Peranan Kimia Organik Untuk Kehidupan

Diposting pada

Mengenal Jenis Peranan Kimia Organik Untuk Kehidupan Manusia – Unsur kimia dalam bumi banyak sekali, ada yang bermanfaat namun ada juga yang berbahaya.

Misalnya saja unsur kimia organik, yang sangat membantu perkembangan kehidupan manusia. Karena semua kebutuhan untuk bisa bertahan hidup didukung oleh adanya kimia organik.

Kimia organik merupakan anak materi dari ilmu kimia yang menerangkan tentang senyawa organik. Pembahasan materi tersebut meliputi reaksi, struktur, sintesis, kompoaisi dan sifat dari senyawa organik.

Dimana senyawa organik didasari oleh banyak unsur hidrogen dan juga karbon.

Asal Mula Senyawa Organik

Asal mula hadirnya materi tentang senyawa organik bukanlah berasal dari hasil sebuah penelitian yang selaras. Melainkan dari hasil kesalahpahaman hasil penelitian tentang senyawa oeganik yang semuanya berasal dari organisme hidup.

Padahal sejatinya, ada beberapa peranan kimia organik untuk kehidupan yang bukan merupakan sebuah organisme hidup.

Peranan Kimia Organik Untuk Kehidupan

Peranan Kimia Organik Untuk Kehidupan

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali peran yang dilakukan oleh senyawa organik. Sebagai sebuah contoh, enzim yang ada dalam kehidupan sehari-hari manusia sistem kerjanya bergantung pada logam transisi seperri tembaga dan besi.

Contohnya saja tulang dan gigi, keduanya membutuhkan logam transisi. Contoh lainnya lagi adalah dalam pencernaan makanan pada tuhuh, larutan HCl sangat berperan aktif dalam metabolisme.

Hampir semua organisme memerlukan peranan kimia organik untuk kehidupan-nya, seperti larutan HCl untuk mencerna semua makanan.

Karbon dalam senyawa organik tidak semuanya berkaitan dengan ikatan antar_karbon, seperti unsur garam, oksida, karbid, mineral dan asam. Namun bukan berati bahwa semua senyawa organik tidak ada yang berunsur tunggal seperti metan.

1. Peranan Kimia Organik pada Bidang Kedokteran

Ilmu kedokteran tentunya tidak bisa lepas dari senyawa kimiawi. Bahkan manfaat dan fungsi unsur kimia dalam ilmu kedokteran termasuk unsur vital. Terlihat dari beragam penelitian yang dilakukan oleh ilmu kedokteran. Seperti penelitian sebuah obat yang mendasar pada riset sebuah reaksi yang ditimbulkan setelah pengujian.

Peranan kimia organik untuk kehidupan bidang kedokteran memang selalu menjadi tejuk nomor satu. Dimana senyawa kimia organik dan biokimia merupakan tajuk paling atas yang selalu menjadi bahasan ilmu kedoteran. Karena kedua senyawa ini bereaksi langsung dengan kehidupan suatu organisme.

Dengan demikian ilmu kedokteran akan dengan mudah mempelajari kedua senyawa tersebut dan juga reaksi yang akan timbul dari keduanya.

2. Bidang Pangan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kehidupan sehari-hari sangat bergantung pada adanyabsenyawa organik. Misalnya saja pada sistem metabolisme tubuh dalam mencerna sebuah makanan. Dalam hal pangan, senyawa organik pun berperan aktif, dimana fungsinya adalah sebagai pensuplay nutrisi.

Seperti yang dirasakan oleh manusia, nutrisi sangat dibutihkan tubuh untuk bertahan hidup. Karena nutrisi akan menghasilkan sebuah energi untuk dapat memperkuat tubuh ketika melakukan sebuah aktifitas.

Peranan kimia organik untuk kehidupan bidang pangan sangat mempengaruhi kesehatan. Karena nutrisi yang didapatkan akan memberikan nutrisi untuk senyawa organik yang ada dalam tubuh.

Lemak misalnya, dimana lemak merupakan senyawa organik yang dapat memperlancar pembuatan sebuah makanan. Makanan yang dihasilkan oleh adanya lemak banyak sekali jenisnya, seperti dalam pembuatan sebuah cake dan roti. Bahkan dapat berfungsi sebagai penambah cita rasa sebuah makanan.

Tak hanya sebagai pemberi nutrisi saja, senyawa organik juga bisa berperan sebagai bahan pengawet makanan seperti asam benzoat. Bisa juga sebagai pemanis sejenis fruktosa, bahkan bisa berperan sebagai pewarna seperti karoten. Itulah mengapa peranan kimia organik untuk kehidupan sangat berperan penting.

3. Bidang Pertanian

Tentu saja peranan kimia organik untuk bidang pertanian pun sangat penting. Karena bisa berperan sebagai bahan yang dapat membasmi hama pada tumbuhan.

Contoh senyawa organik yang ada dalam pembasmi hama tanaman yaitu klofiripos, klorotarinol serta ametrin. Jika hama yang menempel pada tumbuhan dapat teratasi, maka pertanian dapat memanen hasil makanan yang baik.

4. Bidang Pertamina

Peranan kimia organik untuk kehidupan lainnya yaitu ada pada bidang bahan bakar pertamina. Karena bahan bakar dapat dihasilkan oleh adanya unsur senyawa alkana. Dimana bahan bakar yang dapat dihasilkan oleh senyawa tersebut meliputi bensin, elpiji, solar dan juga kerosin.

5. Bidang Industri

Tekstil merupakan sebuah industri lain yang tak luput dari bahan kimia, baik kimia organik maupun anorganik. Industri plastik dan juga cat misalnya, keduanya menggunakan senyawa kimia untuk menghasilkan sebuah produk. Cat biasanya menggunakan senyawa organik untuk menciptakan sebuah warna.

Peranan kimia organik untuk kehidupan sangat bergantung pada hasil akhir yang dihasilkan oleh bidang industri. Misalnya saja industri cat tadi, cat merupakan bahan yang digunakan untuk memperindah sebuah bangunan. Alasannya agar bisa menjadi lebih nyaman dan betah berada dirumah.

Tak hanya berperan pada industri cat saja, melainkan memiliki peran dalam bidang industri plastik. Industri plastik yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari bisa meliputi barang dan peralatan dapur. Teflon adalah salah satu alat dapur yang menggunakan senyawa organik plastik didalamnya.

Dimana polimer merupakan senyawa organik yang biasa digunakan juga dalam bidang industri tekstil. Kain yang memakai senyawa ini bisa merupakan sebuah bahan dasar kain nilon dan poliester.

Kedua kain ini sering dipakai sebagai bahan pakaian kebanyakan orang. Itulah pentingnya peranan kimia organik untuk kehidupan dibidang industri.

Produk industri plastik lain yang memakai senyawa organik dalam pembuatannya yaitu industri pipa. Dimana kita tahu sendiri fungsi pipa untuk kehidupan sangat berperan penting.

Bahkan tak jarang juga banyak barang industri yang memanfaatkan senyawa organik untuk menghasilkan sebuah seni. Dimana hasil seni yang estetik ini dapat dimanfaatkan untuk diperjual belikan oleh masyarakat.

Peranan kimia organik untuk kehidupan memang meliputi banyak aspek. Bisa dibilang bahwa semua aspek kehidupan sangat bergantung pada adanya senyawa organik.

Untuk itulah banayk sekali orang yang paham dan memanfaatkan senyawa organik agar dapat menghasilkan sebuah produk untuk bisa menghasilkan pundi rupiah.

Meskipun peranan kimia organik untuk kehidupan sangat penting dan berpengaruh, jangan buat berlebih. Gunakan sebagai mana mestinya dan sebagaimana takaran pastinya, karena semua yang berlebihan tidak baik untuk dimanfaatkan. Bahkan cenderung lebih merugikan daripada memberikan manfaat. Semoga bermanfaat yaa.