Press Release adalah ?, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Diposting pada

Diantara kita mungkin sering mendengar istilah pres rilis, namun apa itu press release?. Pada kesempatan ini akan kita bahas mengenai pengertian press release serta cara kerjanya secara lengkap.

Apakah Press Release adalah Metode Branding Terbaik?

Pertanyaan diatas mungkin pernah kita temukan di beberapa tempat atau bahkan pernah terlintas dalam benak kita. Oleh karena itu terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu press release.

Singkatnya, press release adalah suatu informasi yang ditunjukan kepada publik melalui media tertentu, baik itu online maupun offline. Biasanya press release juga disebut dengan siaran pers.

Pada umumnya pres rilis ini dibuat oleh bagian PR (public relations) suatu perusahaan atau lembaga tertentu. Ada berbagai macam tujuannya, salah satu tujuan dari siaran pers adalah membangun atau meningkatkan branding.

Akan tetapi bisa juga digunakan sebagai media klarifikasi atau promosi kebijakan baru kepada masyarakat secara luas. Sehingga secara tidak langsung dapat kita katakan bahwa press release merupakan salah satu metode branding yang baik.

Kenapa press release merupakan metode branding terbaik?, ini karena metode perkenalan brand yang digunakan pres rilis dapat mencakup masyarakat secara luas dan terpercaya.

Baca Juga: Brand dalam Dunia Pemasaran

Bayangkan saja produk atau brand yang Anda miliki pernah diliput atau disiarkan oleh portal berita atau website besar. Tentunya produk atau brand yang Anda miliki tersebut akan dikenal secara luas oleh masyarakat dan dapat meningkatkan kepercayaan customer.

Hal ini karena media massa seperti portal berita yang mempunyai traffic yang cukup besar mampu membawa brand awwarness yang cukup besar juga bagi perusahaan atau lembaga yang diliput.

Kapan Press Release Penting Digunakan?

Setelah disebutkan tadi, setidaknya kita sudah sedikit paham mengenai arah dan tujuan dari siaran pers (pres rilis). Namun yang jadi pertanyaannya kapan pres rilis dianggap penting?

Pentingnya penggunaan siaran pers ini sesuai dengan keadaan. Maksudnya gimana?, singkatnya ya kembali ke tujuan awalnya. Yaitu membangun branding, klarifikasi, dan ajang promosi (kebijakan , promo layanan dan sebagainya).

Jadi, penggunaannya dinilai penting sesuai dengan kebutuhannya masing-masing perusahaan atau lembaga tertentu.

Perbedaan Press Release dan Berita

Perbedaan Press Release dan Berita

Ada pertanyaan lain yang banyak muncul juga diantara kita, yaitu apakah siaran pers itu sama dengan berita. Jawabannya, tidak.. mereka keduanya berbeda. Walaupun terkesan sama, kenyataanya mereka berbeda satu sama lain. Berikut beberapa perbedaan antara press release  dengan berita yaitu:

1. Press Release Dibuat oleh Perusahaan atau Lembaga, Sedangkan Berita oleh wartawan

Salah satu perbedaan yang umum adalah bahwa siaran pers atau pres rilis sendiri dibuat oleh perusahaan, organisasi, atau lembaga. Sedangkan berita dibuat oleh individu seperti wartawan dan sebagainya.

Informasi yang diberikan pada pres rilis mencakup berbagai hal yang berkaitan dengan perusahaan atau lembaga yang membuatnya seperti produk, promosi, klarifikasi dan sebagainya.

Sedangkan berita merupakan hasil informasi yang didapatkan atau dibuat oleh wartawan dan diambil dari berbagai sumber. Selanjutnya informasi tersebut diedit oleh redaksi berdasarkan kode etik yaitu mengedepankan fakta.

2. Perbedaan Fungsi Antara Keduanya

Antara pres rilis dan berita memiliki fungsi yang jelas berbeda. Pres rilis berfungsi sebagai informasi untuk membentuk pandangan positif dari publik kepada suatu perusahaan atau lembaga.

Sedangkan berita fungsinya adalah memberikan informasi mengenai suatu peristiwa tertentu kepada masyarakat luas. Hal tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat mengenai kejadian tertentu.

3. Dampak Yang Diberikan Keduanya

Dampak yang dihasilkan antara pres rilis dan berita sudah pasti berbeda. Sebagaimana fungsinya dapat kita pahami bahwa pres rilis memberikan dampak positif dari masyarakat kepada perusahaan atau lembaga tertentu. Sedangkan berita hanya berperan membantu masyarakat dalam menyikapi berbagai peristiwa yang terjadi.

4. Press Release Sudah Direncanakan, sedangkan berita tidak

Rilisnya informasi atau pers sudah direncakan sebelumnya, hal ini dibuat untuk membangun citra baik bagi perusahaan. Hal tersebut membangun trust dan kredibilitas suatu lembaga atau perusahaan.

Sebaliknya, berita seringkali bukan merupakan hasil rekayasa misalnya kejahatan, bencana alam, kecelakaan, dan lain sebagainya. Dalam beberapa keadaan berita bisa juga berupa rekayasa yang digunakan untuk membangun opini masyarakat mengenai suatu peristiwa.

Syarat-syarat Press Release

Ada beberapa syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam siaran pers, yaitu:

  1. Objektif dan dapat dipertanggungjawabkan
  2. Relevan atau sesuai dengan target pemirsa (audience)
  3. Memberi nilai tambah bagi audience

Demikian pengertian pres rilis, semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai pres rilis dan berbagai hal lainnya.

Gambar Gravatar
I love various things related to wordpress development, blogging and SEO My strengths are being able to work in a team and really like learning and discovering new things My weakness is that sometimes I get bored quickly when doing something I don’t like, but I will try to get rid of that deficiency.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.