Pengertian Sejarah

Pengertian Sejarah | Definisi, Peranan dan Konsep

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejarah dan hal-hal yang berkaitan didalamnya.

Mungkin teman-teman sudah familiar dengan kata ‘sejarah’, lalu tahukah teman-teman kenapa sejarah diibaratkan seperti pohon?.

Berikut pengertian sejarah, definisi sejarah, pernanan sejarah, dan konsep yang ada di dalam sejarah.

Pengertian Sejarah

Sejarah adalah suatu kajian yang mempelajari dan membahas tentang berbagai kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau, khususnya yang berkaitan dengan manusia.

Secara etimologi (bahasa) kata sejarah berasal dari Bahasa Arab yaitu sajarotun (شجرة) yang artinya pohon.

Kenapa kata sejarah diambil dari kata pohon?, hal tersebut karena pohon dapat terus tumbuh mulai dari akar hingga terbentuklah ranting, batang, daun, buah dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Berpikir Diakronik dalam Mempelajari Sejarah

Sehingga pohon diibaratkan seperti simbol dari kehidupan, karena pohon akan terus tumbuh dari waktu ke waktu dan saling berkaitan dimulai dari akar, daun, buah dan lain sebagainya. Semua bagian dari pohon tersebut merupakan satu kesatuan.

Sebagaimana pohon, sejarah pada setiap peristiwa yang ada didalamnya saling berkaitan dan saling mempengaruhi antara satu sama lain pada masa yang akan datang.

Definisi sejarah tersebut juga merujuk kepada sebuah silsilah, terutama pada silsilah kerajaan atau dinasti yang ada pada masa lalu.

Adanya berabagai rekaman mengenai sejarah yang terjadi pada masa lampau baik disampaikan oleh pelaku sejarah atau sanksi sejarah disebut sumber sejarah.

Baca juga: Pengertian Sumber Sejarah Secara Lengkap

Pengertian Sejarah Menurut KBBI

Kata sejarah mempunyai arti yang sangat luas yang dapat dijelaskan Secara etimologi.

Secara umum di dalam KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) definisi umum sejarah mencakup 3 hal, yaitu:

  1. Asal-usul, keturunan, dan istilah.
  2. Kejadian maupun peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, hikayat, atau tambo.
  3. Pengetahuan atau uraian tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Pengertian Sejarah dalam Bahasa Inggris

Didalam bahasa Inggris secara dapat disebut dengan ‘history‘ yang juga diserap dari bahasa Yunani yaitu ‘historia‘.

Kata sejarah didalam bahasa Jerman disebut dengan ‘Geschichte‘, sedangkan sejarah dalam bahasa belanda disebut dengan ‘geschiendenis‘.

Berbagai definisi diatas memiliki makna yang hampir sama antara satu sama lain, yaitu penyelidikan, pengumpulan, pengorganisasian, dan juga penyajian berbagai informasi mengenai peristiwa yang terjadi pada masa lampau.

Definisi Sejarah Menurut Para Ahli

Definisi Sejarah Menurut Para Ahli

1. Herodotus

Pengertian sejarah menurut Herodotus adalah suatu kajian yang bertujuan untuk menceritakan suatu perputaran jatuh atau bangunnya seseorang tokoh, masyarakat serta suatu peradaban.

Baca juga: Cara Berpikir Sinkoronik dalam Mempelajari Sejarah

Horodotus mendefinisikan sejarah bukan berkembang dan bergerak lurus kedepan dengan tujuan yang pasti. Melainkan begerak melingkar dimana tinggi atau rendahnya suatu lingkaran disebabkan oleh manusia itu sendiri.

Maksud dari definisi Herodotus tersebut bahwa sejarah dapat berfungsi untuk menceritakan suatu perputaran jatuh bangunnya seorang tokoh, masyarakat maupun peradaban tertentu.

Herodutus sendiri dikenal sebagai bapak sejarah. Hal tersebut karena Herodotus merupakan penulis pertama yang mencoba menuliskan apa yang terjadi pada masa lampau.

Baca juga: Ruang Lingkup Ilmu Sejarah

Heorodotus juga merupakan sejawan pertama yang berhasil mengumpulkan berbagai bahan sejarah secara sistematis dan menguji akurasi sampai batas tertentu, serta menyusunnya dalam sebuah narası yang dibangun secara baik, jelas, dan hidup.

2. Ibnu Khaldun ( 1332 – 1406 M)

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun adalah sejarah sebagai catatan mengenai manusia dan peradabannya dengan seluruh proses perubahan yang terjadi secara nyata dengan berbagai sebab dan akibatnya.

Maksudnya berbagai peristiwa sejarah yang terjadi mempunyai sebab dan akibat didalamnya.

3. R.G Collingwood

Pengertian sejarah menurut R.G Collingwood adalah suatu penyelidikan mengenai hal-hal yang telah dilakukan manusia pada masa lampau.

Maksudnya sejarah berfungsi untuk melakukan suatu penyeledikan tentang berbagai hal yang terjadi pada masa lampau yang berkaitan degan kehidupan manusia.

4. Leopold von Ranke

Pengertian sejarah menurut Leopold von Ranke adalah sesuatu yang ditulis dari haruslah sebagaimana itu terjadi.

Maksudnya adalah setiap peristiwa sejarah harus ditulis sesuai dengan fakta dan berbagai data, tidak boleh ditambah-tambah ataupun dikurangi.

5. Prof. Dr. Sartono Kartodirjo

Pengertian sejarah menurut Prof. Dr. Sartono Kartodirjo adalah sejarah pada hakikatnya dibatasi oleh dua hal, yaitu sejarah dalam arti subjektif dan sejarah dalam arti objektif.

Maksud pengertian sejarah dalam arti subjektif adalah suatu bangunan yang disusun oleh penulis sebagai uraian atau cerita.

Sedangkan pengertian sejarah dalam arti objektif adalah suatu proses sejarah dalam aktualisasinya, dan merujuk pada suatu kejadian maupun peristiwa itu sendiri.

Prof. Dr. Sartono Kartodirjo adalah seorang sejawan berkebangsaan Indonesia dan juga merupakan pelopor penulisan sejarah melalui pendekatan multidimensional.

5. Moh Ali

Pengertian sejarah menurut Moh Ali adalah suatu kegiatan meneliti, dan menceritakan tentang riwayat dan perjalanan hidup manusia.

Riwayat perjalanan hidup manusia tersebut dialami, diceritakan, dan dibaca kembali oleh manusia.

Peranan Manusia dalam Sejarah

Manusia dan sejarah adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Hal tersebut karena manusia merupakan aktor utama penggerak sejarah dalam hidupnya dalam rangka mewujudkan suatu perubahan dan kemajuan yang telah di cita-citakan.

Sebagaimana definisi dari sejarah menurut Moh Ali diatas bahwa sejarah meneliti dan menceritakan mengenai riwayat dan perjalanan hidup manusia.

Nah, berbagai riwayat dan perjalanan hidup yang telah dialami dan diceritakan tersebut, kemudian dibaca kembali oleh manusia.

Oleh karena itu manusia menjadi pencipta, pelaku, penutur maupun berperan sebagai sumber sejarah itu sendiri.

Tokoh Penggerak Sejarah di Indonesia

Tokoh-tokoh yang yang berperan sebagai penggerak sejarah di Indonesia merupakan tokoh-tokoh yang namanya sering muncul dalam buku sejarah.

Tokoh penggerak yang namanya paling terkenal dari masa kerajaan hingga masa kemerdekaan yaitu:

  1. Raden Fatah (raja dari kesultanaan Demak)
  2. Sultan Agung (raja dari kesultanan Mataram Islam)
  3. Jendal Soedirman
  4. Ir. Soekarno
  5. Moh. Hatta

Selain dari tokoh diatas, banyak tokoh-tokoh besar lainnya yang menjadi penggerak sejarah di Indonesia. Namun tokoh penggerak sejarah di Indonesia bukan hanya berasal dari tokoh-tokoh besar saja, melainkan ada pula yang berasal dari orang-orang biasa.

Hal tersebut karena keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya.

Konsep – Konsep dalam Sejarah

1. Konsep Ruang dalam Sejarah

Umumnya didalam kehidupan manusia akan mudah mengingat suatu tempat yang mempunyai kenangan tertentu. Baik kenangan yang bersifat suka maupun duka.

Hal tersebut disebabkan karena hakikatnya kehidupan manusia tidak dapat lepas dari aspek ruang dan waktu.

Ruang yang dimaksud dalam konsep sejarah adalah suatu tempat terjadinya suatu peristiwa penting. Sedangkan waktu adalah kapan suatu peristiwa penting tersebut dapat terjadi dalam kehidupan.

Setiap peristiwa sejarah yang dialami oleh setiap manusia yang terjadi pada masa lampau berlangsung dalam ruang dan waktu.

Aspek ruang dalam sejarah berkaitan erat dengan aspek geografis (tempat terjadinya suatu peristiwa).

Keberadaan unsur ruang pada sejarah akan mempermudah pemahaman mengenai suatu peristiwa. Hal tersebut karena di dalam peristiwa sejarah pasti akan selalu memuat unsur mengenai dimana peristiwa tersebut terjadi.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada suatu peristiwa yang akan terjadi tanpa adanya ruang atau tempat.

Semua peristiwa yang terjadi di dunia ini pastinya terjadi di tempat maupun lokasi tertentu.

Kegunaan Ruang dalam Sejarah

  1. Membuat suatu peristiwa sejarah menjadi nyata
  2. Memudahkan dalam memahami suatu peristiwa sejarah

2. Konsep Waktu dalam Sejarah

Selain aspek ruang, salah satu bagian terpenting dari suatu peristiwa sejarah adalah aspek waktu.

Waktu dapat diartikan sebagai satu kesatuan seperti detik, jam, hari, minggu, bulan, tahun, maupun abad.

Menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) waktu adalah seluruh rangkaian dalam suatu proses, pembuatan, maupun keadaan atau berlangsung.

Konsep waktu dan ruang merupakan dua aspek yang tidak dapat dipisahkan dalam sejarah.

Aspek – Aspek Waktu dalam Sejarah

1. Aspek Perkembangan

Perkembangan dapat terjadi apabila suatu masyarakat mengalami pergerakan tertentu secara berturut-turut dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan suatu masyarakat dapat berkembang, dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang jauh lebih kompleks.

2. Aspek Kesinambungan

Kesinambungan dapat terjadi apabila suatu masyarakat masih menjalankan pola atau kebiasaan yang lama.

3. Aspek Pengulangan

Pengulangan adalah suatu fenomena yang pernah terjadi sebelumnya dan terulang kembali pada masa sekarang (masa setelahnya).

Sehingga pengulangan bukan diartikan sebagai peristiwa yang berulang, melainkan fenomenanya.

Pengulangan dapat terjadi apabila suatu peristiwa yang terjadi pada saat ini mempunyai pola yang sama dengan berbagai peristiwa pada masa lalunya (kebiasaan lama).

4. Aspek Perubahan

Perubahan adalah suatu keadan yang terjadi dimana didalamnya terdapat pergeseran dari suatu kondisi ke kondisi lainnya.

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya praktik lama yang dinilai tidak memadai lagi (ketinggalan zaman) oleh masyarakat untuk menunjang suatu kemajuan dan tata kehidupan.

Umumnya perubahan dapat terjadi karena adanya pengaruh yang berasal dari luar, misalnya perang, bencana alam, revolusi, krisis ekonomi, reformasi dan globalisasi. Peristiwa tersebut dapat mengubah tatanan dalam kehidupan masyarakat.

Demikian pembahasan mengenai pengertian sejarah dan berbagai hal yang berkaitan tentang sejarah. Semoga dapat menambah wawasan kita.

Avatar
Founder and CEO pusilpen.online, pusatilmupengetahuan.com, saintek.id Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...