Pengertian Masalah Sosial

Pengertian Masalah Sosial

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian masalah sosial dari kaca mata para ahli, faktor yang mendorong terjadinya masalah sosial, maupun jenis, serta cara menangani dari masalah sosial.

A. Pengertian Masalah Sosial

Masalah sosial adalah suatu perbedaan antara sebuah harapan dan kenyataan atau sebagai suatu kesenjangan antara situasi yang ada terhadap situasi yang seharusnya.

Dipandangnya masalah sosial oleh pihak masyarakat adalah suatu harapan yang tidak diinginkan karena ia merupakan bagian dari realitas sosial.

Baca juga: Pengertian Realitas Sosial sebagai Kajian Sosiologi

Masalah sosial juga bisa di artikan sebagai ketidak sesuaian antara suatu unsur kebudayaan atau masyarakat, yang berdampak bahaya bagi kehidupan kelompok sosial.

Jika terjadinya sebuah bentrok terhadap unsur – unsur yang ada, dapat mengakibatkan sebuah gangguan hubungan sosial seperti adanya kegoyahan dalam kehidupan masyarakat atau kelompok.

Munculnya masalah sosial karena adanya sebuah perbedaan yang paling menonjol antara nilai dalam masyarakat terhadap realita yang ada, dan menjadi sebuah sumber terjadinya masalah sosial yaitu seperti adanya bencana alam, ataupun proses interaksi sosial.

B. Faktor Pendorong Utama Terjadinya Masalah Sosial

Adapun terjadinya sebuah permasalahan, pasti adanya sebuah pemicu atau yang mendorong terjadinya masalah tersebut. Sama perihalnya dengan masalah sosial, memiliki 5 faktor penyebab terjadinya masalah sosial yang dikategorikan seperti dibawah ini :

1. Masalah sosial karena faktor ekonomi

Faktor ini sebagai faktor terbesar terjadinya sebuah masalah sosial dilingkungan masyarakat.

Pada umumnya faktor ini dikaitkan terhadap pendapatan perorang yang dapat mengacu pada sebuah kesenjangan sosial didalam lingkungan masyarakat.

Terjadinya ketidakmampuan seseorang dalam hal memenuhi kebutuhan sendiri, seperti kebutuhan sandang, pangan, papan, maupun pendidikannya.

Hal ini yang menyebabkan masalah sosial dalam lingkungannya. Contohnya angka kemiskinan, banyaknya pengangguran, atatupun anak jalanan.

2. Masalah sosial karena faktor biologis

Faktor biologis ini menunjukan adanya ketidak sesuaian keadaan lingkungan yang berpotensi, sehingga menimbukan sebuah ketidak stabilan kondisi biologis masyarakat.

Minimnya bermacam sebuah fasilitas kesegaran yang layak, dan sulitnya akses untuk pendidikan maupun ekonomi, hal ini juga termasuk sebagai pendorong terjadinya masalah sosial dalam cangkupan masyarakat dari segi biologis.

Contohnya terjadinya penyakit yang menular, akan munculnya virus baru, ataupun makanan yang mengandung racun.

3. Masalah sosial karena faktor psikologis.

Faktor ketiga ini berasal dari berbagai macam penyebab terjadinya masalah sosial yang terjadi dilingkungan penduduk dari segi psikologis.

Faktor ini memiliki sangkut pautan terhadap terhadap pola pikir penduduk atau anggota penduduk yang memiliki suatu hubungan dengan tatanan kehidupan sosial.

Contohnya terjadinya penyimpangan suatu agama yang mengakibatkan ketidak nyamanan dalam lingkungan masyarakat.

4. Masalah sosial karena faktor budaya

Faktor ini disebatkan karena adanya ketidak sesuaian perlaksanaan nilai, norma, maupun kepentingan sosial karena adanya proses perubahan sosial dari pola masyarakat yang heterogen.

Baca juga: Pengertian Perubahan Sosial

Contohnya terjadinya sebuah konflik atau permasalahan antar etnik maupun terjadinya deskriminasi gender.

5. Masalah sosial karena faktor sosial

Hal ini terjadi karena akibat dari  nilai dan norma yang tidak diakomodasikan dalam setaip perilaku antar individu atau perorangan. Contohnya terjadinya sebuah kriminalitas, pelecehan seksual, ataupun adanya korupsi.

Itulah 5 penyebab terjadinya masalah sosial yang ada dilingkungan masyarakat.

C. Jenis – Jenis Masalah Sosial

Setelah kita mengetahui faktor – faktor terjadinya masalah sosial, selanjutnya kita akan membahas jenis – jenis sosial yang ada dilingkungan masyarakat.

  1. Kemiskinan
  2. Kejahatan
  3. Disorganisasi keluarga
  4. Peperangan
  5. Pelanggaran norma
  6. Masalah remaja
  7. Masalah seksual
  8. Masalah kependudukan.

D. Cara Menangani masalah sosial

Suatu masalah sosial harus ditangani sejak dini atau baru munculnya masalah tersebut, agar tidak menimbulkan bentuk – bentuk masalah sosial dan bentuk permasalahan lainnya yang lebih rumit diselesaikan.

Adapun pemecahan masalah sosial tersebut dapat diatasi melalui cara berikut.

  1. Menanamkan sebuah nilai moral
  2. Meningkatkannya pemerataan bangunan
  3. Menyediakan sebuah modal usaha serta mobilitas tenaga kerja
  4. Meningkatkan sebuah kesadaran sosial
  5. Menyosialisasikan nilai dan norma sosial
  6. Mempertegas adanya sanksi bagi para pelanggar norma yang ada.

Mungkin sampai disini saja pembahasan pengertian Masalah Sosial’, semoga dapat dipahami dan dicatat poin penting yang ada. Sampai bertemu dipertemuan selanjutnya.

Avatar
Alumni Pondok Pesantren Modern Al Islam ( Angkatan 3 Revival ), Pernah berkiprah sebagai Content Writer PusatIlmuPengetahuan.com tidak boleh menyerah, dan bersyukur yang utama.