Bagi Kamu yang saat ini berada di kelas 9, pastinya sedang bersiap-siap untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Terdapat 2 pilihan untuk meneruskan ke jenjang tersebut yaitu SMA dan SMK. Keduanya punya kelebihan, kekurangan dan perbedaan pastinya. 

Sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan ke SMA atau SMK, sebaiknya kamu ketahui dulu perbedaan SMA dan SMK, serta kelebihan dan kekurangan dari keduanya. Untuk lebih jelasnya kamu simak uraiannya di bawah ini.

Perbedaan SMA dan SMK yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan SMA dan SMK yang Harus Kamu Ketahui

SMA atau Sekolah Menengah Atas dan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan, keduanya punya banyak perbedaan. Adapun perbedaan sekolah SMA dan SMK  yaitu:

1. Tujuan Pendidikan

Bila dilihat dari tujuannya keduanya punya perbedaan yaitu dimana SMA difokuskan pada pelajaran untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. 

Sedangkan SMK difokuskan untuk terjun ke dunia kerja. Namun tetap dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan mengambil jurusan yang relevan saat di SMK.

Tapi kebanyakan yang dialami para siswa saat ini dalam menentukan pilihan SMA atau SMK mereka hanya ikut-ikutan teman, tanpa mengetahui tujuan yang jelas untuk masa depannya.

2. Jenis Jurusan

SMK memiliki jurusan yang banyak dan beragam sesuai dengan bakat dan minat kamu. Bisa dibilang di SMK semua bidang pekerjaan itu ada jurusannya. Bahkan biasanya antar SMK memiliki jurusan yang berbeda-beda. Sedangkan SMA hanya ada jurusan IPA, IPS dan Bahasa dan ini umum ada di semua SMA. 

3. Biaya Pendidikan

Karena SMK adalah sekolah yang memfokuskan untuk siswa terjun langsung ke dunia kerja setelah lulus, tentunya pelajaran yang diterapkan pun lebih banyak praktek daripada teori. 

Hal ini menyebabkan biaya sekolah di SMK lebih mahal di banding SMA yang lebih banyak mempelajari teori dibanding kegiatan praktek.

Selain itu jurusan yang kamu pilih juga bisa jadi faktor yang menyebabkan biaya SMK mahal. Karena terdapat jurusan tertentu yang lebih mahal dibanding jurusan lainnya.

4. Lamanya Waktu Sekolah

Pada dasarnya sekolah di SMA dan SMK itu punya waktu yang relatif sama dalam menempuh pendidikan yaitu 3 tahun. Namun ada beberapa jurusan di SMK yang perlu praktek lebih lama, sehingga mengharuskan siswanya menempuh pendidikan selama 4 tahun.

Seperti yang kita ketahui, terhitung sejak tahun 2017, Kemendikbud meluncurkan program SMK 4 tahun untuk lebih meningkatkan kualitas lulusan siswa SMK. 

Di tahun keempat ini para siswa lebih banyak diterjunkan pada dunia kerja, yang dikenal dengan PKL atau Praktek Kerja Lapangan.

Sehingga saat lulus nanti para siswa sudah dibekali pengalaman dan benar-benar telah siap untuk terjun pada dunia kerja yang sebenarnya.

5. Peluang Masa Depan

Semua lulusan SMA maupun SMK punya peluang yang sama untuk sukses di masa depan. Lulusan keduanya pun punya kesempatan yang sama untuk bisa melanjutkan kuliah atau terjun ke dunia kerja. 

Tapi siswa lulusan SMK telah benar-benar siap dan matang untuk terjun langsung ke dunia kerja. Hal ini karena mereka telah dibekali banyak praktek mengenai kegiatan dan aktivitas pada dunia kerja. Ditambah lagi adanya pengalaman dari kegiatan PKL yang mereka lakukan sebelum lulus sekolah.

Sedangkan siswa lulusan SMA bisa dibilang keahliannya terbatas karena kurangnya praktek saat menempuh pendidikan. Di SMA juga tidak ada pengenalan untuk terjun langsung pada dunia kerja. 

Sehingga biasanya lulusan SMA biasanya kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai bakat dan minatnya.

6. Tempat Belajar

Karena SMA lebih banyak belajar teori, maka tempat belajarnya pun lebih banyak dihabiskan di ruang kelas.

Sedangkan siswa SMK lebih banyak menghabiskan waktu belajarnya di lapangan atau tempat lingkungan kerja. Seperti saat mereka magang atau PKL, tentunya hal ini memberikan mereka pengalaman akan dunia kerja.

7. Program PKL atau Magang

Di SMA tidak ada program magang atau PKL sebagai syarat kelulusan. Karena memang SMA tidak mengharuskan lulusannya terjun langsung pada dunia kerja.

Berbeda dengan SMK  yang mengharuskan siswanya untuk mengikuti program magang atau PKL pada perusahaan-perusahaan yang sesuai dengan jurusan yang diambil.

Karena SMK memang fokus untuk mendidik siswa agar bisa terjun langsung pada dunia kerja setelah lulus.

8. Kemandirian

Siswa SMK secara mental lebih mandiri dibandingkan dengan siswa SMA. Karena siswa SMK telah terlatih dan terbiasa menghadapi masalah dalam kegiatan saat praktek kerja. 

9. Dunia Kerja

Siswa lulusan SMA belum siap langsung terjun ke dunia kerja. Hal ini karena SMA lebih banyak mempelajari teori daripada praktek dan siswa SMA juga tidak disiapkan untuk langsung bekerja setelah lulus SMA.

Sedangkan siswa lulusan SMK dianggap lebih siap terjun ke dunia kerja. Karena mereka telah banyak belajar dengan bermacam praktek sesuai dengan jurusannya, dan sengaja disiapkan untuk terjun ke dunia kerja setelah lulus.

10. Mata Pelajaran

SMA lebih cenderung mempelajari mata pelajaran yang bersifat umum. Sedangkan SMK mempelajari pelajaran yang spesifik dan mendalam sesuai jurusan yang diambil  

Kelebihan dan Kekurangan SMA dan SMK

Kelebihan dan Kekurangan SMA dan SMK

Selain memiliki perbedaan, SMA dan SMK juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja? ikuti terus informasinya dibawah ini.

Kelebihan SMA

Inilah kelebihan SMA pada umumnya:

1. Materi Pelajaran Lebih Luas dan Detail

Di SMA, hanya ada 3 jurusan yaitu IPS, IPA dan Bahasa, tapi materi yang dipelajari lebih luas dan detail. Ketiga jurusan tersebut dapat mencakup segala aspek, misalnya pada jurusan IPS bisa mempelajari dan mendalami pelajaran sejarah, sosiologi, akuntansi, hukum dan lain sebagainya.

Begitupun pada jurusan IPA materi yang diberikan menyangkut aspek ilmu kedokteran atau Teknik Sipil. Sedangkan pada jurusan Bahasa bisa mempelajari dan mendalami Sastra Bahasa Indonesia atau Bahasa Asing seperti Bahasa Mandarin, Inggris, Korea, Jepang, dan lain-lain.

2. Lebih Mengutamakan  Teori Daripada Praktek

Seperti yang telah dibahas diatas bahwa siswa SMA bukan dikhususkan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Karena itu  pelajaran yang diberikan pun lebih banyak teori. Jadi, bila kamu ingin memperdalam lagi bidang yang diminati maka harus melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi

3. Punya Banyak Waktu Berkumpul Bersama Teman Dalam Organisasi Sekolah

Dalam ruang lingkup SMA memiliki banyak organisasi dan ekstrakurikuler yang mengharuskan  siswa untuk terlibat, seperti OSIS atau ekstrakurikuler. 

Organisasi tersebut bisa menjadi wadah buat berkumpulnya para siswa serta melatih mental mereka untuk bisa  bicara di depan publik, bersosialisasi dengan adik dan kakak kelas maupun  para guru.

Kekurangan SMA

Adapun kekurangan dari SMA sendiri yaitu:

1. Materi Pelajaran Bersifat Umum 

Salah satu kekurangan SMA adalah begitu banyaknya materi pelajaran yang sifatnya umum dan luas. Hal ini sering membuat siswa  pusing dan tak bisa menangkap semua pelajaran yang diterimanya.

Hasilnya, tak jarang dari siswa SMA yang mengalami drop pada salah satu atau beberapa mata pelajaran yang tidak mampu dikuasainya,  karena kurangnya minat pada pelajaran tersebut.

2. Susah Mendapat Pekerjaan Setelah Lulus

SMA tidak dibekali materi pelajaran untuk terjun langsung ke dunia kerja. Karena itu biasanya lulusan SMA akan sulit mendapatkan pekerjaan. 

Kelebihan SMK

Inilah kelebihan SMK yang perlu kamu tahu:

1. Fokus Pada Satu Bidang Jurusan

Di SMK terdapat banyak macam jurusan, dan masing-masing jurusan di fokuskan pada satu bidang jurusan saja. Seperti jurusan administrasi perkantoran maka yang dipelajari lebih difokuskan pada pelajaran yang berhubungan dengan administrasi perkantoran saja.

Sedangkan untuk mata pelajaran lain seperti matematika, bahasa indonesia, PKN dan lainnya hanya selingan saja.

10 Jurusan SMK dengan Prospek Kerja Tinggi

2. Dibekali Pengalaman Kerja

Di SMK dibekali praktek dan keterampilan untuk bisa terjun langsung ke dunia kerja. Yang selanjutnya akan diberikan kegiatan pelatihan kerja sebelum lulus sekolah atau magang.

Jadi,  saat lulus nanti siswa SMK telah siap untuk terjun langsung ke dunia kerja, karena sudah dibekali  pengalaman kerja melalui  magang tersebut.

Kekurangan SMK

Adapun kekurangan SMK yaitu:

1. Kesulitan Untuk  Memilih Jurusan yang Sesuai Bila Melanjutkan ke Jenjang Perguruan Tinggi

Jika siswa lulusan SMK ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi,  biasanya mereka kesulitan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan yang dipelajari di bangku SMK. Hal ini karena jurusan pada perguruan tinggi tidak ada yang sama persis dengan jurusan di SMK. 

Karena itu juga siswa lulusan SMK mesti siap bersaing untuk bisa mengimbangi materi pelajaran umum yang tidak didapatkan pada saat di bangku SMK.

2. Berkurangnya Waktu Berkumpul Bersama  Teman 

Karena siswa SMK lebih banyak fokus pada kegiatan praktek dan dunia kerja, maka biasanya siswa SMK tidak punya banyak waktu untuk berkumpul bersama teman-teman di lingkungan  sekolah. 

Tips Memilih SMA atau SMK

Tips Memilih SMA atau SMK

Untuk menentukan pilihan apakah kamu akan meneruskan ke SMA atau SMK, sebaiknya kamu ketahui dulu gunakan tips dibawah ini:

1. Kenali Dulu Bakat dan Minat dalam Diri Kamu

Untuk menentukan apakah kamu akan meneruskan ke SMA atau SMK, penting buat kamu mengenal bakat dan minat yang ada dalam diri kamu. Karena bakat dan minat ini juga bisa berpengaruh dalam menjalani aktivitas sekolah. 

2. Konsultasikan Bersama Orang Tua dan Guru 

Berkonsultasi dengan orang tua ataupun guru itu sangat penting untuk bisa menentukan pilihan apakah masuk SMA atau SMK. Mereka pasti punya solusi yang tepat dan akan memberikan pilihan terbaik buat anaknya.

3. Cari Referensi Sekolah

Setelah kamu memutuskan untuk memilih SMA atau SMK, jangan terburu-buru untuk memilih suatu sekolah. Kamu bisa cari referensi, SMA atau SMK mana yang layak kamu pilih.  

Tips Memilih SMA atau SMK Terbaik untuk Masa Depan

Kamu juga bisa dapatkan informasi mengenai sekolah tersebut lewat internet, brosur sekolah atau tanyakan langsung pada kakak kelas atau alumni yang bersekolah di sekolah tersebut 

4. Tentukan Pilihanmu dengan Matang

Pilihan kamu akan berperan penting untuk masa depan kamu. Karena itu, tentukan pilihanmu dengan matang. Hal ini juga menentukan kamu dalam semangat belajar.

5. Berdoa dan Berserah diri

Berdoalah dan meminta petunjuk yang terbaik  pada Tuhan. Dan berserah diri lah bahwa apa yang kamu pilih adalah yang terbaik buat masa depan kamu nantinya.

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan SMA dan SMK beserta kelebihan dan kekurangan keduanya. Jadi, bagaimana nih pilih SMA atau SMK?

Bagikan:
Dimas Shandy

Dimas Shandy

I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia