gambar orang sedang menulis teks deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi

Diposting pada

Pernahkah Kamu mendengar atau menemukan istilah teks deskripsi?, pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian teks deskripsi, struktur teks deskripsi, ciri-ciri teks deskripsi, jenis-jenis teks deskripsi dan contoh teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah suatu teks yang paragraf utamanya memaparkan atau menggambarkan suatu objek dengan rinci dan jelas.

Gagasan utama yang di sampaikan atau dipaparkan oleh teks deskripsi meliputi berbagai objek, tempat, maupun peristiwa yang terjadi.

Salah satu fungsi pengertian teks deskripsi adalah membuat pembaca seolah merasakan secara langsung kejadian yang ada diceritakan didalam teks tersebut.

Tujuan dari teks deskripsi adalah menggambarkan atau menceritakan suatu objek secara terperinci dengan padangan subjektif sehingga dapat dipahami oleh pembaca.

Baca: Pengertian Teks Prosedur secara Lengkap dan Jelas

Seorang penulis dari teks deskripsi diharuskan menggambarkan objek yang diceritakan dengan sejelas mungkin, sehingga para pembaca seolah merasakan apa yang dikisahkan pada teks deskripsi tersebut.

Didalam teks deskripsi objek yang sedang dibicarakan mempunyai sifat khusus, sedangkan objek yang dibahas atau deskripsikan bersifat pendapat pribadi.

Struktur Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi
Struktur Teks Deskripsi

Secara umum stuktur teks deskripsi terdiri dari empat elemen dasar, yaitu: identifikasi, judul, deskripsi, dan klasifikasi.

Elemen-elemen yang ada pada struktur teks deskripsi menggambarkan sebuah objek secara detail baik berupa tempat, maupun peristiwa yang terjadi didalamnya.

Berikut penjelasan struktur teks deskripsi:

1. Judul

Judul merupakan salah satu stuktur pada teks deskripsi yang menjadi point utama untuk mengetahui apa yang dibahas dari teks deskripsi.

2. Identifikasi

Setelah membuat judul, umumnya si penulis membuat strukur berupa kalimat pengantar teks yang akan dijelaskan atau dibahas pada teks deksripsi, kalimat pengantar inilah yang termasuk kedalam identifikasi.

3. Klasifikasi

Agar dapat dengan mudah dipahami maka setiap pokok bahasan pada teks deskripsi akan digolongkan dan diurutkan, ini yang disebut dengan sturktur klasifikasi.

4. Deskripsi

Nah setelah ketiga unsur teks deskripsi diatas selesai, maka sekarang saatnya untuk masuk ke struktur dimana didalamnya berisi berbagai penjelasan seputar topik yang dibahas pada teks deskripsi.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai beberapa ciri-ciri yang menjadi pembeda antara teks deksripsi dengan teks lainnya.

Dikutip dari situs Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) dan situs lainnya, teks deskripsi mempunyai beberapa ciri yaitu:

  1. Melibatkan Pancara Indera dalam Penggambarannya
  2. Teksnya Menjelaskan Ciri-Ciri Fisik Objek (Ukuran, warna dan sebagainya)
  3. Memberikan gambaran suatu benda
  4. Topik didalam teksnya dibahas dengan sejelas-jelasnya
  5. Frasa didalam teks mengandung kata benda
  6. Umumnya menggunakan metafora (perumpaan atau perumpamaan)
  7. Penjelasannya menjelaskan sifat atau ciri suatu objek tertentu
  8. Biasanya menggunakan kata-kata yang dipakai sehari-hari

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Jenis-Jenis Teks Deskripsi
Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Berdasarkan objek yang digambarkan didalamnya, teks deskripsi terdiri dari tiga jenis, yaitu teks deskripsi spasial, teks deskripsi objektif, dan teks deskripsi subjektif. Berikut jenis-jenis teks deskripsi:

1. Deskripsi Spasial

Paragraf deskripsi spasial merupakan jenis teks deskripsi yang sengaja dibuat sesuai dengan ruang dan waktu.

Maksudnya adalah pada paragraf ini seorang penulis bisa memberikan penjelasan suatu ruangan dari berbagai penjuru, baik dalam, luar, atas maupun bawah.

Pada paragraf ini si penulis bisa biasanya memberikan berbagai penjelasan mengenai keadaan yang ada pada suatu ruangan.

Keadaan ruangan tersebut meliputi gelap, terang, pengap, rapi, kotor, berdebu, dan sebagainya.

Di paragraf ini si penulis juga tidak bisa memberikan gambaran mengenai berbagai hal yang ada didalam ruangan tersebut. Melainkan si penulis juga bisa menjelasan isi ruangan yang ada pada teks secara spesifik dan detail.

Sehingga si pembaca teks dapat merasakan seolah-olah dirinya mengenali dan mengetahui isi ruangan, bahkan merasa bahwa mereka berada pada ruangan tersebut.

2. Deskripsi Objektif

Paragraf deskripsi objektif ini adalah suatu jenis teks deskripsi yang isinya merupakan berbagai gambaran yang ada pada teks deskripsi secara apa adanya atu objektif. Sehingga hal tersebut sesuai dengan namanya yaitu objektif.

Untuk bisa melengkapi paragraf deskripsi objektif si penulis teks tidak perlu lagi menambahkan pendapat pribadi (opini), karena isi dari jenis teks ini adalah sesuai dengan apa yang terjadi.

3. Deskripsi Subjektif

Deskripsi subjektif merupakan kebalikan dari deskripsi objektif, dimana pada jenis paragraf ini justru mengharuskan si penulis untuk menggambarkan berbagai keadaan sesuai apa yang dilihat oleh penulis.

Baca: Pengertian Teks Negosiasi

Sehingga pada paragraf ini si penulis sangat diperbolehkan untuk memberikan pendapat atau opini pribadinya untuk menjelaskan sesuatu.

Contoh Teks Deskripsi

Dibawah ini adalah contoh teks deskripsi yang membahas mengenai pengertian motor:

Motor adalah sebuah alat berupa mesin yang dapat mengubah energi menjadi gerak. Biasanya alat yang bisa mengubah suatu energi menjadi gerak disebut dengan mesin.

Hal tersebut yang membuat motor mempunyai mesin sebagai alat yang bisa digunakan untuk mengubah energi yang berasal dari pembakaran minyak menjadi energi gerak.

Beberapa komponen yang ada pada motor yaitu: Roda Gila (FlyWheel), Torak (Piston), Bak Engkol Mesin (Crank case), Ban, Rem, dan sebagainya.

Secara umum mesin motor dapat bergerak dengan beberapa tahapan, yaitu piston bergerak dari TMA menuju TMB, Piston bergerak dari TMB menuju TMA, dan sebagainya.

Motor mempunyai beberapa merek, diantaranya Honda, Suzuki, Kawasaki, dan sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai pengertian teks deskripsi, ciri-ciri teks deskripsi, struktur-struktur teks deskripsi, jenis-jenis teks deskripsi dan sebagianya.Contoh Teks Deskripsi

Avatar
Founder and CEO pusatilmupengetahuan.com, saintek.id, layananweb.site, & buatkelas.online. Playmaker dewicookies.com, nusacharity.org, qothrunnadaa.com, etc...