Pengertian Podcast – Salah satu konten yang digemari oleh generasi masa kini adalah podcast. Bahkan podcast juga telah menjadi salah satu tren marketing bersama influencer, video marketing, dan lainnya. Banyak pendengar yang tertarik untuk mengikuti dan mendengarkan podcast karena isinya yang ringan, santai, menginspirasi, fleksibel dan terkesan intim.

Pengertian Podcast

Podcast sendiri merupakan hasil rekaman audio yang dapat didengarkan khalayak melalui internet kapan pun dan dimana pun. Audio ini membahas tentang topik tertentu seperti politik, bisnis, hingga hobi dan hiburan. Podcast juga menjadi media yang menjadi opsi bagi khalayak ketika mereka ingin mendapatkan pengetahuan baru, berita baru, hingga sekedar obrolan ringan yang dapat diulang.

Menyenangkan sekali karena podcast berupa audio yang dapat didengarkan sambil melakukan aktifitas lain. Anda bisa mendengarkan podcast sembari menyetir ke tempat kerja, mengerjakan pekerjaan rumah, hingga saat olahraga dan masih banyak lagi.

Sejarah Podcast

Istilah Podcast sendiri muncul pada tahun 2004. Ben Hammersley, salah satu jurnalis surat kabar The Guardian mengusulkan istilah Podcast. Podcast merupakan gabungan dari kata ‘play on demand’ dan kata ‘broadcast’. Istilah ini diadopsi oleh perusahaan Apple dan menjadi salah satu fitur mereka iPod serta aplikasi Apple Podcast. Podcast dari Apple ini rilis pada tahun 2005.

Kelebihan Podcast

Ada yang masih bingung tentang apa bedanya dari podcast dan radio? Mengingat keduanya sama-sama memiliki konten yang berbasis audio. Podcast memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya berbeda dari radio. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Podcast yang bisa kamu pahami.

  1. Akses Podcast sangat mudah dan bisa kapan saja melalui internet. Tentu hal ini berbeda dengan radio yang memiliki jadwal teratur dan tidak ada siaran ulang. Ini menjadikan podcast sangat fleksibel. Kamu bisa mendengarnya saat berangkat ke sekolah atau kerja, sebelum tidur, bahkan mengulangnya kembali jika ada yang belum kamu tangkap dari pembahasan podcast.
  2. Memiliki banyak pilihan niche. Banyak sekali topik Podcast yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mendengarkan obrolan seputar politik. Atau jika kamu hobi musik atau memiliki hobi bercocok tanam pun ada podcast yang secara khusus membahas tentang hobi tertentu. Kamu bisa mendengarkan podcast mengenai topik yang kamu suka.
  3. Podcast tidak memiliki iklan seperti radio. Sehingga mendengarkan podcast akan lebih fokus dan nyaman karena tidak terdistraksi dengan iklan.

Definisi Podcast dan Macam-Macamnya

Podcast memiliki banyak sekali jenis. Hal ini tergantung dari pemilik konten ataupun jenis pembahasan kontennya. Berikut ini merupakan jenis-jenis podcast yang umum dan biasa ditemukan:

  1. Solo Podcast
    Bisa juga disebut sebagai monolog, karena podcaster atau host yag berbicara hanya satu orang dan komunikasi dilakukan satu arah. Solo podcast biasanya tentang berbagi informasi atau menyampaikan sebuah opini dari sudut pandang host.
  2. Interview Podcast
    Jenis podcast yang kedua ini lebih ramai dan interaktif daripada dengan jenis Solo Podcast. Host akan mewawancarai tamu atau narasumber yang berbeda di setiap episodenya. Biasanya narasumber yang hadir adalah narasumber yang ahli atau memilliki keterikatan dengan tentang topik tertentu.
  3. Multihost Podcast
    Seperti namanya, multi host berarti sebuah podcast tidak hanya dengan oleh satu host saja. Namun ada dua atau lebih host tetap dalam membawakan podcast. Tujuan dari banyaknya host yang ada adalah memberikan berbagai sudut pandang hingga pendapat yang berbeda tentang topik tersebut.
    Host yang lebih dari satu juga berpotensi mengembangkan diskusi menjadi lebih hidup dan menarik.

Rekomendasi Aplikasi Mendengarkan Podcast

Setelah memahami tentang seluk belik podcast dan tertarik untuk ikut mendengarkan. Lalu bagaimana cara mendengarkan podcast? Atau dimana bisa mendengarkan podcast? Kamu bisa mendengarkan berbagai macam podcast melalui beberapa aplikasi berikut.

  1. Anchor : Kamu bisa mendengarkan banyak podcast di sini. Bahkan kamu juga bisa memulai podcastmu dengan Anchor
  2. Spotify : Tak hanya berguna untuk mendengarkan musik saja. Banyak creator podcast yang mengunggah karya mereka di sana.
  3. Apple Podcast : Salah satu aplikasi pertama dalam perkembangan dunia podcast.
  4. Youtube : Kamu bisa mendengarkan podcast audio plus visual di Youtube.

Cara Mudah Memulai Podcast Sendiri

Cara Mudah Memulai Podcast Sendiri

Apakah kamu tertarik untuk membuat podcast milikmu sendiri? Jangan khawatir, podcast merupakan jenis konten yang lumayan mudah untuk diproduksi. Selain itu hanya berbekal suara sehingga kamu tidak perlu pusing memikirkan tampilan visualnya.

  1. Menentukan tema yang tepat untuk podcastmu. Kamu bisa mulai dengan membahas hal-hal yang kamu suka dan tertarik. Misalnya kamu menyukai kucing, kamu bisa membahas bagaimana cara merawat kucing, membahas tentang jenis-jenis kucing, hingga cerita sehari-hari tentang kucing kesayanganmu.
  2. Membuat naskah sangatlah penting untuk memastikan podcastmu memiliki alur yang jelas dan pembahasannya tidak berputar-putar. Sehingga pendengar merasa nyaman ketika mendengarkan podcasmu.
  3. Mulai rekaman, kamu bisa menggunakan handpohe dan headset untuk memulai podcast pertamamu. Tak perlu alat yang mahal untuk memulai bukan?
  4. Setelah rekaman selesai, kamu bisa mengedit audio menggunakan aplikasi pengedit audio. Salah satu aplikasi edit audio yang mudah, gratis, dan cocok untuk pemula adalah Audacity.
  5. Proses terakhir adalah mengupload hasil rekamanmu yang kini berupa Podcast ke berbagai platform media digital. Seperti Anchor, Soundcloud, hingga Spotify dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Apakah kamu sudah paham mengenai seluk beluk dan pengertian Podcast? Kamu bisa menggunakan Podcast untuk meningkatkan personal branding ataupun berbisnis di internet. Simpel, mudah, gratis, dan memiliki banyak pendengar menjadi alasan mengapa banyak khalayak yang menyukai podcast.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia