Pengertian Novel – kegiatan membaca bagi sebagian orang dapat menjadi hobby dan bahkan rela mengeluarkan uang lebih untuk memiliki dan mengkoleksi semua karya sastra dari berbagai penulis.

Terutama karya sastra novel, tentunya sobat semua tidak asingkan dengan jenis karya sastra satu ini. Baca Juga: Manfaat Membaca Novel!

Biasanya alasan seseorang ingin membaca novel karena alur cerita, gaya kepenulisan dan karakter dalam tokoh inspiratif sehingga menarik perhatian pembaca.

Nah novel sendiri mempunyai tempat tersendiri dalam perkembangan sastra di dunia. Akan tetapi apakah sobat semua tahu apa itu novel, strukturnya, ciri-cirinya, jenis novel dan lain sebagainya?

Jika belum, ketika kalian sedang membaca artikel ini maka hal tersebut menjadi pilihan yang tepat dan ada baik simak ulasan berikut ini sampai tuntas agar mendapatkan ilmu.

Pengertian Novel

Kata novel sendiri berasal dari bahasa itali yakni novella yang maknanya sebuah kisah atau sepotong cerita. Sebutan novelis pun diberikan kepada mereka penulis karya sastra novel.

Terkait isi novel sendiri lebih panjang dan lebih kompleks dari cerpen dan juga tidak adanya batasan struktural beserta sajak. Didalam novel akan di ceritakan mengenai tokoh-tokoh yang terlibat didalamnya seperti dari segi sifat, watak atau pun tabiat.

Jadi novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif dan memiliki unsur intrinsik dan ekstrintik di dalamnya yang saling berkaitan.

Ciri-Ciri Novel

Setelah dirasa paham terkait pengertian novel, lalu kita beranjak untuk mengetahui apa yang menjadi ciri-ciri sebuah karya sastra dapat dikatakan sebagai novel:
1. Novelis menulis novel dengan gaya narasi yang kadang dicampur deskripsi untuk menggambarkan suasana pada cerita.
2. Bersifat realistis yang maknanya adanya tanggapan penulis terhadap situasi lingkungannya. Dengan tujuan untuk membuat pembaca mendapatkan kesan yang benar-benar di rasakan dari alur cerita.
3. Jalan cerita novel lebih panjang dengan jumlah kata biasanya lebih dari 35.000 kata. Hal tersebut lah yang menjadi pembeda novel dengan cerpen.
4. Alur cerita kompleks dimana setiap peristiwa ditampilkan saling berkaitan sehingga pembaca dapat benar-benar memahami kehidupan dari tokoh.

Jenis-Jenis Novel

Novel sendiri banyak jenisnya dan di bagi menjadi beberapa bagian.
Pertama, novel berdasarkan kisah nyata dan tidaknya yakni ada fiksi (Harry Potter) dan non fiksi (Laskar Pelangi).

Kedua, novel berdasarkan genrenya yakni novel romantis (Layangan Putus – Mommy ASF), novel horor (Gerbang Dialog Danur – Risa Saraswati), novel misteri (Dua Dini Hari – Chandra Bientang), novel komedia (Ubur-Ubur Lembur – Raditya Dika), novel inspiratif (Chairul Tanjung Si Anak Singkong).

Ketiga, novel berdasarkan isi, tokoh dan pangsa pasar yaitu teelint (isisnya berkaitan dengan permasalahan remaja), chicklit (permasalahan tentang wanita muda), songlit (ditulis berdasarkan lagu), dan novel dewasa.

Unsur-Unsur Novel

Novel memiliki dua unsur yang harus ada dan saling berkaitan yaitu

Unsur instrinsik adalah unsur pembangunan dari karya sastra yang berasal dari karya itu sendiri. Mulai dari tema, plot cerita, latar, penokohan, sudut pandang, amanat, gaya bahasa.

Unsur ekstrinsik merupakan unsur yang berada du luar dari karya sastra novel untuk mempengaruhi lahirnya karya tapi tidak menjadi bagian dalam karya fiksi itu sendiri. Terdiri dari latar belakang kehidupan pengarang, kapan karya itu dibuat, latar sosial pengarang, biografi dan lain sebagainya.

Fungsi Novel

Setiap karya sastra memiliki fungsi yang biasanya untuk membebaskan pembaca dan juga pengarang dari tekanan emosi dengan mengekspresikanya lewat tulisan.

Terutama novel sendiri tidak hanya menjadi bahan pembaca saja yang mana biasanya memiliki fungsi sebagai sarana rekreatif (sarana hiburan), didaktis (pengajaran), estetis (sebagai unsur keindahan bagi pembaca) dan moralitas (adanya nilai-nilai moral yang terkandung dari alur cerita).

Jadi bagaimana sobat Pusatilmupengetahuan, apakah sudah dirasa paham terkait Pengertian Novel? Kemudian jika di rasa artikel di atas bermanfaat dan membantu anda. Anda baiknya menyebarkan kebaikan demi solusi bagi yang lain. Serta kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan kedepannya. Kurasa cukup sekian dan ucapkan terimah kasih.

Bagikan: