Pengertian Mubtada’ Beserta Contoh-Contohnya

Pengertian mubtada’ – Assalamualaikum wr wb, bagi kita yang ingin mahir dalam memahami syariat islam. Maka kita harus memahami bahasa arab.

Karena bahasa arab merupakan bahasa dari agama islam itu sendiri, semua do’a, semua hadist, dan hampir semua ilmu-ilmu pokok islam ditulis dan diajarkan dengan bahasa arab.

Berikut ini admin dari pusat ilmu pengetahuan akan memberikan sedikit penjelasan seputar Pengertian dari mubtada’ beserta contoh-contohnya.

Pengertian dari mubtada’ beserta contoh-contohnya

Pengertian Mubtada’

Pengertian dari mubtada’ adalah setiap Isim yang dirafa’kan yang terletak di jumlah, bagi kalian yang belum tahu apa itu jumlah? Jumlah adalah kalimat dalam bahasa arab yang tersusun dengan rapi dan sesuai kaedah bahasa arab yang benar.

Sebagaimana dijelaskan didalam kitab nahwu wadhih, (kitab yang sangat bagus untuk pemula) , di dalam kitab ini ada sebuah matan yang berbunyi :

اِسْمٌ مَرْفُوْعٌ وَاقِعٌ فِى اَوَّلِ الجُمْلَةِ

yang artinya adalah : “mubtada adalah Isim yang dirafa’kan yang terletak di permulaan jumlah”, Jadi jika kita mendapati suatu Isim yang terletak di permulaan kalimat maka sudah Jelaskan bahwa itu adalah mubtada’

untuk memudahkan kita dalam mempelajari bahasa Arab, Jika kita ingin mengidentifikasi Dimana letak mubtada’ itu , maka kita Harus Memiliki ke pemahaman semua Isim yang terletak di jumlah atau di awal kalimat pasti mubtada’

Fungsi dari mubtada’

fungsi dari mubtada’ adalah sebagai subyek dari sebuah kalimat. Karena kita tahu bahwa setiap kalimat pasti membutuhkan subyek, begitu pula didalam bahasa arab. Setiap kalimat yang kita buat disana pasti harus ada mubtada’ nya.

Contoh-contoh mubtada’ yang simple

Berikut ini beberapa contoh mubtada’ yang simpel dan mudah untuk kita pahami. semoga mudah dipahami dan tidak membingungkan

الفصل كبير        kelas itu luas       
السوق صغير       pasar itu kecil   
المسجد نظيف       masjid itu bersih    
 المستشفى مفيد      rumah sakit itu bermanfaat

Semua isim yang berada di awal merupakan mubtada’. Atau bahasa mudahnya adalah, semua kata-kata yang berada didepan adalah mubtada’.

semoga artikel penjelasan dari mubtada’ ini bisa memberikan manfaat kepada kita dan menambah wawasan kita akan bahasa arab ini.

dan semoga dengan pemahaman kita akan mubtada’ ini bisa menjadikan kita bersemangat dalam mempelajari syariat islam.

Sedikit ini yang penulis share kali ini. Wal akhir wassalamualaikum wr wb

Bagikan Artikel melalui :