Pengertian Teknologi | Sejarah, Jenis dan Manfaatnya

Teknologi merupakan salah satu istilah yang sudah tidak asing ditelinga khususnya generasi milenial. Pasalnya pesatnya perkembangan zaman membuat kebutuhan manusia akan teknologi menjadi semakin tinggi. Lalu apa pengertian teknologi, bagaimana sejarah berkembangnya dan apa macam serta manfaatnya?, berikut penjelasannya.

Apa itu Teknologi?

gambar teknologi

Teknologi adalah berbagai sarana yang digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan kenyamanan hidup.

Teknologi secara bahasa berasal dari dua suku kata yaitu tekno dan logi, kedua suku kata tersebut diambil dari bahasa Yunani yakni techne dan logos.Techne artinya keterampilan dan logos artinya ilmu atau pengetahuan.

Sehingga secara bahasa teknologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas tentang keterampilan. Penggunaan kata “teknologi” sendiri diambil dari bahasa inggriyaitu “Technology”. Pengambilan kata ini bertepatan dengan berakhirnya revolusi industri kedua pada abad ke 20.

Teknologi pada awalnya dibuat dengan dasar untuk mengubah berbagai sumber daya alam menjadi alat sederhana yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Sehingga dengan kemunculan teknologi diharapkan bisa memberikan dampak yang besar bagi kehidupan manusia.

Namun pada zaman ini teknologi sepertinya sudah menyatu dengan kehidupan umat manusia, hal tersebut ditandai dengan berbagai aktivitas manusia yang selalu dikelilingi oleh alat-alat teknologi. Aktivitas tersebut mencakup sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sebagainya.

Kemunculannya membuat berbagai pekerjaan dan kegiatan yang biasa dilakukan secara manual menjadi otomatis. Hal ini sepertinya sudah dirasakan oleh hampir semua orang dibelahan dunia.

Misalnya, pada zaman dahulu saat hendak mengirim pesan atau surat orang harus pergi ke kantor pos dan harus menunggu beberapa minggu agar surat bisa sampai tujuan. Tetapi saat ini hal tersebut sudah tidak lagi ada lagi semenjak kemunculan teknologi berupa platform kirim pesan atau surat seperti email, sosial media dan sebagainya.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Para ahli mempunyai pandangannya sendiri mengenai pengertian teknologi. Misalnya Poerbahwadja harahap yang mengartikan teknologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfokus penyelidikan mengenai cara kerja dibidang teknik. Selain itu ia juga mengacu pada ilmu pengetahuan yang umum digunakan oleh industry atau pabrik tertentu.

Sedangkan menurut Nasibit teknologi adalah suatu alat, objek dan bahan yang wujudnya berbeda dari manusia. Pendapat lain dari Miarso menyebut bahwa pengertiannya adalah suatu bentuk proses yang dapat meningkatkan nilai tambah. Bentuk proses tersebut dapat menghasilkan produk yang berasal dari produk yang dahulu sudah ada.

Sejarah Perkembangan Teknologi

Sejarah Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi berlangsung secara evolusi, dimana orientasi pemikiran dan hasil kebudayaan mengenai bidang ilmu ini sudah nampak sejak zaman Romawi Kuno.

Istilah pertama teknologi dipakai oleh Philips pada tahun 1706 pada buku yang berjudul “Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical”.

Sejarah perkembangan teknologi dimulai pada abad pertengahan ditandai dengan kemunculan penemuan berupa tali kerah kuda, sutera, dan tersebut terjadi setelah jatuhnya kekaisaran Romawi pada beberapa ratus tahun lalu.

Perkembangan teknologi pada abad pertengahan menggunakan mesin sederhana (katrol, tuas, dan baut) pada pembuatan peralatan kompleks seperti jam dinding, kincir angin, dan gerobak.

Pada abad renaisains (bangkit kembalinya peradaban modern Eropa) muncul teknologi berupa mesin cetak yang membantu manusia dalam mendokumentasikan ilmu pengetahuan secara luas sehingga mendorong sains untuk semakin berkembang.

Periode kemunculan berbagai temuan teknologi baru dimulai pada abad ke 18 di Inggis. Penemuan teknologi baru tersebut muncul terutama pada bidang pertambangan, pertanian, manufaktur, dan transportasi. Penemuan perkembagan transportasi dibarengi oleh penemuan uap, dimana digunakan sebagai bagian penggeraknya.

Selanjutnya pada abad revolusi industri kedua muncul penemuan listrik dan berbagai turunannya seperti lampu pijar, motor listrik dan sebagainya. Setelah itu berbagai penemuan lainnya mulai bermunculan seperti diantaranya telepon, telegram, radio dan televisi. Bahkan pada abad ke-19 akhir dan abad ke-20 akhir ditemukan pesawat dan mobil.

Teknologi akan terus berkembang mengikuti kemajuan perkembangan zaman dan akan memberikan dampak bagi kehidupan manusia.

Jenis-Jenis Teknologi

Jenis-Jenis Teknologi

Perkembangan membuat teknologi semakin berkembang pesat, hal ini ditandai dengan kemunculan jenis-jenis teknologi yaitu:

1. Teknologi Informasi

Semakin mudahnya manusia dalam mendapatkan berbagai informasi dan pengetahuan merupakan salah satu andil dari teknologi informasi. Kemunculan berbagai sarana penjunjang informasi memudahkan manusia dalam memperoleh informasi. Salah satu contoh jenis perkembangan informasi adalah internet.

2. Teknologi Komunikasi

Pada zaman dahulu manusia berkomunikasi dengan manusia lain yang letaknya berjauhan tidak semudah zaman sekarang. Dimana pada zaman sekarang manusia dapat dengan mudah melakukan komunikasi secara cepat, mudah bahkan dengan jarak yang jauh sekalipun.

3. Teknologi Transportasi

Bentuk perkembangan teknologi transportasi yang bisa kita rasakan adalah dengan munculnya berbagai alat transportasi modern seperti kereta listrik dan pesawat. Dimana penggunaannya dapat membuat perjalanan manusia dari satu tempat ke tempat lainnya menjadi jauh lebih mudah, cepat dan efisien.

4. Teknologi Pendidikan

Dalam bidang pendidikan teknologi mempunyai peranan penting, mengingat semakin pesatnya zaman dibutuhkan adanya pembelajaran kreatif.

Baca Juga: Pengertian Pendidikan secara Lengkap

Dimana pembelajaran kreatif ini dapat ditunjang dengan fasilitas teknologi yang memadai seperti adanya proyektor untuk presentasi pembelajaran dan lain sebagainya.

5. Teknologi Medis

Berkembangnya pengetahuan manusia mengenai kesehatan khususnya dalam dunia medis harus dibarengi dengan perkembangan teknologi.

Salah satunya bukti bahwa teknologi berperan penting dalam dunia medis adalah dengan kemunculan berbagai jenis vaksin yang  fungisnya melindungi tubuh dari penyakit.

6. Teknologi Ekonomi

Salah satu bukti adanya perkembagan teknologi dalam bidang ekonomi adalah dengan munculnya berbagai platform digital berupa e-commerce.

Baca Juga: Apa itu Ekonomi?

Dimana pembeli dan penjual saat ini dapat melakukan transaksi tanpa harus bertemu dan ini bisa dilakukan secara berjauhan bahkan berbeda negara sekalipun.

7. Teknologi Pangan

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, sehingga perkembangannya juga harus diiringi dengan teknologi. Hal ini agar manusia dapat dengan mudah menghasilkan produk pangan mereka untuk meningkatkan kesejahteraan.

Manfaat Teknologi Bagi Kehidupan

Ada beberapa manfaat teknologi yang dapat kita rasakan didalam kehidupan, manfaat tersebut ada yang bisa kita langsung rasakan, yaitu:

  1. Mempermudah komunikasi antar sesama manusia
  2. Meningkatkan efisiensi waktu perjalanan manusia
  3. Kemudahan mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan
  4. Binis menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan
  5. Kualitas kesehatan manusia meningkat dari tahun ke tahun
  6. Transaksi menjadi lebih mudah, nyaman dan menyenangkan

Demikian penjelasan mengenai pengertian teknologi, jenis-jenis teknologi, dan manfaatnya. Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan ya 🙂

Bagikan Artikel melalui :