Gambar Alga

Protista Mirip Tumbuhan (Alga)
Protista Mirip Tumbuhan (Alga)

3. Protista Mirip Jamur (Fungi)

Salah satu jenis organisme pada protista yang dikatakan mirip dengan jamur, karena ada beberapa karakteristik yang menyamakannya dengan salah satu kingdom lainnya yaitu fungi (jamur).

Baca juga: Pengertian Kingdom Fungi (jamur)

Beberapa karakteristik dari protista yang mirip dengan jamur yaitu Absorpsi (menyerap nutrisi dari lingkungannya) dan menghasilkan spora.

Lalu kenapa tidak tergolong atau dimasukkan ke kingdom fungi?, karena mempunyai karakteristik yang berbeda antara kingdom fungi dengan kingdom protista yaitu sebagai berikut:

Fungi (Jamur)Protista Mirip Jamur
Dinding sel kitinDinding sel selulosa dan glikan
 Dapat bergerak pada salah satu tahap fase hidupnya.
Perbedaan Fungi dan Protista mirip fungi

Protista mirip jamur (fungi) terbagi menjadi 3 jenis yaitu: Oomycota (jamur air), Myxomycota (jamur lendir), dan Acrasiomycota (jamur lendir bersekat).

Contoh Gambar Protista Mirip Jamur (Fungi)

Protista Mirip Jamur (Fungi)

Demikian penjelasan mengenai pengertian protista dan berbagai penjelasan lainnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan teman-teman.

Gambar Gravatar
Founder pusilpen.online/pusatilmupengetahuan.com Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, dan qothrunnadaa.com