Pengertian Paragraf Deskripsi – Jenis, Tujuan, dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Hello sahabat pusilpen, sebelumnya pernahkah kamu mendengar istilah paragraf deskripsi?, kalau sudah yuk saatnya kita pahami lebih dalam lagi pengertian paragraf deskripsi.

Secara umum paragraf merupakan serangkaian kalimat berisi gagasan pokok yang berkaitan satu sama lainnya. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa mempelajari terlebih dahulu pengertian paragraf dan jenis-jenisnya.

Pengertian Paragraf Deskripsi

Pengertian Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi merupakan paragraf yang didalamnya berisi penjelasan mengenai suatu gagasan, objek, peristiwa maupun tempat.

Dalam penjelasannya, biasanya penulis menggunakan ilustrasi yang menggambarkan keadaan, warna, kesan, atau rasa yang terjadi pada suatu objek atau peristiwa tertentu. Sehingga si pembaca dapat benar-benar paham atau bahkan bisa merasakannya hanya dengan kata-kata.

Tujuan dari paragraf deskripsi adalah untuk meggambarkan (memberikan ilustrasi) berupa tulisan mengenai suatu objek kepada pembaca. Dibuatnya ilustrasi tersebut agar si pembaca seolah-olah mengalami objek yang dijelaskan oleh si penulis.

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Untuk bisa memahami dan membedakan paragraf ini dengan yang lainnya, ada beberapa ciri-ciri paragraf deskripsi yaitu:

  1. Melukiskan (Menggambarkan) mengenai suatu peristiwa atau objek
  2. Ilustrasi disajikan secara jelas dan dapat dirasakan dengan indra
  3. Membuat pembacanya merasakan suatu objek atau peristiwa
  4. Berisi penjelasan mengenai ciri-ciri dari objek seperti bentuk, ukuran, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Paragraf Deskripsi

Ada beberapa jenis paragraf deskripsi yang perlu untuk kita ketahui, yaitu:

  1. Paragraf Deskripsi Spasial, merupakan paragraf yang didalamnya berisi penggambaran dari tempat atau ruang terjadinya suatu peristiwa atau objek.
    Terdapat penjelasan mengenai keadaan dari suatu peristiwa seperti bersih, kotor, terang, gelap dan lain sebagainya.
  2. Paragraf Deskripsi Objektif, merupakan paragraf yang berisi ilustrasi mengenai suatu peristiwa secara apa adanya (objektif). Sehingga si penulis tidak diperkenankan untuk menambah pendapat pribadi (opini).
  3. Paragraf Deskripsi Subjektif
    Paragraf ini berlainan dengan paragraf sebelumnya, dimana justru paragraf ini si penulis diharuskan untuk menulis sesuai dengan apa yang dirasakan dan dilihatnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Paragraf Deskripsin dan Contohnya

Cara Membuat Paragraf Deskripsi

Setelah memahami jenis-jenisnya, saatnya kita belajar cara membuat paragraf deskripsi yaitu:

1. Mencari Topik yang Baik

Hal utama yang membuat paragraf deskripsi terlihat menarik adalah topik yang akan dibahas, sehingga penting bagi kita untuk bisa mencari topik yang menarik. Selain itu, tujuan dari dibuatnya topik yang baik adalah agar si pembaca dapat tertarik dan mudah untuk memahami.

Untuk bisa mencari topik yang baik ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan, diantara yaitu dengan melihat sekelilingmu. Dengan mengamati sekelilingmu, biasanya kamu akan lebih mudah menemukan ide untuk membuat topik yang hendak kamu deskripsikan.

2. Membuat Kerangka Paragraf

Setelah menemukan topik, hendaknya kamu untuk membuat kerangka mengenai detail dari topik yang hendak kamu buat nanti. Agar kelak kamu bisa menghasilkan isi tulisan yang dapat mudah dipahami dan dihayati oleh si pembaca.

Kerangka paragraf dapat dimulai dari mengumpulkan berbagai informasi mengenai topik. Setelah itu Kamu bisa mulai merangkai kata-kata sesuai detail informasi yang sudah Kamu dapatkan.

3. Evaluasi Hasil Paragraf

Paragraf yang sudah kamu tulis harus kamu periksa kembali dengan konsentrasi satu persatu. Jika Kamu menemukan ada kata-kata atau kalimat yang kurang pas atau tidak cocok Kamu bisa revisi. Hal ini bertujuan agar paragraf deskripsi yang Kamu buat bisa tersusun dengan baik.

Demikian penjelasan mengenai pengertian paragraf Deskripsi, jenis-jenis, dan cara membuat paragraf deskripsi. Semoga dapat dipahami ya sobat, selamat belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.