Permintaan dan Penawaran | Pengertian, Hukum, Faktor, Jenis dan Kurva

Mungkin istilah permintaan dan penawaran sudah tidak asing lagi di telinga kita, khususnya saat belajar ekonomi.

Kedua istilah tersebut merupakan salah satu dasar yang harus difahami saat ingin belajar ilmu ekonomi secara lebih dalam lagi.

Baca juga: Pengertian Ekonomi

Permintaan dan penawaran sendiri merupakan dua kekuatan penting yang saling melengkapi satu sama lainnya dalam menggerakan suatu roda dalam sistem perekonomian.

Baca juga: Pengertian Sistem Ekonomi

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian permintaan dan penawaran serta berbagai hal yang berkaitan lainnya.

Pengertian Permintaan dan Penawaran

Pengertian Permintaan

Pemintaan adalah suatu jumlah barang maupun jasa yang diinginkan oleh konsumen berdasarkan harga dan waktu tertentu. Istilah permintaan ini dalam bahasa Inggris disebut dengan demand.

Pada dasarnya permintaan dan penawaran sendiri berlangsung di pasar. Pasar sendiri adalah sebuah tempat bertemunya antara konsumen dan produsen atau yang disebut juga dengan pelaku ekonomi.

Baca juga: Pengertian Pelaku Ekonomi secara Lengkap

Para konsumen yang hendak membeli sebuah barang tertentu mereka akan ke pasar. Begitupula dengan produsen yang hendak menjual atau menawarkan barang dagangannya tentunya mereka akan pergi ke pasar juga.

Karena itulah pasar merupakan tempat bertemunya dua pihak yang saling berkepentingan yaitu konsumen dan produsen. Pasar sendiri tidak hanya sebuah tempat secara fisik, namun pada zaman sekarang sebuah pasar tidaklah harus mempunyai tempat fisik, seperti halnya muculnya e-commerce (pasar elektronik) yang barbasis aplikasi yang ada di internet.

Baca juga: Pengertian Pasar

Tujuan seorang konsumen yang datang ke pasar adalah untuk mencari sebuah barang yang diinginkan. Jumlah barang yang dibeli oleh seorang konsumen bergantung pada berbagai faktor.

Salah satu faktor utama yang berpengaruh pada jumlah pembelian konsumen adalah harga. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa permintaan adalah sejumlah barang yang diinginkan oleh konsumen (pembeli) dalam harta maupun waktu tertentu.

Pengertian Penawaran

Penawaran adalah jumlah suatu barang atau jasa yang ingin dijual oleh produsen (penjual) dalam tingkat harga maupun waktu tertentu. Didalam bahasa Inggris penawaran ini disebut dengan supply.

Selain fungsinya bagi konsumen dalam mencari barang atau jasa dalam memenuhi kebutuhan, pasar juga merupakan tempat bagi produsen dalam menjual barang maupun jasa yang telah di produksi. Pada konsep penawaran ini yang akan diwakilkan adalah produsen.

Baca juga: Pengertian Biaya Peluang dalam Ekonomi

Pada hakikatnya konsumen selalu menginginkan barang atau jasa dengan harga yang rendah. Sebaliknya para produsen berharap setiap barang atau jasa yang di tawarkan mempunyai harga yang tinggi.

Sama seperti pemintan (demand), faktor utama yang dapat mempengaruhi adanya penawaran adalah harga barang atau jasa yang dijual.

Hukum Permintaan dan Penawaran

1. Hukum Permintaan (Demand)

Hukum permintaan adalah jika harga pada suatu barang atau jasa naik, maka jumlah dari barang dan jasa yang diminua akan turun. Sedangkan jika harga suatu barang atau jasa turun, maka jumlah barang atau jasa yang diminta juga akan naik.

Dengan demikian, hubungan antara tingkat harga dengan jumlah permintaan akan berbanding terbalik. perhatikan gambar ilustrasi dibawah ini:

kurva permintaan (demand)
kurva permintaan (demand)

Adanya hubungan yang berbanding terbalik antara harga dan jumlah permintaan tersebut disebabkan karena saat harga suatu barang atau jasa naik maka jumlah dari permintaan akan turun.

Sebaliknya, saat suatu harga pada barang maupun jasa itu turun maka permintaan pun akan naik.

Rumus Permintaan

Rumus Permintaan

Keterangan:
P = Harga
Qd = Jumlah Permintaan

2. Hukum Penawaran (Supply)

Hukum penawaran adalah saat harga dari suatu barang atau jasa mengalami kenaikan, maka jumlah barang atau jasa juga akan naik. Sebaliknya, saat harta pada suatu barang atau jasa mengalami penurunan maka jumlah dari barang atau jasa yang ditawarkan akan berkurang.

Baca juga: Rumus Payback Period pada Ekonomi

Hubungan yang terjadi antara barang dan jasa terhadap jumlah penawaran berbanding lurus (postif).

Perhatikan gambar ilustrasi berikut ini:

Hukum Penawaran (Supply)
Hukum Penawaran (Supply)

Rumus Penawaran

Rumus Penawaran
Rumus Penawaran

Keterangan:
P = Harga
Qs = Jumlah Penawaran

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

  1. Pendapatan
  2. Selera
  3. Jumlah pembeli/penduduk
  4. Harga barang komplementer (harang yang kegunaannya saling melengkapi)
  5. Harga barang substitusi (barang pemuas kebutuhan manusia)
  6. Perkiraan harga di masa depan
  7. Intensitas kebutuhan
  8. Perkiraan pendapatan di masa depan

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

  1. Harga
  2. Biaya Produksi
  3. Jumlah produsen /penjual
  4. Faktor tekhnologi
  5. Kondisi alam
  6. Harga barang distribusi
  7. Perkiraan harga masa depan
  8. Kebijakan pemerintah

Jenis-Jenis Permintaan (Demand)

1. Efektif

Jenis permintaan pertama yaitu efektif maksudnya adalah permintaan yang diikuti dengan adanya transaksi pembelian suatu produk atau jasa.

2. Potensial

Maksud dari jenis potensial pada permintaan adalah permintaan harus disertai dengan kemampuan dalam membeli, namun pada saat belum terjadi proses transaksi pembelian.

3. Mutlak (Absolut)

Mutlak absolut pada permintaan sendiri maksudnya adalah adanya permintaan dengan tidak disertai daya beli oleh konsumen.

Demikian penjelasan mengenai permintaan dan penawaran serta berbagai hal yang berkaitan didalamnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan kita.

Bagikan Artikel melalui :